Indah dan Bersejarah, 7 Tempat Wisata di Surabaya yang Wajib Didatangi

Tempat wisata di Surabaya
Tempat wisata di Surabaya (Foto : IKBIS)

AntvSurabaya bisa kamu jadikan kota tujuan jika ingin berlibur dan bersantai dari kesibukan sehari-hari yang melelahkan. Kira-kira, tempat wisata di Surabaya apa saja yang harus dikunjungi? 

Di negeri yang kaya akan budaya dan sejarah, hampir setiap kota di Indonesia memiliki tempat wisata alam, hiburan, sampai bersejarah yang begitu banyak dan beragam. Salah satunya adalah Surabaya, yang disebut juga sebagai Kota Pahlawan. 

Surabaya adalah ibu kota provinsi Jawa Timur. Surabaya juga merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta. Oleh karena itu, Surabaya berada di posisi ke-2 sebagai kota dengan populasi terbanyak di Indonesia

Di samping itu, kota ini memiliki banyak lapangan pekerjaan sampai destinasi wisata yang sering menarik minat wisatawan. Baik itu wisatawan dalam negeri atau luar negeri.

Tertarik untuk mengunjungi Surabaya? Sebelum pergi, sebaiknya kamu membuat daftar rencana atau tempat wisata yang akan kamu kunjungi.

Tenang saja, ANTV Lovers. ANTV Klik telah mengumpulkan 7 tempat wisata di Surabaya yang harus kamu kunjungi, ada wisata bersejarah sampai alam!

 

Tunggu apa lagi? Check these out!

Tugu Pahlawan

img_title
Tugu Pahlawan. (Foto : Batiqa Hotels)

Tugu Pahlawan dapat disebutkan sebagai ikon kota Surabaya. Tugu Pahlawan ini adalah monumen yang harus kamu kunjungi saat datang ke Surabaya.

Tugu Pahlawan merupakan monumen penghargaan bagi para pejuang yang berani mempertahankan tempat kelahiran mereka. Peristiwa bersejarah ini dikenang sebagai Peristiwa 10 November 1945.

Tugu Pahlawan berada di kawasan alun-alun yang rimbun dan teduh oleh pepohonan ridang. Tempat ini pun dihiasi oleh taman bunga yang kian memberi warna dan suasana nyaman.

Tugu Pahlawan bisa dikunjungi setiap hari karena tak mempunyai jam operasional. Namun, tempat ini akan ramai setiap hari Minggu karena adanya Car Free Day di sekitar lokasi, tepatnya sepanjang Jalan Raya Darmo sampai Taman Bungkul.

Tugu Pahlawan berlokasi di alun-alun, jadi kamu tak perlu membayar apapun untuk bisa melihat monumen ini. Pastikan kamu datang dengan pakaian yang nyaman karena Surabaya bercuaca panas yang cukup ekstrem. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan ya!

Museum House of Sampoerna

img_title
Museum House of Sampoerna. (Foto : nativeindonesia.com)

Tidak hanya tokoh pejuang kemerdekaan, bahkan objek seperti rokok pun mempunyai museum yang patut untuk dikunjungi, seperti Museum House of Sampoerna yang berlokasi di Jl. Taman Sampoerna 6, Surabaya.

Museum House of Sampoerna merupakan bangunan bergaya kolonial Belanda yang didirikan sekitar tahun 1862. Tempat ini dulunya adalah panti asuhan yang dikelola pemerintah Belanda.

Kemudian, pada tahun 1932 bangunan ini dibeli oleh pendiri Sampoerna, Liem Seeng Tee dan menjadi pabrik pertama rokok Sampoerna.

Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan di Museum House of Sampoerna ini? 

Di tempat ini, pengunjung dapat mengenal sejarah keretek di Indonesia. Mereka pun memperkenalkan berbagai jenis cengkeh, replika warung rokok, sampai pemantik rokok. Tak hanya itu, pengunjung bisa menyaksikan langsung proses pembuatan rokok!

House of Sampoerna juga dilengkapi fasilitas café dan toko souvenir. Di café, kamu bisa menikmati berbagai macam kopi sampai kuliner dalam sampai luar negeri. Di beberapa waktu tertentu, mereka pun menyajikan pertunjukkan live music!

House of Sampoerna dibuka untuk umum pada pukul 09.00 sampai 22.00 WIB. Pengunjung tak perlu membayar tiket masuk alias gratis.

Namun, mereka mempunyai peraturan untuk pengunjung agar membawa Kartu Tanda Pengenal (KTP). Peraturan menyebutkan hanya pengunjung ber-KTP yang bisa masuk. 

Kelenteng Sanggar Agung

img_title
Kelenteng Sanggar Agung. (Foto : kilas info)

Kelenteng Sanggar Agung merupakan tempat wisata sekaligus beribadah bagi umat tridharma di Surabaya. Tempat yang berlokasi di kawasan Pantai Ria Kenjeran ini memiliki banyak hal menarik yang patut dikunjungi dan disaksikan.

Kawasan Kelenteng Sanggar Agung memiliki banyak patung-patung megah, seperti Dewi Kwan Im yang menjadi ikon dari tempat wisata satu ini.

Selain Dewi Kwan Im, mereka juga mempunyai patung Sha Nan, Tong Nu, serta patung-patung naga yang meliuk-liuk. Patung naga ini sering dijadikan sebagai objek berfoto wisatawan.

Pengunjung tak perlu membayar mahal untuk masuk ke tempat ini. Harga tiket masuknya sekitar Rp5 sampai Rp10 ribu rupiah. Tempat ini buka setiap hari pukul 07.00—20.00 waktu setempat.

Museum 10 November

img_title
Museum 10 November. (Foto : Beauty Journal - Sociolla)

Satu lagi tempat wisata bersejarah di Surabaya adalah Museum 10 November. Seperti nama tempatnya, di museum ini pengunjung akan menyaksikan sekaligus mempelajari perjuangan masyarakat Surabaya saat melawan penjajah pada 10 November 1945. 

Selain memuat kisah dan objek dari peristiwa bersejarah itu, museum ini juga mempunyai koleksi seni berupa foto-foto dan lukisan-lukisan. Namun, yang paling menarik perhatian adalah foto dua proklamator Tanah Air, Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta.

Fasilitas Museum 10 November cukup lengkap dan memadai, dari Ruang Diorama Elektronik, perpustakaan, auditorium, ruang khusus anak dan laktasi, sampai mushola. 

Lokasi Museum 10 November ini tak terlalu jauh dari Tugu Pahlawan. Museum ini terbuka untuk umum setiap hari Selasa sampai Minggu pada pukul 08.00—15.00 waktu setempat. 

Ekowisata Mangrove Wonorejo

img_title
Ekowisata Mangrove Wonorejo. (Foto : Travel Kompas)

Kamu bosan ke tempat wisata bersejarah? Tenang saja, karena Surabaya juga mempunyai banyak tempat wisata alam, salah satunya Ekowisata Mangrove Wonorejo.

Ekowisata Mangrove Wonorejo cocok bagi kalian pecinta alam atau tempat yang teduh dan hijau. Di tempat wisata ini, kamu dapat menyusuri hutan pohon mangrove di atas jembatan kayu. Jembatan kayu ini memiliki desain keren yang bisa kamu jadikan sebagai objek berfoto. Selain hutan mangrove, tempat wisata ini juga memiliki kolam pemancingan untuk keluarga.

Tidak perlu membayar mahal untuk masuk ke Ekowisata Mangrove Wonorejo. Kamu cukup membayar tiket senilai Rp25 ribu. Tempat wisata ini terbuka untuk umum setiap hari pada pukul 08.00 sampai 16.00 waktu setempat.

Hutan Bambu Keputih

img_title
Hutan Bambu Keputih. (Foto : Pegipegi)

Satu lagi tempat wisata alam di Surabaya, Hutan Bambu Keputih! Awalnya, Hutan Bambu Keputih ini adalah tempat pembuangan sampah. Namun, kemudian diubah menjadi tempat wisata hutan bambu.

Tempat wisata ini mempunyai hutan bambu yang indah dan memberi suasana seakan sedang di Negeri Sakura. Oleh karena itu, tempat ini juga sering dijadikan objek berfoto bagi wisatawan. Pakai pakaian terbaikmu dan jangan lupa bawa kamera ya!

Hutan Bambu Keputih tidak mematok harga tiket masuk sedikitpun, ekcuali biaya parkir sebesar Rp2 ribu sampai Rp5 ribu. Tempat ini pun terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam!

Patung Buddha 4 Rupa

img_title
Patung Buddha 4 Rupa. (Foto : Sewa Bus Pariwisata Surabaya)

Tidak hanya Thailand, Indonesia juga mempunyai Four Faces Buddha yang berlokasi di Surabaya. Lokasi patung ini tak jauh dari Kelenteng Sanggar Agung, yaitu di Pantai Ria Kenjeran. 

Patung Buddha 4 Rupa terinspirasi dari patung Buddha di Bangkok. Patung ini mempunyai 4 wajah dengan 8 tangan. 4 wajah ini sendiri disebutkan sebagai perwakilan dari 4 sifat yang baik dari Sang Buddha, yaitu pengasih, murah hati, adil, dan meditasi. 

Patung Buddha 4 Rupa sebenarnya adalah tempat ibadah yang dijadikan sebagai destinasi wisata alternatif. Tempat ini mempunyai patung Ganesha yang digunakan umat untuk beribadah. 

Untuk bisa masuk ke tempat wisata Patung Buddha 4 Rupa, kamu harus membayar tiket seharga RP10 ribu. Tepat ini terbuka untuk umum pada pukul 08.00 sampai 17.00 waktu setempat. 

Bagaimana, ANTV Lovers? Tempat wisata di Surabaya manakah yang paling ingin kamu kunjungi?