3 Cara Menghilangkan Bekas Cacar, dari Cara Alami sampai Profesional

cara menghilangkan bekas cacar
cara menghilangkan bekas cacar (Foto : Freepik)

AntvCacar merupakan penyakit kulit yang sangat menular. Penyakit ini meninggalkan bekas luka bahkan setelah penderitanya sembuh. Lalu, apa saja cara menghilangkan bekas cacar?

Cacar, terutama cacar air, disebabkan oleh virus Varicella Zoster. Pada umumnya dialami oleh anak-anak, khususnya yang berusia 10 sampai 12 tahun.

Penyakit cacar ditandai dengan ruam kemerahan berisi cairan. Ruam kemerahan ini juga terasa sangat gatal. 

Walaupun begitu, sebisa mungkin jangan menggaruk cacar ya, ANTV Lovers. Menggaruk lepuh cacar air secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan. 

Ketika kulit kamu rusak oleh luka yang dalam, tubuhmu menghasilkan jaringan yang lebih tebal dari kulit untuk memperbaikinya. Ini dikenal sebagai jaringan parut.

Peradangan kulit, yang umum terjadi pada cacar air, dapat menyebabkan bekas luka dengan tampilan cekung. Banyak orang ingin memudarkan atau menghilangkan bekas luka ini, terutama yang ada di bagian wajah.

Banyak cara menghilangkan bekas cacar yang bisa dilakukan, dari perawatan alami sampai yang menggunakan obat maupun perawatan medis. Berikut ulasannya.

Perawatan Alami untuk Menghilangkan Bekas Cacar

img_title
Ini Dia Manfaat Tanaman Lidah Buaya yang Perlu Anda Ketahui. (Foto : )

Vitamin E

Vitamin E telah lama dianggap sebagai kandungan yang valid untuk mengobati luka cacar. Sayangnya, klaim ini mungkin berlebihan. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa itu tidak memiliki efek yang signifikan. 

American Academy of Dermatology sebenarnya menyarankan orang untuk tidak menggunakan vitamin E pada bekas luka, karena berpotensi memperburuk penampilan.

Aloe Vera (Lidah Buaya)

Lidah buaya telah diuji secara ekstensif dalam pengobatan luka bakar. Namun, faktanya lidah buaya hanya terbukti dapat menurunkan suhu kulit yang membantu dalam penyembuhan luka bakar. Oleh karena itu, lidah buaya tidak menunjukkan efek pada bekas luka.

Cocoa Butter

Cocoa butter adalah lemak nabati berwarna krem yang berasal dari biji kakao. Teksturnya yang halus dan lembut serta kemampuannya untuk meleleh saat dioleskan ke kulit menjadikannya bahan umum dalam pelembab. 

Meskipun mengandung antioksidan dan dapat melembabkan kulit secara efektif, cocoa butter disebutkan tidak dapat mengurangi munculnya bekas luka.

Sebuah uji klinis besar menemukan bahwa cocoa butter tidak lebih baik daripada krim plasebo dalam mengurangi stretchmark pada wanita hamil.

Minyak Rosehip

Minyak esensial dari rosehip memiliki banyak nilai terapeutik karena efek antioksidan dan komposisi fitokimianya. Fitokimia ini termasuk asam askorbat dan asam lemak.

Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan minyak rosehip ke bekas luka baru dua kali sehari selama 12 minggu dapat memperbaiki penampilan akhir.

 

Perawatan Bebas untuk Bekas Cacar

img_title
Efektif! Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam. (Foto : Freepik/ Rhjphotoandillustration)

Krim Retinol

Retinol, yang merupakan turunan kuat dari vitamin A, terbukti secara klinis dapat meningkatkan produksi kolagen. Dalam sebuah penelitian yang melihat efek gabungan retinol dan asam glikolat pada bekas jerawat, para peneliti mencatat bahwa lebih dari 90 persen peserta melihat peningkatan.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan bekas cacar dengan krim retinol?

Oleskan krim retinol ke bekas lukamu setiap malam sekitar 1—2 jam sebelum tidur untuk merangsang kolagen di area yang sangat kurang. Jika kamu merasa bekas cacar terlalu perih, kamu dapat melakukannya setiap hari sesuai jadwal. 

Eksfoliasi

Eksfoliasi atau pengelupasan menghilangkan sel-sel kulit tua agar memberi ruang bagi kulit yang lebih muda dan tampak lebih baik. Eksfoliasi bekas luka dapat membantu menghilangkan beberapa kulit berpigmen atau kasar. 

Ada dua jenis eksfoliasi kulit, yaitu mekanik dan kimia. Eksfoliasi mekanis termasuk lulur tubuh dan wajah, sikat, dan alat lainnya. Gunakan ini langsung pada bekas luka dalam gerakan melingkar setiap tiga hari.

Di sisi lain, eksfoliasi kimia adalah lotion yang menghasilkan reaksi kimia ringan untuk menghilangkan lapisan atas kulit. Oleskan ini langsung ke bekas luka sesering yang diarahkan oleh instruksi produk. 

Krim penghilang bekas luka

Krim penghilang bekas luka yang dijual bebas mengandung berbagai kombinasi bahan yang dianggap dapat membantu mencegah dan mengurangi tampilan bekas luka. 

Meskipun ada sedikit bukti klinis, banyak orang merasakan krim ini bermanfaat untuk bekas cacar mereka. Produk yang kamu pilih akan didasarkan pada seberapa baru bekas luka tersebut. 

 

Perawatan Profesional untuk Bekas Cacar

img_title
cara menghilangkan bekas cacar. (Foto : Pexels/Karolina Grabowska)

Eksisi dan Eksisi Teknik Pukulan

Eksisi bekas luka adalah pilihan ketika semua teknik penghilangan bekas luka lainnya gagal. Saat kamu berada di bawah pengaruh anestesi, dokter akan menggunakan pisau bedah atau alat pukulan eksisi untuk mengangkat jaringan parut secara operasi. Setelahnya, mereka akan menjahit area tersebut. 

Perawatan ini paling cocok untuk bekas luka yang dalam, berlubang, dan cekung. Kamu juga akan mengganti bekas bopeng seperti kawah dengan bekas luka linier baru yang mungkin lebih baik secara kosmetik. Namun, bekas luka ini juga akan permanen.

Fillers

Pengisi jaringan lunak atau fillers dapat digunakan untuk menambah bentuk kembali ke bekas luka yang tertekan atau cekung. 

Pengisi jaringan lunak, seperti asam hialuronat dan lemak dapat disuntikkan langsung ke bekas luka untuk mengurangi penampilannya. Perawatan ini bersifat sementara, berlangsung sekitar enam bulan.

Microneedling

Microneedling adalah prosedur yang relatif baru yang menggunakan alat jenis rolling-pin yang ditutupi dengan jarum berukuran sangat kecil. Setelah anestesi dioleskan ke wajah, dokter akan bolak-balik memutar alat dengan tekanan yang cukup besar. Tindakan ini akan menyebabkan sedikit pendarahan.

Microneedling merangsang produksi kolagen dan membuat kulit tampak lebih halus. Prosedur ini mungkin perlu diulang beberapa kali. Butuh beberapa bulan sebelum hasilnya mulai terlihat.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah proses yang menggunakan sikat yang diputar cepat untuk mengampelas lapisan atas kulit. Tindakan ini lebih dangkal daripada dermabrasi yang menembus lebih dalam ke dalam jaringan dan menyebabkan restrukturisasi kulit. 

Kedua perawatan ini sangat efektif untuk melawan bekas luka. Dermabrasi dapat sepenuhnya menghilangkan bekas luka di permukaan dan secara signifikan memperbaiki tampilan bekas luka yang dalam.

Chemical Peels atau Pengelupasan kimia

Pengelupasan kimia adalah teknik lain untuk melapisi kembali lapisan luar kulit. Tindakan ini dilakukan dengan asam potensi tinggi yang tersebar di kulit, menghilangkan lapisan luar dan memperbaiki tampilan bekas luka yang dalam.

Pengelupasan ringan dapat dilakukan dengan cepat di kantor dokter tanpa jeda. Pengelupasan sedang juga dapat dilakukan di kantor dokter, tetapi mungkin memerlukan beberapa minggu untuk sembuh. 

Pengelupasan kimia dalam adalah prosedur yang lebih serius, seringkali membutuhkan anestesi dan waktu istirahat berbulan-bulan.

Untuk melihat peningkatan pada bekas cacar, kamu mungkin memerlukan satu pengelupasan ringan per minggu selama beberapa minggu berturut-turut. 

Sebenarnya, kamu juga dapat melakukan pengelupasan kimia di rumah. Namun, hasilnya tidak akan sama dengan pengelupasan profesional. 

Pencangkokan kulit

Cangkok kulit adalah prosedur yang biasanya dilakukan untuk bekas luka yang parah dan luas, seperti bekas luka bakar, operasi, atau luka berat lainnya. Namun, cangkok kulit juga bisa digunakan untuk memperbaiki tampilan bekas luka wajah yang luas. 

Cangkok kulit melibatkan pengangkatan kulit donor dari bagian lain tubuhmu dan ditransplantasikan ke lokasi bekas luka.

Pelapisan ulang laser

Terapi laser adalah salah satu perawatan bekas luka profesional yang paling umum digunakan. Tindakan ini dapat mengurangi munculnya bekas luka lama, memperbaiki bekas luka cacar air yang cekung, dan mengurangi warna bekas luka.

Ada beberapa jenis pelapisan ulang laser, termasuk ablatif dan nonablatif. Dilansir dari Heathline, jenis ablative sedikit lebih invasif daripada yang terakhir.

Perawatan laser dapat dilakukan secara rawat jalan dan biasanya tidak memerlukan obat penenang. Dokter Anda menerapkan anestesi lokal topikal sebelum melakukan terapi cahaya kepada pasien. Prosedur ini dapat berlangsung dari 15 menit sampai 2 jam.