Indah dan Bersejarah, 7 Tempat Wisata di Semarang Ini Wajib Dikunjungi

Kota Semarang
Kota Semarang (Foto : Wikipedia)

Antv – Hampir setiap kota di Indonesia memiliki destinasi wisata yang unik dan khas, tak terkecuali Semarang. Banyak sekali tempat wisata di Semarang yang bisa dikunjungi saat waktu liburan.

Semarang memiliki banyak tempat wisata, dari wisata kota, kuliner, religi, alam, sejarah, sampai budaya. Oleh karena itu, kamu tak perlu lagi kebingungan saat mengunjungi ibu kota Jawa Tengah ini. 

Walaupun begitu, kamu tak perlu mengeluarkan uang banyak saat mengunjungi tempat wisata di Semarang. Hampir sebagian besar tempat wisata di kota ini mematok harga tiket yang cukup terjangkau.

Tidak hanya itu, ANTV Lovers. Keindahan dan suasana kota Semarang ini juga bisa kamu nikmati hanya dengan berjalan-jalan di sekitar Kota Lama. 

Lalu, bagaimana jika kamu ingin ke tempat wisata yang lebih beragam dan menantang? Atau malah yang jauh dari perkotaan?

Tenang saja, karena ANTV Klik telah menyiapkan 7 tempat wisata di Semarang yang bisa kamu kunjungi saat datang ke Kota Lumpia ini, dari wisata sejarah sampai alam yang asri. Berikut artikelnya!

 

1. Lawang Sewu

img_title
Lawang Sewu. (Foto : Okezone Travel)

Lawang Sewu dapat dikatakan sebagai ikon dari Kota Semarang. Oleh karena itu, kurang rasanya jika kamu datang ke kota ini tanpa mengunjungi Lawang Sewu. 

Lawang Sewu merupakan gedung megah dengan desain dan arsitektur Eropa. Faktanya, gedung ini merupakan bekas kantor perusahaan kereta Hindia Belanda, Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij. 

Belasan tahun yang lalu, Lawang Sewu masih terbengkalai dan dianggap angker. Bahkan pernah ada film horor yang dibuat berdasarkan tempat ini loh! Namun, Lawang Sewu kini telah dialih fungsikan sebagai museum. Lawang Sewu menjadi salah satu tempat wisata di Semarang favorit banyak orang. 

Lawang Sewu berlokasi di Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah. Tempat ini buka pada pukul 08.00—17.00 WIB di hari kerja, lalu 08.00 WIB—20.00 WIB pada hari libur atau akhir pekan.

Harga tiket masuk Lawang Sewu cukup beragam. Untuk orang dewasa diharuskan membayar tiket sebesar Rp20 ribu, sedangkan Rp10 ribu untuk anak-anak, dan Rp30 ribu untuk wisatawan mancanegara.

2. Curug Benowo

img_title
Curug Benowo. (Foto : Travel Kompas)

Curug Benowo merupakan salah satu wisata alam yang ada di kota Semarang. Curug Benowo berlokasi di Gunung Unggaran yang memiliki beberapa curug dan air terjun lainnya. Arus air di tempat ini jernih loh, ANTV Lovers!

Karena berlokasi di pegunungan, jalur menuju Curug Benowo ini cukup ekstrem dan menantang. Jalur yang harus dilalui hanya selebar 40 cm, bahkan bersebelahan dengan sebuah jurang. 

Curug Benowo terbuka untuk umum pada pukul 08.00—16.00 WIB. Kamu pun harus membayar tiket masuk seharga Rp8 ribu. 

3. Umbul Sidomukti

img_title
Umbul Sidomukti. (Foto : Tribun Travel)

Ingin berenang sambil menikmati keindahan alam Semarang? Maka kamu wajib mengunjungi Umbul Sidomukti!

Tempat utama di Umbul Sidomukti ini adalah 3 buah kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda. Posisinya langsung berhadapan dengan lembah pegunungan hijau yang asri. Kamu dijamin betah berendam dan berenang berlama-lama di sini. 

Selain kolam, Umbul Sidomukti mempunyai wahana lainnya seperti outbound, paralayang, ATV, Little Ranch, Goa Tirta, dan lain-lain. Tempat ini juga dilengkapi fasilitas cafeteria, camping ground, dan villa.  

Umbul Sidomukti berlokasi di kawasan 1200 mdpl. Wisatawan dapat menyaksikan keindahan pesona kawasan Ambarawa dan sembilan puncak pegunungan, antara lain Merbabu, Andong, Muria, Telomoyo, Gunung Unggaran, dan Gunung Lawu. 

Tiket masuk Umbul Sidomukti berbeda untuk setiap wahananya, dari Rp20—50 ribu. Harga tiket masuk kolam renang pada hari kerja adalah Rp10 ribu, sedangkan Rp15 ribu pada akhir pekan.

Umbul Sidomukti terbuka untuk umum setiap hari pukul 09.00—17.00 WIB. 

4. Klenteng Sam Poo Kong

img_title
Klenteng Sam Poo Kong. (Foto : nativeindonesia.com)

Klenteng Sam Poo Kong merupakan tempat wisata religi bersejarah di Semarang. Selain Lawang Sewu, Klenteng Sam Poo Kong merupakan tempat wisata di Semarang lainnya yang tak boleh dilewatkan. 

Klenteng Sam Poo Kong memiliki desain dan arsitektur yang maish klasik dan kental dengan kerajaan Cina. Di sini, pengunjung akan mempelajari sejarah perkembangan Islam yang disebarkan oleh Laksamana Zheng He (Cheng Ho) saat singgah ke Indonesia pada abad ke-14. 

Selain dapat menambah ilmu sejarah, di sini pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang bangunan klenteng yang megah dan mewah. Kamu juga menyewa pakaian adat Cina loh!

Harga tiket masuk Klenteng Sam Poo beragam, tergantung usia dan hari saat berkunjung. Harga tiket pun berbeda jika kamu ingin masuk ke area bersembahyang. 

Harga tiket anak-anak maupun dewasa lokal dimulai dari Rp5—10 ribu, sedangkan Rp7—15 ribu untuk anak-anak dan orang dewasa mancanegara. 

5. Kota Lama Semarang

img_title
Kota Lama Semarang. (Foto : Alinea.ID)

Kota Lama merupakan wilayah kota yang berlokasi di Jalan Letnan Jenderal Suprapto, Tanjungmas, Semarang Utara. Wilayah ini juga disebut sebagai Outstadt atau Little Netherland.

Seperti namanya, kota ini didominasi oleh bangunan berarsitektur Eropa saat era 1700-an, dari ukuran pintu dan jendela serta bentuk-bentuk atap yang berbeda dari bangunan Indonesia kebanyakan.

Di Kota Lama, pengunjung dapat menemukan kafe, restoran, sampai toko oleh-oleh. Di sepanjang jalan pengunjung pun bisa mencicipi jajanan-jajanan tradisional yang ada. 

Kota Lama merupakan wilayah terbuka, jadi wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk. Tempat ini pun bisa dikunjungi kapan saja. 

6. Brown Canyon

img_title
Brown Canyon. (Foto : Bosnia Travel)

Semarang mempunyai destinasi wisata yang menyerupai ikon di Amerika Serikat. Jika A.S mempunyai Grand Canyon, Semarang memiliki Brown Canyon! 

Brown Canyon terbentuk karena galian pertambangan selama lebih dari 10 tahun. Seiring berjalannya waktu, tebing-tebing pun terbentuk karena penyesuaian alam sekaligus proses galian yang dilakukan.

Tentunya kamu bisa mengabadikan keindahan Brown Canyon ini dengan foto maupun video. Posisi paling tepat untuk mengambil foto adalah di antara bebatuan yang menjulang tinggi dan besar. Banyak orang yang memanfaatkan tempat ini sebagai lokasi pemotretan pre-wedding.

Namun, ada yang perlu pengunjung perhatikan saat datang ke Brown Canyon. Karena belum diresmikan sebagai tempat wisata, belum ada fasilitas lengkap  di tempat ini. Wilayahnya pun cukup gersang dan berdebu, jadi pastikan kamu memakai masker, kacamata, atau payung. 

Brown Canyon berlokasi di Rowosari, Tembalang, Semarang. Pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk. Tempat ini juga tidak mempunyai jam operasional, tetapi waktu yang paling tepat untuk berkunjung adalah sore hari agar kamu bisa menyaksikan pemandangan matahari terbenam.

7. Candi Gedong Songo

img_title
Candi Gedong Songo. (Foto : Celebrities.id)

Semarang juga mempunyai tempat wisata sejarah dan budaya Candi Gedong Songo. Selain Lawang Sewu dan Klenteng Sam Poo Kong, Candi Gedong Songo adalah tempat wisata di Semarang lainnya yang tidak boleh dilewatkan.

Candi Gedong Songo merupakan komplek candi Hindu yang berlokasi di Bandungan, Kabupaten Semarang. Komplek candi ini memiliki 5 gedong atau candi yang tersebar ke beberapa titik. 

Untuk mencapai ke setiap lokasi candi ini cukup menanjak, jadi pastikan kamu memakai sepatu yang nyaman. Selama perjalanan ini kamu juga akan disuguhi panorama yang sedap dipandang mata. 

Fasilitas Candi Gedong Songo cukup memadai, dari rumah makan, toilet, sampai mushola. Tempat ini juga menyediakan kolam air panas.

Candi Gedong Songo terbuka untuk umum setiap hari pukul 07.00—17.00 WIB. Harga tiket masuknya terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp10—15 ribu.