Kriss Hatta Disebut Pedofil, Diagnosa dan Pengobatan Menurut Psikolog

Pedofilia
Pedofilia (Foto : Freepik/master1305)

Antv – Belakangan ini, Kriss Hatta dituduh sebagai seorang pedofil karena mengaku memiliki kekasih yang berusia 20 tahun lebih muda darinya. Lalu, sebenarnya apa itu pedofilia

Pedofilia merupakan gangguan jiwa, khususnya gangguan seksual yang sangat menyimpang. Pasalnya, pedofilia merupakan gangguan seksual ketika penderitanya mempunyai rasa ketertarikan atau nafsu terhadap remaja atau anak di bawah umur (14 tahun ke bawah). 

Seorang pedofil dapat tertarik mana laki-laki muda, perempuan muda, atau bahkan keduanya. Mereka juga bisa hanya tertarik pada anak-anak atau anak-anak dan dewasa.

Keterlibatan dua orang dengan gangguan pedofilia ini tergantung pada usia mereka. 

Pada masyarakat Barat, diagnosis pedofilia mengharuskan orang tersebut berusia 16 tahun atau lebih dan setidaknya 5 tahun lebih tua dari anak yang menjadi objek fantasi atau aktivitas seksual.

Namun, keterlibatan seksual remaja yang lebih tua (berusia 17 hingga 18 tahun) dengan anak berusia 12 atau 13 tahun mungkin tidak dianggap sebagai pedofilia. Kriteria usia yang digunakan untuk mengidentifikasi kapan aktivitas tersebut dianggap sebagai kejahatan mungkin berbeda.