8 Tempat Wisata Ikonik di Jakarta, Museum hingga Spot Instagramable

Taman Wisata Alam Mangrove
Taman Wisata Alam Mangrove (Foto : VIVA)

Antv – Tempat wisata di Jakarta ini sangat banyak dan beragam. Mulai dari tempat wisata alam, edukasi, spot foto yang Instagramable, hingga melihat sejarah pun tersedia. 

Tempat wisata sendiri bisa disebut lokawisata atau objek wisata, adalah sebuah tempat rekreasi juga tempat berwisata. Objek wisata dapat berupa objek wisata alam seperti gunung, danau, sungai, pantai, laut, atau berupa objek wisata bangunan seperti museum, benteng, situs peninggalan sejarah dan lainnya.  

Tempat wisata biasanya akan ramai dikunjungi saat weekend atau akhir pekan juga akan ramai oleh wisatawan saat hari libur, misalnya setelah Idul Fitri, momen Natal, dan Tahun Baru atau libur sekolah. 

Di Jakarta sendiri banyak pilihan lokasi wisata yang bisa kamu kunjungi, lantas apa saja itu?

Simak ulasannya di bawah ini seperti yang telah dihimpun dari berbagai sumber, Rabu, 28 September 2022.

1. Museum Nasional Indonesia

img_title
Museum Nasional Indonesia. (Foto : VIVA)

Museum Nasional Indonesia adalah tempat yang menyimpan sekitar 160.000 benda bersejarah dari berbagai zaman, dikutip dari situs resminya. Gedung ini dibangun di tanah seluas 26.500 meter persegi dan memiliki dua bangunan utama. 

Diketahui gedung A digunakan untuk ruang pameran, sementara gedung B yang memiliki sebutan Gedung Arca digunakan untuk kantor, ruang konferensi, laboratorium, perpustakan dan juga ruang pameran.  Peresmian Gedung Arca dilakukan pada 20 Juni 2007 oleh Presiden ke-6 Republik Indonesia  Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.

2. Pantai Ancol

img_title
Pantai Ancol. (Foto : Instagram @syel.lo)

Meski tempat ini terbilang lawas, namun kawasan Pantai Ancol tidak pernah sepi pengunjung. Selain karena tiketnya yang murah, di kawasan Pantai Ancol juga membebaskan pengunjung membawa makanan dan minuman dari luar. Hal inilah yang membuat banyak pengunjung betah berlama-lama piknik di pantai yang satu ini. 

Panorama pemandangan pantainya pun indah dengan angin semilir yang sejuk juga membuat para pengunjung merasa segar di sana. Masuk ke Pantai Ancol ini sangat terjangkau, kamu hanya dikenakan biaya masuk pintu gerbang Ancol. Untuk kendaraan bermotor dikenakan biaya Rp15.000, sedangkan untuk kendaraan mobil dikenakan biaya masuk Rp25.000.

3. Kota Tua

img_title
Kota Tua. (Foto : Instagram @kotatuajakarta.id)
 

Tempat wisata di Jakarta berikutnya yakni Kota Tua, wisata ini tepat berada di Alun-Alun Fatahillah, yaitu alun-alun yang ramai dengan pertunjukan rutin tarian tradisional. Museum Sejarah Jakarta adalah bangunan pada era Belanda dengan lukisan dan barang antik. 

Sedangkan Museum Wayang memamerkan boneka kayu khas Jawa.  Desa Glodok, atau Chinatown yang terkenal dengan makanan kaki lima, seperti pangsit dan mi goreng. 

Di dekatnya, terdapat sebuah sekunar dan kapal penangkap ikan di pelabuhan Sunda Kelapa yang tampak kuno.  Para pengunjung pun bisa melihat banyak live music, jalan-jalan sore, bermain sepeda, berfoto dengan patung dan masih banyak lagi. 

4. Pulau Seribu

img_title
Pulau Seribu. (Foto : VIVA)

Tempat wisata di Jakarta ada alam juga lho, salah satunya yang wajib untuk kamu kunjungi yakni Pulau Seribu. Seperti namanya, Pulau Seribu terdiri dari deretan pulau-pulau kecil, meski jumlahnya tidak benar adanya seribu. Ada pulau yang berpenduduk, ada pulau resort, dan ada pulau privat. 

Sebagian besar pulau di wilayah administrasi ini memang terbuka untuk aktivitas pariwisata, namun ada juga pulau yang diperuntukkan untuk kawasan konservasi, serta pulau yang murni digunakan untuk keperluan pribadi oleh pemiliknya. 

Untuk ke pulau ini, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 20 menit sampai 2,5 jam, tergantung pulau yang dituju. Pulau yang paling terkenal yakni Pulau Bidadari, Pulau Pramuka, Pulau Tidung dan Pulau Pari.

5.Taman Suropati 

img_title
Taman Suropati. (Foto : Instagram @abuaisyah._)

Taman Suropati bisa menjadi rekomendasi liburan kamu di akhir pekan nanti, tempat ini berlokasi di Jl. Taman Suropati  Menteng, Jakarta Pusat, taman ini memiliki luas kurang lebih 16 ribu meter persegi.

Taman ini dikelilingi oleh beragam pohon dan tanaman yang ditata sedemikian cantik yang membuat suasana taman sangat teduh dan sejuk, meskipun berdekatan dengan jalan raya.  Di bagian tengah taman akan terdapat kolam air mancur yang cukup besar. 

Taman ini memiliki fasilitas cukup lengkap, terdiri dari toilet, gazebo, dan bangku taman yang banyak. Tak hanya itu, Taman ini juga memfasilitasi pengunjung dengan jalan setapak yang di sekeliling area taman tentu biasa digunakan jogging atau sekadar jalan santai. 

Namun, lahan parkir di area Taman Suropati ini sangat terbatas. Meski demikian, taman ini selalu ramai dikunjungi bahkan hingga malam hari, sering menampilkan juga live musik dari musisi-musisi jalanan.

Di malam hari, para pengujung juga bisa mencoba wisata kuliner yang banyak dijumpai di sekitar taman. Keunikan lain dari Taman Suropati adalah para pengunjung bisa melihat karya seni Enam Monumen ASEAN yang dibuat oleh para seniman dari berbagai negara di ASEAN. 

6.Taman Menteng 

img_title
Taman Menteng. (Foto : Instgaram @tamanmenteng_jkt)

Tempat wisata di Jakarta berikutnya yakni Taman Menteng, taman ini sendiri didirikan pada tahun 2007 dengan memiliki luas kurang lebih 2 hektar. Tempat ini berlokasi di pusat kota daerah Menteng, taman ini memiliki kurang lebih sekitar 1000 pohon dari 30 jenis tanaman hias yang sudah ditanam, sebagai sarana go green di tengah kota. 

Selain pohon serta tanaman yang rimbun dan segar yang tercipta, Taman Menteng juga dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari arena olahraga, seperti lapangan basket, jogging track, arena bermain yang mengasyikan, hingga sebuah rumah kaca cantik yang digunakan sebagai tempat pagelaran seni.  

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan kiranya tidak perlu takut, sebab pengelola telah memfasilitasi tempat parkir yang memiliki empat lantai untuk memudahkan para pengunjung memarkirkan mobilnya dengan aman tentunya.  

Tak hanya itu, di sekitar taman juga terdapat banyak resto penjual kaki lima yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Tak ada harga tiket untuk masuk ke taman ini, alias gratis lho. Taman ini juga bagus dan pas saat dikunjungi pada malam hari, karena diterangi lampu yang indah dan cantik.

7. Taman Wisata Alam Mangrove

img_title
Taman Wisata Alam Mangrove. (Foto : VIVA)

Berikutnya ada Taman Wisata Alam Mangrove, taman ini memiliki luas sekitar 99,82 hektar yang kini dimanfaatkan untuk pariwisata dan rekreasi alam bagi para masyarakat. Tempat ini terletak tepat di kelurahan Kamal Muara yang bersebelahan dengan kawasan elite Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Meski lokasinya berada di ujung Jakarta Utara, namun akses ke lokasi ini terbilang cukup mudah. Pengunjung bisa melalui kendaraan pribadi via tol atau kendaraan umum pun bisa. Di sana pengunjung bisa rekreasi sambil menikmati udara segar khas pesisir pantai. 

Selain itu, banyak pula spot foto yang instagrammable, seperti jembatan kayu, penginapan yang terbuat dari dinding kayu, atau sekedar berfoto dengan latar belakang hutan mangrove lho. 

8. Museum Proklamasi

img_title
Museum Proklamasi. (Foto : VIVA)

Sebelum menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi (Munasprok), tempat ini adalah kediaman resmi dari konsulat Kerajaan Inggris. Bangunan ini juga pernah menjadi tempat tinggal perwira tinggi Angkatan Laut Jepang, Laksamana Muda Tadashi Maeda.  

Laksamana Muda Tadashi Maeda mengizinkan rumahnya menjadi tempat perumusan naskah proklamasi, yang pada 24 November 1992 resmi dijadikan sebagai museum.

Jadi, Museum ini bisa menjadi rekomendasi kamu untuk berlibur di kota Jakarta. Selain menyuguhkan nuansa museum yang ada, kamu juga bisa belajar di sana lho, terlebih jika bersama dengan sang buah hati. 

Itulah 8 tempat wisata di Jakarta yang bisa kamu kunjungi saat hari libur tiba atau hanya sekadar berkunjung di hari biasa pun bisa lho!