Anda Terkena Gas Air Mata? Ini Langkah-langkah yang Harus Dilakukan

gas air mata
gas air mata (Foto : cnet)

Antv – Menggunakan gas air mata adalah taktik umum yang digunakan otoritas untuk mengendalikan masa saat protes, hal itu dapat berdampak kurang baik jangka panjang pada kesehatan kamu. 

Seperti yang diketahui, penggunaan gas air mata ini sempat jadi sorotan pada kericuhan yang terjadi ketika Arema FC kalah dari Persebaya Surabaya 2-3 di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada ajang Liga 1 2022/2023. 

Akibat kekalahan pada laga yang terselenggara pada Sabtu, 1 Oktober 2022 malam, para suporter turun ke lapangan, pihak keamanan yang berusaha mengurai massa yang turun ke lapangan menembakkan gas air mata. 

Kendati denikian, akibat gas air mata ini para suporter tersebut mengalami sesak napas dan kemudian korban pingsan berjatuhan dalam tragedi Kanjuruhan ini.

Lalu bagaimana cara melindungi diri dari gas air mata? Mari simak ulasannya di bawah ini seperti yang telah disadur dari Cnet Selasa, 4 Oktober 2022.

Apa Itu Gas Air Mata?

 
img_title
gas air mata. (Foto : VIVA)

Gas air mata adalah padatan atau cairan aerosol, bukan gas yang sebenarnya yang mengandung bahan kimia yang dimaksudkan untuk menyebabkan reaksi menyakitkan yang membuat orang ‘tidak dapat berfungsi’ sebagai akibat dari reaksi tersebut.