Seru! 7 Tempat Wisata Favorit di Malang Penuh Tantangan

Kota Malang
Kota Malang (Foto : Wikipedia)

Antv – Kurang rasanya jika mengunjungi Jawa Timur tanpa mampir ke wilayah Malang Raya, salah satunya kota Malang. Kira-kira, apa saja tempat wisata di Malang yang harus dikunjungi?

Malang menjadi salah satu destinasi wisata favorit masyarakat di Pulau Jawa selain Bandung atau Yogyakarta. Kota ini selalu ramai oleh wisatawan saat akhir pekan atau musim liburan. 

Kota yang mendapat julukan Kota Apel ini memiliki banyak pilihan destinasi wisata, dari wisata alam sampai rekreasi yang penuh keseruan dan tantangan. Tempat-tempat wisata ini pun bisa kamu kunjungi bersama teman atau keluarga.

 

Oleh karena itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk datang ke Malang saat liburan. Namun, sebelum pergi alangkah baiknya kamu telah membuat rencana tentang apa dan tempat mana saja yang ingin dikunjungi selama di sana.

Tenang saja, ANTV Lovers. ANTV Klik telah mengumpulkan 7 tempat wisata di Malang yang harus kamu kunjungi saat berkunjung ke kota itu. Check this out!

Pantai Parang Dowo

img_title
Pantai Parang Dowo. (Foto : Travel Kompas)

Pantai menjadi salah satu objek wisata favorit masyarakat. Di pantai, mereka bisa bermain pasir, air laut, atau sekadar bersantai dengan orang terdekat. Jika kamu kebetulan sedang di Malang, maka kamu bisa mampir ke Pantai Parang Dowo. 

Pantai Parang Dowo tergolong tempat wisata pantai baru di Kota Apel ini. Lokasi Pantai Parang Dowo berada di bagian selatan Malang, tepatnya Gajahrejo, Gedangan, Kabupaten Malang.

Pantai Parang Dowo terbilang pantai yang unik. Pantai cantik ini mempunyai pesisir yang seakan terbagi dua. Di tepi pantai terdapat lantai batu karang yang terlapisi hijau rumput seperti lumut. Lantai batu karang ini membentang cukup panjang, memisahkan laut dengan pasir putih. 

Lantai karang ini disebutkan sebagai penahan ombak sehingga air laut tidak mencapai pasir. Oleh karena itu, masyarakat menyebutnya sebagai Pantai Parang Dowo. Pantai ini pun aman bagi anak karena lantai karangnya membatasi mereka dengan air laut. 

Walaupun tempat wisata baru, pantai ini telah dilengkapi fasilitas seperti toilet, gazebo, lahan parkir, sampai homestay untuk menginap!

Pantai Parang Dowo mematok harga tiket masuk sebesar Rp10 ribu, belum termasuk biaya parker kendaraan. Biaya parkir motor seharga Rp5 ribu, sedangkan mobil Rp10 ribu. 

Malang Night Paradise

img_title
Malang Night Paradise. (Foto : IDN Times)

Ingin menikmati momen-momen kota Malang di malam hari? Maka, kamu wajib datang ke Malang Night Paradise!

Malang Night Paradise menyajikan berbagai hiburan, seperti Taman LED & Lampion, Roemah 147, Magic Journey, Museum Ganesya, dan Adventure Land. Selain itu, tempat ini dipercantik dengan dekorasi lampu LED yang menarik dan penuh warna.

Malang Night Paradise hanya buka saat sore menjelang malam, tepatnya pukul 17.45 sampai 22.00 waktu setempat. Mereka mematok harga tiket masuk berupa Rp55 ribu rupiah.

Kebun Teh Wonosari

img_title
Kebun Teh Wonosari. (Foto : Travel Kompas)

Jika Bandung mempunyai perkebunan teh Rancabali, Malang mempunyai Kebun Teh Wonosari. Tempat wisata ini berlokasi di Bodean Putuk, Toyomarto, Singosari, Kabupaten Malang.

Kebun Teh Wonosari mempunyai area yang sangat luas, sekitar 528 hektare. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan indah perkebunan teh yang cantik dan hijau. Selain itu, pengunjung bisa menyaksikan proses pengolahan teh dan mempelajari beragam jenis teh di tempat ini. 

Kebun Teh Wonosari memiliki fasilitas yang cukup banyak, seperti area parkir, toilet, mushola, restoran, toko souvenir, sampai penginapan. Akses jalan menuju tempat ini juga cukup baik, jadi pengunjung tak akan terlalu kesulitan. 

Kebun Teh Wonosari terbuka untuk umum pada pukul 07.00 sampai 17.00 waktu setempat, dengan harga tiket masuk Rp8 ribu untuk Senin sampai Jumat dan Rp12 ribu untuk Sabtu dan Minggu. Namun, waktu terbaik untuk datang ke tempat ini adalah saat pagi dan sore hari. 

Museum Angkut

img_title
Museum Angkut. (Foto : Travel Kompas)

Sepertinya Museum Angkut telah menjadi tempat wisata di Malang yang wajib dikunjungi wisatawan. Ciri khas dari Museum Angkut ini adalah koleksi transportasi yang ada sejak dulu hingga saat ini. Jumlahnya sangat banyak, sekitar 300 koleksi.

Koleksi mobil-mobil ini terbagi menjadi beberapa zona, dari Ruang Utama, Sunda Kelapa dan Batavia, Uni Eropa, Gangster And Broadway, Hollywood, Flight Training atau Simulator, Las Vegas, Edukasi, Indonesian Heritage Museum, dan Pasar Apung Nusantara.

Museum Angkut terbuka untuk umum setiap hari pukul 12.00 sampai 19.00 waktu setempat. Mereka mematok harga tiket Rp100 ribu untuk hari kerja. 

Jawa Timur Park

img_title
Jawa Timur Park. (Foto : Kompas.com)

Ingin mencoba tempat wisata yang lebih seru dan menyenangkan? Maka kamu wajib datang ke Jawa Timur (Jatim) Park yang berlokasi di Kota Baru. Jatim Park merupakan tempat wisata yang sangat luas karena terdiri dari 3 bagian, yaitu Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3 dengan ciri khasnya masing-masing. 

Jatim Park 1

Jatim Park 1 menyediakan berbagai macam wahana permainan dan hiburan yang seru dan menguji adrenalin. Selain itu, mereka juga menyajika wisata edukasi, seperti taman sejarah, taman fisika, galeri etnik, dan lain-lain. 

Tiket masuk Jatim Park 1 dikenakan harga Rp100 ribu untuk hari kerja (Senin—Jumat), dan Rp120 ribu untuk akhir pekan (Sabtu dan Minggu).

Jatim Park 2

Pengunjung kembali disuguhkan dengan wisata edukasi di Jatim Park 2. Jatim Park 2 ini mempunyai tiga objek utama, yaitu Museum Satwa, Batu Secret Zoo, dan Eco Green Park. Walaupun wisata edukasi, Jatim Park 2 masih menyediakan wahana seru, seperti River Adventure dan Baby Zoo. 

Tiket masuk Jatim Park 2 seharga Rp130 ribu. Tempat wisata ini buka pada pukul 09.30 sampai 17.00 WIB.

Jatim Park 3

Di Jatim Park 3, pengunjung kembali disuguhkan dengan wahana hiburan sekaligus edukasi yang berbeda dari dua taman lainnya. Jatim Park 3 memiliki Museum Musik Dunia, Dino Park, The Legend Stars, Zona Japan, Milenial Glow, dan Funtech Plaza.

Jatim Park 3 buka pada siang hari, sekitar pukul 11.00 sampai 20.00 waktu setempat.

Bukit Teletubbies Batu

img_title
Bukit Teletubbies Batu. (Foto : hargatiket.net)

Selain taman rekreasi, Malang kaya akan tempat wisata alam. Salah satunya adalah Bukit Teletubbies Batu, yang berlokasi di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Tempat wisata ini diberikan nama Bukit Teletubbies karena mempunyai permukaan tanah yang naik dan turun, yang membentuk bukit seperti di program anak-anak Teletubbies. Di sini, wisatawan juga bisa menyaksikan panorama Gunung Arjuno.

Bukit Teletubbies Batu ini cocok untukmu yang pecinta alam. Kamu bisa bersantai di sini bersama orang terdekar dan menyaksikan keindahan matahari terbenam. Selain itu, pemandangannya yang cantik sangat cocok untuk dijadikan objek foto.

Tempat wisata ini tidak mematok harga tiket masuk. Pengunjung hanya diwajibkan membayar biaya parkir dan tentunya menjaga kebersihan. Tempat ini pun buka setiap hari pada pukul 07.00 dan tutup pada 17.00 WIB.

Lembah Tumpang Resort

img_title
Lembah Tumpang Resort. (Foto : Trip Advisor)

Lembah Tumpang Resort bisa disebutkan sebagai tempat wisata di Surabaya yang paling unik dan berbeda. Pasalnya, tempat ini menerapkan konsep arsitektur dan nuansa kejayaan Kerajaan Majapahit!

Lembah Tumpang Resort memiliki area taman yang hijau sekaligus berwarna dengan berbagai jenis tanaman bunga. Di sekitar taman pun banyak terdapat ornamen kerajaan, seperti candi dan replika arca yang kian menonjolkan nuansa alam dan budaya yang kental. 

Wahana dan fasilitas di Lembah Tumpang Resort ini cukup lengkap, dari kolam renang, Dino Park, Flying fox, River Tubing, sampai penginapan. 

Lembah Tumpang Resort mematok harga tiket sebesar Rp60 ribu, dengan harga penginapan sekitar Rp400 ribu per malam. Tempat ini buka setiap hari pukul 08.00 sampai 17.00 WIB.