Wajib Dikunjungi! 10 Tempat Wisata di Solo yang Cocok untuk Liburan

Tempat Wisata di Solo
Tempat Wisata di Solo (Foto : bob.kemenparekraf.go.id)

Antv – Ada banyak sekali tempat wisata di Solo yang menyuguhkan berbagai fasilitas menarik yang menyenangkan. Deretan rekomendasi wisata di kota budaya ini cocok untuk dimasukkan ke daftar destinasi wisata yang kamu kunjungi saat liburan nanti.

Penasaran apa saja tempatnya? Nah, berikut ini deretan 10 tempat wisata di kota Solo yang menarik dikunjungi dirangkum dari berbagai sumber.

Tumurun Private Museum

 

img_title
Tumurun Private Museum. (Foto : Instagram @tumurunmuseum)

 

Tumurun Private Museum merupakan salah satu tempat wisata di Solo yang sangat cocok dikunjungi oleh para pecinta karya seni. Museum ini didirikan oleh Iwan Kurniawan Lukminto sebagai wujud penghormatan bagi mendiang ayahnya yang merupakan seorang kolektor karya seni.

Museum yang terletak di Jl. Kebangkitan Nasional No. 2 Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta ini memiliki dua lantai yang dapat dieksplor di museum ini. Masing-masing lantai terbagi dalamkoleksi karya seni kontemporer dan modern. 

 

 

Karena semua koleksi karya seni yang ada di museum itu milik pribadi, maka setiap pengunjung yang masuk akan diberi arahan oleh petugas. Setelah mengikuti tur berkeliling museum bersama petugas, setiap pengunjung akan diberi waktu untuk berfoto bersama karya seni di sana dengan catatan tidak boleh menggunakan flash.

Untuk memasuki museum ini, pengunjung tidak dikenai biaya masuk. Akan tetapi, pengunjung perlu melakukan reservasi terlebih dahulu melalui website resminya. 

Dan untuk menjaga keamanan serta kekondusifan di dalam museum, jumlah pengunjung setiap harinya dibatasi. Maka dari itu, jika kamu ingin mengunjungi tempat ini, silakan melakukan reservasi dari jauh-jauh hari.

Pasar Triwindu

 

img_title
Pasar Triwindu. (Foto : Instagram @pasartriwindu)

 

Bagi kamu pecinta barang-barang antik dan vintage, maka Pasar Triwindu jadi tempat wisata di Solo yang cocok untuk dikunjungi. Pasar Triwindu menjual banyak sekali barang-barang kuno, seperti batik kuno, uang-uang kuno, koleksi barang otomotif langka, hingga lukisan dan ornamen antik bisa kamu temukan disini. Berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman No. 2 Surakarta (Komplek Balaikota).

Gedung Djoeang 45

 

img_title
Gedung Djoeang 45. (Foto : Instagram @gedungdjoeang45solo)

 

Tempat wisata di Solo selanjutnya ada Gedung Djoeang 45. Gedung Djoeang 45 merupakan salah satu bangunan bersejarah di Kota Solo yang direvitalisasi menjadi wisata kekinian. Bangunannya berdiri cantik dengan arsitektur khas Eropa dan bernuansa mediteranean. 

Untuk jam operasional Gedung Djoeang 45 dimulai pada pukul 17.00 WIB. Untuk masuk ke sana, pengunjung hanya perlu membayar parkir sebesar Rp3.000. Namun, jika ingin masuk ke area lebih dalam, pengunjung harus membayar Rp15.000 per orang. 

Gedung Djoeang 45 menjadi salah satu lokasi wisata baru di Kota Solo yang menjadi favorit bagi kalangan milenial karena instagramable. Gedung Djoeang 45 ini berlokasi di Jalan Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kecamatan Ps. Kliwon, Kota Surakarta.

The Lawu Park

 

img_title
The Lawu Park. (Foto : Instagram @the_lawupark)

 

The Lawu Park merupakan destinasi wisata Solo di kaki Gunung Lawu, Kabupaten Karanganyar. Tempat wisata di Solo ini sangat cocok buat kamu yang menyukai wisata alam, karena ada beberapa aktivitas seperti hiking, forest walk, flying fox, dan sky walk. 

The Lawu Park ini menyuguhkan pemandangan yang asri dan menyejukkan. Kamu juga dapat berfoto dengan dekorasi latar yang Instagrammable nih. 

Untuk harga tiket masuk ke The Lawu Park yaitu Rp15.000, dan setiap aktivitas outdoor-nya juga dikenakan biaya sendiri. 

The Lawu Park buka Senin-Minggu pada pukul 09.00 - 18.00 WIB. Lokasinya berada di Bulakrejo, Desa Gondosuli Kidul, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

The heritage palace

 

img_title
The Heritage Palace. (Foto : Instagram @theheritagesolo)

 

The Heritage Palace adalah tempat wisata Solo yang berlokasi di Honggobayan, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo. Tempat ini dibuka sejak 9 Juni 2018. 

Di sini para pengunjung bisa melihat beberapa bangunan bersejarah, mobil antik, museum 3D serta Omah Walik. Kawasan wisata ini cocok untuk kamu berlibur Bersama keluarga. 

The Heritage Palace buka setiap hari, Senin-Kamis pada pukul 10.00 – 18.00 WIB, Jumat-Minggu buka pukul 09:00-21:00. Harga tiket masuknya Rp55.000 per orangnya.

De tjolomadoe

 

img_title
De Tjolomadoe. (Foto : Instagram @detjolomadoe_official)

 

Tempat wisata di Solo selanjutnya adalah De Tjolomadoe. Objek wisata yang satu ini merupakan pabrik gula yang berlokasi di Jl. Adi Sucipto No. 1 Paulan Wetan, Malangjiwan, Kec. Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Bangunan pabrik yang berdiri sejak tahun 1861 ini telah berhenti beroperasi dan berubah fungsi menjadi tempat wisata sejarah yang sangat cocok untuk mengambil foto-foto estetik berlatar vintage.

Benteng Vastenburg

 

img_title
Benteng Vastenburg. (Foto : Instagram @jejakjateng)

 

Benteng Vastenburg merupakan tempat wisata di Solo yang kaya akan kisah sejarah. Dengan unsur sejarah nya yang kental ini membuat benteng satu ini menjadi wisata edukasi yang bagus untuk wisatawan. Apalagi yang hobinya memang menyukai sejarah.

Benteng yang terbengkalai sejak tahun 1980an ini akhirnya direnovasi pada tahun 2010 lalu dan dijadikan sebagai situs cagar budaya. Sebelum pandemi Covid-19, benteng ini kerap dipakai untuk acara festival, konser musik, maupun acara lainnya.

Benteng Vastenburg terletak di Jl. Jenderal Soedirman Kedung Lumbu, Pasir Kliwon, Surakarta, Jateng. Sebenarnya benteng ini diapit oleh beberapa jalan lain seperti misalnya Jl. Brigjend Slamet Riyadi. Posisinya yang berada ditengah kota memudahkan wisatawan menemukannya.

Rumah Atsiri Indonesia

 

img_title
Rumah Atsiri Indonesia. (Foto : Instagram @rumahatsiri)

 

Rumah Atsiri Indonesia merupakan tempat wisata di Solo yang cocok untuk pecinta hal-hal yang berkaitan dengan aromatik wellness dan minyak atsiri.

Objek wisata yang satu ini terintegrasi dengan tangan aromatik, fasilitas laboratorium/penelitian, rumah produksi, pusat pelatihan, museum, restoran, toko dan butik, maupun fasilitas MICE (meeting, incentives, conferences, and exhibitions).

Di tempat wisata ini, ada beberapa aktivitas yang dapat dinikmati pengunjung, yaitu tur tanaman aromatik dengan biaya Rp 25.000, museum rumah atsiri Rp 38.500, pelajar yang mengunjungi museum pada senin-jumat dengan biaya Rp 27.500, dan mengikuti workshop harian Rp 125.000.

Pandawa Water World

 

img_title
Pandawa Water World. (Foto : larismanis.com)

 

Tempat wisata di Solo selanjutnya ada wisata air di Solo. Pandawa Water World ini berlokasi di Solo Baru. Pandawa Water World merupakan salah satu tempat wisata air yang terbesar di Indonesia. Pandawa Water World buka setiap hari, kecuali hari Selasa, mulai buka pukul 12.00 - 18.00 (weekday), dan jam 08.00-18.00 (weekend/hari libur).

Kraton Surakarta Hadiningrat

 

img_title
Kraton Surakarta Hadiningrat. (Foto : getlost.id)

 

Kraton Surakarta Hadiningrat merupakan tempat wisata di Solo yang menjadi objek wisata paling ikonik dan terkenal hingga mancanegara. Objek wisata ini terbagi ke beberapa kompleks, yakni Alun-alun Lor, Alun-alun Kidul, Sasana Sumewa, Siti Hinggil Lor dan Kidul, Kemandungan Lor dan Kidul, Sri Manganti Lor  dan Kidul, Kedaton, serta Kamagangan.

Tempat wisata sejarah yang satu ini juga dilengkapi dengan museum yang menampilkan benda-benda koleksi peninggalan kerajaan. Oleh sebab itu, objek wisata yang satu ini sangat cocok untuk wisata edukasi budaya.

Kraton Surakarta buka pukul 09.00 – 16.00 WIB pada hari Sabtu dan Minggu. Sedangkan pada hari Senin sampai Kamis buka pukul 09.00 – 14.00 WIB. Untuk biaya tket masuknya, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp15.000 per orang. Jika kamu menyewa pemandu wisata atau guide, tarifnya sebesar Rp70.000.

Nah, itulah deretan tempat wisata di Solo yang cocok untuk dijadikan destinasi wisata liburan bersama sahabat dan keluarga. Semoga bermanfaat!