Penyebab Kanker Payudara dan Faktor Risiko yang Perlu Diketahui

Kanker Payudara
Kanker Payudara (Foto : Freepik/imageblast)

Antv – Kanker payudara merupakan penyakit yang kompleks dan membingungkan. Tidak diketahui secara jelas apa yang menyebabkan sel-sel normal tumbuh di luar kendali dan berkembang biak.

Melansir dari laman Health pada Selasa, 4 Oktober 2022, para peneliti mengatakan bahwa faktor risiko hormonal, genetik, gaya hidup, dan lingkungan tertentu dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker payudara. 

Tetapi terkadang orang dengan sedikit atau tanpa faktor risiko tetap terkena kanker payudara. Dan orang dengan banyak faktor risiko, tidak pernah terkena kanker payudara.

Apa Penyebab Kanker Payudara?

 

img_title
Kanker Payudara. (Foto : Freepik/imageblast)

 

Sederhananya, kanker payudara terjadi ketika sel-sel payudara tumbuh secara tidak normal. Para peneliti mengaitkan perubahan sel ini dengan interaksi rumit antara faktor genetik dan lingkungan, meskipun penyebab pasien kanker payudara individu mungkin tetap tidak diketahui.

Saat sel-sel abnormal membelah, mereka menumpuk menjadi massa atau benjolan dan juga dapat menyebar (bermetastasis) ke bagian lain dari tubuh, seperti kelenjar getah bening.

Sebagian besar kanker payudara pada wanita dan pria dimulai di saluran yang menghasilkan susu, disebut karsinoma duktal invasif. Kanker payudara lainnya dimulai di sel jaringan payudara lainnya, termasuk jaringan kelenjar yang disebut lobulus atau disebut karsinoma lobular invasif.