Dear Ladies, Waspadai 62 Gejala Menopause yang Mungkin Terjadi

Menopause
Menopause (Foto : Freepik/imageblast)

Antv – Seperti yang kita ketahui biasanya tanda-tanda umum menopause seperti muka memerah dan sulit tidur. Tetapi menurut ahliu, ada banyak lagi, di antaranya bisa sangat tidak terduga.

Melansir dari laman Metro.co.uk, pada Selasa, 4 Oktober 2022. Spesialis menopause Dr Naomi Potter mengatakan penyakit lain seperti tinitus, infeksi saluran kemih, perubahan bau badan, tulang lemah dan kaki tak nyaman semuanya dapat dikaitkan dengan tahap menopause.

Tanda-tanda lain dapat berupa peningkatan alergi, jantung berdebar-debar dan perubahan kesehatan mulut. Tidak heran periode ini penuh dengan suasana hati yang buruk dan kesejahteraan yang buruk, mengingat semua perubahan tubuh yang sulit yang dapat terjadi.

Perusahaan kebersihan dan kesehatan Essity mensurvei 5.000 wanita pra-menopause, perimenopause, atau pasca menopause, dan menemukan bahwa mereka yang berada di akhir menopause 'relatif tidak mengerti' tentang apa yang telah mereka alami. 

Menopause terjadi 12 bulan setelah periode terakhir seorang wanita, tetapi ada juga perimenopause dan pasca-tahap yang perlu dipertimbangkan juga.

"Saya mendengar begitu banyak mitos dari wanita yang tidak yakin tentang apa yang akan atau sedang dialami tubuh mereka - banyak di antaranya yang benar-benar menyangkal," kata Naomi.

"Wanita percaya bahwa mereka tidak dapat mengalami gejala pada usia empat puluhan karena mereka belum cukup umur, atau gejala mereka tidak menopause - padahal sebenarnya jika mereka berusia di atas 45 tahun, kemungkinan besar memang demikian," tambahnya.