7 Tempat Wisata di Tangerang, ada Wahana Edukasi sampai Ekstrem

Kota Tangerang
Kota Tangerang (Foto : Popbella.com)

Antv – Pada umumnya masyarakat Jabodetabek pergi berlibur ke luar wilayah mereka untuk refreshing atau liburan. Padahal, banyak tempat wisata di Tangerang yang bisa mereka kunjungi. 

Tangerang mungkin termasuk kota metropolitan. Kota ini ramai oleh lapangan pekerjaan sampai pusat perbelanjaan besar nan mewah. Mall bisa dikatakan sebagai tempat hiburan bagi masyarakat kota. Di sana, mereka bisa mencicipi kuliner lokal maupun mancanegara dan berbelanja.

Namun, Tangerang tidak sebatas itu saja, ANTV Lovers. Faktanya, Tangerang memiliki banyak tempat wisata yang beragam, dari wisata bersejarah sampai wisata alam yang menyegarkan. 

ANTV Klik telah mengumpulkan 7 tempat wisata di Tangerang yang bisa kamu kunjungi saat waktu luang. Berikut artikelnya!

Situ Rawa Cipondoh

img_title
Situ Rawa Cipondoh. (Foto : Travelspromo)

Situ Rawa Cipondoh merupakan tempat wisata ruang terbuka yang bisa kamu kunjungi saat lelah dari kesibukan sehari-hari. Situ Rawa Cipondoh memiliki danau luas dengan pepohonan rimbun di pinggirnya sehingga menjadikan tempat ini cukup teduh.

Danau di Situ Rawa Cipondoh ini menyediakan berbagai wahana air, seperti bebek-bekekan, sepeda air, sampai perahu.

Pengunjung juga, terutama anak-anak bisa bersenang-senang di area playground yang ada di sekitar danau. Playground ini mempunyai ayunan, prosotan, sampai kereta mini. Tempat wisata ini pun mempunyai wahana flying fox.

Situ Rawa Cipondoh terbuka untuk umum setiap hari dengan harga tiket Rp2 ribu pada hari Senin sampai Sabtu dan Rp3 ribu pada hari Minggu. 

Ocean Park BSD Serpong

img_title
Ocean Park BSD Serpong. (Foto : Salsa Wisata)

Ingin berenang dan bermain wahana air yang seru dan menyenangkan? Maka kamu wajib datang ke Ocean Park BSD City!

Ocean Park BSD City merupakan wisata taman air dengan banyak wahana yang bisa dinikmati oleh pengunjung segala usia. Oleh karena itu, orang dewasa juga bisa bersenang-senang di water park ini!

Wahana yang terdapat di Ocean Park BSD City antara lain adalah Flying Tower, Slide N Fun, Racer Slide, Lagoona The Bahama, flying fox, kolam ombak, kolam arus (Caribbean River), Splash Town, Wall Climbing, sampai Theater 4 Dimensi.

Di samping itu, Ocean Park BSD City dilengkapi fasilitas seperti WiFi gratis, ATM center, sampai food court. Mereka juga menyediakan fasilitas ruang ibu dan anak, ruang kesehatan, dan ruang penyimpanan barang berupa loker. 

Harga tiket masuk Ocean Park BSD City cukup mahal, tetapi setimpal dengan wahana dan fasilitas yang diberikan.

Harga tiket pada hari Senin—Jumat adalah Rp65 ribu, sedangkan pada akhir pekan Rp100 ribu. Proses pembayaran tiket ini hanya bisa dilakukan secara non-tunai, yaitu dengan kartu debit, kartu kredit, dan flazz. 

Ocean Park BSD City terbuka untuk umum setiap hari. Pada hari kerja, tempat ini buka pada pukul 11.00—16.00 WIB, sedangkan pada akhir pekan pukul 09.00—16.00 WIB. 

Scientia Square Park

img_title
Scientia Square Park. (Foto : Travel Kompas)

Scientia Square Park merupakan tempat wisata di Tangerang yang mengusung konsep edukasi sampai program kembali ke alam. Tempat ini merupakan taman luas yang memiliki banyak wahana permainan, dari outbound, wisata edukasi anak, sampai tempat bersantai bagi pengunjung lainnya. 

Scientia Square Park mempunyai beberapa zona permainan yang seru sekaligus edukatif. Mereka mempunyai Taman Kupu-kupu, Velocity Skatepark, The Torque Zone Jr., Universal Amphitheater, Paddy Field, Vertical Limit, Kolam Ikan Koi, The Twister Jr, dan Gravity Zone – Inline Skate. 

Zona-zona di atas dapat dimanfaatkan oleh siapa saja sesuai kegunaannya. Pengunjung dapat  belajar bercocok tanam, bermain skateboard, sampai motorcross di zona yang sudah disediakan. Di tempat ini juga pengunjung dapat memberi makan ikan dan kelinci yang ada serta menikmati keindahan alam di sawah. 

Scientia Square Park buka setiap hari Senin—Jumat pada pukul 08.00—19.00 WIB. Pada akhir pekan dan libur nasional, tempat ini buka pukul 07.00—19.00 WIB.

Tempat wisata ini mematok harga tiket Rp45 ribu pada hari Senin—Jumat, lalu Rp95 ribu pada Sabtu dan Minggu. Kamu juga bisa mendaftarkan diri menjadi anggota untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. 

Benteng Heritage Museum

img_title
Museum Benteng Heritage. (Foto : Portal Jember)

Benteng Heritage Museum merupakan tempat wisata sejarah di mana pengunjung dapat melihat beragam koleksi barang antik dan kuno. Faktanya, tempat ini adalah museum Tionghoa pertama yang ada di Indonesia!

Benteng Heritage Museum memperkenalkan budaya sekaligus sejarah Peranakan Tionghoa Tangerang yang disebut juga China Benteng. Museum ini merupakan bukti bahwa kaum Tionghoa telah berada di Tangerang sejak tahun 1407. 

Benteng Heritage Museum memiliki desain dan arsitektur Cina yang klasik sehingga unsur seni dan budaya Tionghoa itu sendiri tidak lenyap dan masih diabadikan dengan baik di tempat ini.

Benteng heritage Museum  terbuka untuk umum setiap hari Selasa—Minggu pada pukul 10.00—17.00 WIB. Tempat ini mematok harga tiket masuk sebesar Rp10—50 ribu. 

Pantai Tanjung Pasir

img_title
Pantai Tanjung Pasir. (Foto : Pantainesia)

Tangerang juga mempunyai tempat wisata alam pantai, ANTV Lovers. Pantai Tanjung Pasir merupakan pantai berpasir putih yang menjadi destinasi wisata favorit masyarakat di kala akhir pekan atau musim liburan. 

Dengan hamparan pasir putih dan air laut yang bersih, Pantai Tanjung Pasir memiliki panorama yang indah. Kamu bisa menikmati pemandangan ini sambil bermain air atau sekadar bersantai di tepi pantai. 

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di Pantai Tanjung Pasir, dari piknik, memancing, bermain pasir, berenang, sampai bermain wahana air seperti banana boat. Kamu juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam saat malam menjelang. 

Fasilitas Pantai Tanjung Pasir cukup lengkap, dari lahan parkir, resort dan penginapan, kamar ganti, toilet, dan toko oleh-oleh. Mereka juga menyediakan beberapa tempat makan yang memiliki menu utama hidangan laut. 

Pantai Tanjung Pasir terbuka untuk umum tanpa batas jam operasional. Harga tiket masuk menuju ke sini adalah Rp10—25 ribu. 

Telaga Biru Cisoka

img_title
Telaga Biru Cisoka. (Foto : Dinas Pariwisata Provinsi Banten)

Satu lagi tempat wisata alam di Tangerang adalah Telaga Biru Cisoka, yang juga dikenal dengan Danau Biru Cisoka. Daya Tarik dari tempat wisata ini adalah 3 danau yang memiliki warna air berbeda-beda. 3 danau ini memiliki air berwarna hijau, kuning, dan toska.

Memiliki keunikan dan panorama yang indah menjadikan Telaga Biru Cisoka ini spot foto yang bagus untuk pengunjung. Selain itu, tempat ini juga memiki fasilitas dan wahana lainnya yang cukup memadai, dari kolam renang, anjungan, flying fox, dan perahu untuk menjelajah wilayah sekitar.

Telaga Biru Cisoka buka setiap hari pada pukul 06.00—18.00 WIB. Harga tiket masuk Telaga Biru Cisoka adalah Rp7 ribu. Namun, harga tiket masuk itu belum termasuk biaya parkir. 

BSD Xtreme Park

img_title
BSD Xtreme Park. (Foto : Salsa Wisata)

Kamu pecinta permainan seru yang memacu adrenalin? Maka kamu wajib berkunjung ke BSD Xtreme Park!

BSD Xtreme Park merupakan tempat wisata di Tangerang yang mengusung tema olahraga pemacu adrenalin. Mereka pun menyediakan wahana permainan yang bisa diikuti oleh pengunjung beragam usia.

Wahana-wahana pemacu adrenalin yang bisa pengunjung coba di tempat wisata ini adalah Go Kart, Bike Park, Skate Park, Rock and Rope, dan yang terakhir Paintball. Sebagian besar wahana ini dilakukan di ruang terbuka hingga terkesan lebih luas. 

Harga tiket masuk BSD Xtreme Park adalah Rp15 ribu. Namun, tiket ini belum termasuk wahana-wahana permainan yang ada. Pengunjung harus membeli tiket baru lagi jika ingin menaiki sebuah wahana. Harga tiketnya beragam, mulai dari Rp25—150 ribu. 

BSD Xtreme Park terbuka untuk umum setiap hari Senin sampai Jumat pada pukul 12.00—20.00 WIB. Di sisi lain, saat akhir pekan tempat wisata ini buka pukul 07.00—21.00 WIB.