7 Cara Memanjangkan Rambut: Kuning Telur hingga Lidah Buaya

Rambut
Rambut (Foto : Pixabay)

Antv – Cara memanjangkan rambut dapat dilakukan dengan beragam cara yang bisa dilakukan dan tentunya sangat mudah, bahkan dengan bahan alami sekalipun. Seperti yang diketahui, bahwa rambut pada kepala umumnya akan tumbuh sekitar 0,3–0,4 mm per hari/ 15 cm per tahun. 

Tapi, sebagian orang ada yang memiliki rambut lebih cepat panjang dan ada pula yang lebih lama dalam pertumbuhannya.

Penyebab rambut kamu yang cepat panjang bisa disebabkan karena genetik dan diet. Maka, kamu dapat merubah gaya hidup dengan mulai mengonsumsi vitamin atau mineral yang dibutuhkan dalam menutrisi rambut. 

Nyatanya, pertumbuhan rambut yang lambat bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor yang terjadi. Mulai dari usia, pemakaian alat pemanas, hormon, hingga kekurangan akan vitamin.

Selain itu, masih ada pula beberapa faktor yang juga bisa memperlambat pertumbuhan rambut kamu.

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan dalam menutrisi rambut yakni dengan menggunakan sampo. Sampo ini tentunya tidak sembarangan, sebab harus memiliki kandungan yang tepat yang dapat membantu memanjangkan rambut kamu. 

Ternyata, menutrisi rambut tidak hanya diperoleh dari luar saja, kamu juga harus memperhatikan asupan makanan agar pertumbuhan rambut kamu bisa maksimal dan tumbuh dengan baik. 

Cara agar rambut kamu cepat panjang nyatanya bukan dilakukan dengan sering keramas. Keramas tentu penting dilakukan dan sesuai jenis rambut tentunya, tapi tak perlu berlebihan. Gunakan selalu sampo serta kondisioner dalam satu rangkaian saja, sebab hal ini jadi salah satu faktor cukup penting dalam mempercepat pertumbuhan rambut.

Lalu bagaimana cara memanjangkan rambut dengan bahan alami dan tentunya simpel dan bisa dilakukan dengan mudah? Simak ulasannya di bawah ini seperti yang telah dihimpun dari berbagai sumber, Kamis, 29 September 2022.

1.Pijat Kulit Kepala

img_title
Ilustrasi pijat kulit kepala. (Foto : Pixabay)

Cara memanjangkan rambut pertama yang bisa kamu lakukan ialah dengan memijat kulit kepala. Salah satu metode ini dapat dilakukan dan tentunya dengan cara yang alami pula. Hal ini bisa kamu lakukan dengan rutin. 

Menurut dr. Alan J. Bauman dalam VIVA yang merupakan seorang ahli restorasi rambut bersertifikat dari World Trichology Society, menyebut bahwa dengan memijat kulit kepala dapat memberikan manfaat mengurangi hormon stres dan menjaga tekanan darah serta detak jantung tetap stabil.

Jika kamu melakukan pemijatan pada kulit kepala, maka aliran darah ke kulit kepala akan meningkat dan akan membantu akar-akar rambut makin kuat. Aliran darah ini cukup dalam membantu folikel yang mendapatkan nutrisi lebih banyak, sehingga rambut kamu cepat tumbuh.

Memijat kulit kepala bisa kamu dilakukan tanpa bahan apa-apa atau dalam keadaan rambut kering, tapi lebih baik kalau menggunakan bahan alami yang mengandung nutrisi yang bisa menumbuhkan rambut.

2.Gunakan Kuning Telur

img_title
Telur. (Foto : Pixabay)

Telur memiliki akan protein yang berperan besar dalam menumbuhkan rambut. Masker rambut dari kuning telur bisa menjadi pilihan dalam perawatan rambut kamu. Sebab hak itu, kuning telur juga mengandung lesitin yang akan memperkuat akar rambut. 

Tak hanya itu, kandungan belerangnya juga dapat mencegah munculnya ketombe lho. Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah, kmau cukup campur dua telur dengan dua sendok makan minyak zaitun. 

Setelah itu, tambahkan setengah gelas air pada campuran telur dan minyak zaitun tadi agar lebih encer. Usapkan masker ini pada rambut kering yang telah disisir rapi. Biarkan selama kurang lebih 30 menit saja. Lalu Bilas dengan air, keramaslah dengan sampo dan kondisioner.

3.Kurangi Pemakaian Alat Pemanas Rambut

img_title
Pemanas rambut. (Foto : Pixabay)

Cara berikutnya yang bisa kamu terapkan yakni dengan mengurangi penggunaan alat pemanas rambut, sebab kebiasaan yang terus menerus ini bisa jadi pemicu rambut lebih lama untuk tumbuh.

Menata rambut dengan memakai pemanas seperti hair dryer dan catok memang membantu di saat penting dan mewajibkan tampil rapi dalam waktu singkat, namun terlalu sering menggunakan alat ini ternyata akan merusak helai rambut. 

Baiknya, kalau ingin mengeringkan rambut, maka gunakanlah cara yang alami dengan membiarkannya mengering. Tapi jika ingin mengeringkan rambut, baiknya kamu gunakan cara alami dengan membiarkan rambut kamu mengering dengan sendirinya atau dengan udara, juga bisa dengan kipas angin. 

4. Gunakan Minyak Zaitun

img_title
Minyak Zaitun. (Foto : Pixabay)

Selanjutnya yang bisa kamu lakukan yakni dengan menggunakan minyak zaitun, sebab minyak ini sangat berguna dalam menumbuhkan rambut serta merawatnya. Minyak zaitun sendiri mengandung Omega 3 yang dapat membantu dalam pertumbuhan rambut lebih cepat,  membuat rambut jauh lebih lembut juga berkilau. 

Caranya sangat mudah, kamu cukup dipijatkan ke bagian kulit kepala serta dioleskan ke helai-helai rambut. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 30-60 menit sebelum dibilas.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengaplikasikan minyak ini bersamaan dengan minyak alami lain, seperti minyak kelapa atau minyak almond.

5.Gunakan Minyak Jarak

img_title
Minyak jarak. (Foto : VIVA)
 

Cara memanjangkan rambut yang bisa kamu lakukan berikutnya yakni dengan menggunakan minyak jarak. Diketahui, bahwa minyak jarak ini memiliki fungsi antijamur juga antibakteri. Kedua hal tersebut tentunya sangat membantu dalam mengurangi infeksi pada kulit kepala.

Minyak jarak yang memiliki suhu panas cocok untuk digunakan dalam perawatan dan menumbuhkan rambut. Minyak jarak diketahui mengandung Omega-6, vitamin E, dan protein juga nutrisi-nutrisi lain yang dapat memperkuat helai serta akar pada rambut. 

Tak hanya itu, minyak jarak ini juga diketahui dapat mempertahankan kelembaban rambut, maka rambut akan tampak lebih sehat dan berkilau. Cara penggunaannya cukup mudah, lakukan pijatan dengan memakai minyak jarak panas ke kulit kepala, lalu oleskan dari pangkal ke ujung rambut. Terakhir, tutup dengan kap mandi selama kurang lebih 30-60 menit sebelum dibilas.

6. Konsumsi Lemak Baik untuk Rambut

img_title
Salmon. (Foto : Pixabay)
 

Cara memanjangkan rambut berikutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan mengonsumsi lemak yang baik yang tentunya untuk pertumbuhan rambut.

Hal tersebut bisa mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak yang baik dan dibutuhkan tubuh untuk menumbuhkannmya, alih-alih meminum suplemen penumbuh rambut. 

Minum suplemen tentu baik, tapi akan lebih baik kalau memenuhi kebutuhan nutrisi-nutrisi tersebut secara alami dari dalam yakni makanan. Nutrisionis Meryl Pritchard menjelaskan, bahwa tubuh tidak dapat memproduksi sendiri nutrisi tertentu, salah satunya Omega-3 yang paling penting untuk menyuburkan folikel rambut. 

"Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan lemak ini melalui makanan kita," jelas Pritchard.

Omega-3 ini dapat ditemukan dalam makanan-makanan seperti kenari, salmon, kedelai, minyak canola, dan tuna.

7. Pakai Lidah Buaya

img_title
lidah buaya. (Foto : Pixabay)
 

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk membantu memanjangkan rambut yakni dengan memakai lidah buaya. Sebab lidah buaya ini memiliki khasita dalam menutrisi dan menyehatkan rambut yang tentunya sudah banyak dikenal. 

Maka, tidak heran kalau banyak produsen yang memakai produk perawatan rambut dengan menggunakan tanaman lidah buaya sebagai bahan dasar dalam pembuatan produknya.

Namun, untuk mendapatkan manfaat secara lebih maksimal, kamu lebih baik menggunakan lidah buaya ini secara langsung, alias tidak menggunakan produk perawatan tertentu.

Cara memanjangkan rambut dengan menggunakan lidah buaya ini pun sangat mudah, kamu hanya cukup kupas lidah buaya dan ambil gel yang terdapat pada batangnya tersebut. Lalu, oleskan gel tersebut pada kulit kepala dan rambut.

Kalau sudah, diamkan sekitar 20-30 menit saja, setelah itu bilas hingga bersih dengan air. Untuk hasil yang baik, kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes madu pada gel tersebut sebelum dioleskan ke kulit kepala.

Itulah 7 cara memanjangkan rambut dengan bahan alami yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah dengan mudah juga tentunya.