10 Makanan Ampuh Turunkan Kolesterol: Seledri hingga Cokelat Hitam

ginger and mint juice
ginger and mint juice (Foto : Freepik/imageblast)

AntvKolesterol merupakan zat seperti lilin yang ditemukan di seluruh tubuh, darah, sel, arteri dan jaringan. Ini adalah elemen yang sangat penting yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan hormon. 

Namun, akan menjadi masalah ketika kolesterol jahat (LDL, VLDL & trigliserida) mengalahkan kolesterol baik (HDL). Itulah yang meningkatkan risiko masalah jantung karena dapat menyumbat dinding arteri dan merusak aliran darah. Kadar kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan obesitas, diabetes, dan nyeri sendi.

Pola makan buruk, kekurangan protein, merokok, kelebihan berat badan adalah beberapa alasan kadar kolesterol tinggi. Salah satu solusi yang baik adalah membuat beberapa perubahan gaya hidup dan mengontrol kolesterol secara alami. 

Melansir dari laman Times Of India pada Kamis, 29 September 2022, berikut adalah makanan yang dapat membantu menurunkan kolesterol secara alami.

1. Seledri, mentimun, jahe & jus mint

img_title
ginger and mint juice. (Foto : Freepik/imageblast)
 

Dikemas dengan nutrisi dan antioksidan, seledri, mentimun, jahe & jus mint mampu membantu memurnikan darah dan mengoptimalkan fungsi hati sehingga mengurangi produksi kolesterol LDL.