Vaksin Covid-19 Pengaruhi Siklus Menstruasi Wanita, Ini Hasil Studinya

Menstruasi
Menstruasi (Foto : Freepik/imageblast)

Antv – Tidak lama setelah peluncuran vaksin coronavirus tahun lalu, banyak wanita yang mengeluh di media sosial terkait efek samping yang aneh yakni perubahan siklus menstrurasi pada mereka.

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa keluhan tersebut benar. Dimana Penelitian dilakukan terhadap hampir 20.000 orang di seluruh dunia yang menunjukkan bahwa mendapatkan vaksinasi covid dapat mengubah siklus menstruasi

Melansir dari laman Washington Post pada Rabu, 28 September 2022. Orang yang divaksinasi mengalami rata-rata sekitar satu hari keterlambatan menstruasi, dibandingkan dengan mereka yang tidak divaksinasi. 

img_title
Menstruasi. (Foto : Freepik/imageblast)
 

Data untuk penelitian tersebut, diterbitkan di British Medical Journal, diambil dari aplikasi pelacakan periode populer yang disebut Natural Cycles dan termasuk orang-orang dari seluruh dunia, tetapi sebagian besar berasal dari Amerika Utara, Inggris, dan Eropa. 

Para peneliti menggunakan data de-identified dari aplikasi untuk membandingkan siklus menstruasi antara 14.936 peserta yang divaksinasi dan 4.686 yang tidak.

Karena pengguna aplikasi melacak siklus menstruasi mereka setiap bulan, para peneliti dapat menganalisis tiga siklus menstruasi sebelum vaksinasi dan setidaknya satu siklus setelahnya, dan membandingkannya dengan empat siklus menstruasi pada kelompok yang tidak divaksinasi.