Ramah Anak! 7 Tempat Wisata di Bogor Yang Cocok Untuk Piknik Keluarga

7 Tempat Wisata di Bogor Untuk Piknik Keluarga
7 Tempat Wisata di Bogor Untuk Piknik Keluarga (Foto : Rariamedia.com)

AntvBogor merupakan salah satu kota yang paling sering dijadikan opsi liburan untuk para wisatawan, khususnya masyarakat Ibu Kota. Bagaimana tidak, tempat wisata di Bogor menjadi salah satu yang paling terjangkau jaraknya dari Jakarta.

Ada banyak sekali tempat wisata di Bogor selain puncak yang dapat dikunjungi untuk liburan atau sekadar menghapus penat di akhir pekan. Seperti diketahui, kota yang kerap disebut sebagai kota hujan ini memiliki keindahan alam yang luar biasa memukau.

Ditambah lagi, pemandangan pegunungan dan hawa sejuk semakin membuat banyak wisatawan tertarik untuk datang dan menjernihkan pikiran.

Keindahan alam kota Bogor menjadi magnet yang membuat para wistawan ingin selalu kembali lagi ke kota ini dan mengeksplor berbagai destinasi wisata yang ada di sana, baik sendirian maupun bersama dengan keluarga.

Sebelum menyusun rencana dan memutuskan untuk berlibur ke kota Bogor, ada baiknya kamu menyimak terlebih dahulu tempat wisata di Kota Bogor yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

The Ranch Cisarua

 

img_title
7 Tempat Wisata di Bogor Untuk Piknik Keluarga. (Foto : idntimes.com)

 

Salah satu tempat wisata di Bogor yang menarik dikunjungi adalah The Ranch Cisarua, terlebih bagi kamu pecinta dunia koboi. 

The Ranch Cisarua ini dapat membuat kamu dan keluarga seolah masuk ke dunia koboi. Tapi tak perlu khawatir, sebab objek wisata ini tak gersang seperti gurun pasir di dunia koboi. Tempat ini memiliki udara sejuk pegunungan dan suasana pedesaan Eropa yang lengkap dengan kastil dan taman bunga.

Kamu juga bisa mengajak sikecil untuk menjadi koboi cilik dengan menunggangi kuda dan belajar memanah di sana.

Tak hanya itu, destinasi wisata Bogor yang satu ini juga dilengkapi dengan rumah permen, rumah hobbit, jembatan dongeng dan rumah kelinci yang akan membuat si kecil betah bermain.

Kuntum Farmfield

 

img_title
7 Tempat Wisata di Bogor Untuk Piknik Keluarga. (Foto : Djawanews.com)

 

Bagi kamu yang ingin mengajak anak-anak untuk mencicipi rasanya menjadi gembala, maka Kuntum Farm Fiel menjadi salah satu temat wisata di Bogor yang wajib dikunjungi.

Di objek wisata ini, anak-anak dapat memberi makan hewan-hewan yang ada di sana, yakni sapi dan kambing.

Selain kambing dan sapi, ada pula binatang unggas seperti ayam maupun bebek. Tak hanya itu, Kuntum Farmfield juga menyediakan tempat pemancingan ikan dan pemeliharaan kelinci.

Tak hanya beternak, anak-anak juga dapat belajar menanam, memelihara, dan memetik sayur-mayur seperti bayam dan selada serta tanaman obat seperti jahe dan kunyit. Semua tanaman yang ada di sana serba organik tanpa pupuk buatan.

Devoyage

 

img_title
7 Tempat Wisata di Bogor Untuk Piknik Keluarga. (Foto : Rariamedia.com)

 

Devoyage merupakan salah satu tempat wisata di Bogor yang disebut juga sebagai kampung Eropa. Di objek wisata yang satu ini, kamu seolah dibawa mengelilingi benua Eropa lewat arsitekturnya yang klasik.

Tak hanya bangunannya yang khas dengan arsitektur Eropa, di Devoyage juga terdapat miniatur menara Eiffel dari Paris, kincir angin dari Belanda, hingga kanal-kanal ala Venesia, Italia yang bisa disusuri dengan perahu.

Devoyage memang tak terlalu luas, sehingga kamu tidak akan kelelahan untuk mengelilingi semua spot menarik yang ada di sana. Tapi jangan khawatir, di sana terdapat 150 spot foto serta berbagai wahana permainan yang dapat dinikmati.

Marcopolo Water Adventure

 

img_title
7 Tempat Wisata di Bogor Untuk Piknik Keluarga. (Foto : inews.com)

 

Marcopolo Water Adventure adalah salah satu tempat wisata di Bogor yang wajib dikunjungi bersama keluarga. Objek wisata seluas 5 hektar ini memiliki berbagai macam kolam renang yang memiliki kisah petualangannya masing-masing.

Kesan petualangan dapat dirasakan dengan adanya ornamen-ornamen unik yang tersebar di tempat ini. Di antaranya ada patung Neptunus, dewa laut dengan para pengawalnya, penyu, gurita, ikan paus, penguin, kuda laut hingga kodok.

Kamu juga bisa merasakan keseruan dengan meluncur di waterboom dan menikmati kesegaran air dengan berdiri di bawah air terjun atau bertualnag ke gua bawah air.

Jika tak terlalu suka bermain air, kamu juga dapat mengnjungi Cinema 4D. Walau hanya simulasi, tapi petualangannya tak kalah seru dari bermain air yang sesungguhnya.

Taman Buah Mekarsari

 

img_title
7 Tempat Wisata di Bogor Untuk Piknik Keluarga. (Foto : Javatravel.net)

 

Salah satu tempat wisata di Bogor yang cocok dikunjungi bersama keluarga adalah Taman Buah Mekarsari. Objek wisata ini terdapat di antara kota Bogor dan Jakarta, tepatnya di daerah Cileungsi.

Taman Buah Mekarsari memiliki luas 264 hektar yang dipadati dengan berbagai macam tanaman, mulai dari bunga-bungaan, sayur-mayur, hingga tanaman unik hasil persilangan.

Tak sekdar tempat wisata, Taman Buah Mekarsari juga layak dijadikan tujuan wisata edukatif bagi si kecil.

Selain aneka ragam tanamn buah, si kecil juga dapat kamu ajak berkunjung ke Rumah Hobbit, bermain dengan kelinci di Rabit House, menunggang kuda, atau memberi makan kura-kura.

Selain itu, ada pula berbagai wahana yang bisa dinikmati, seperti flying fox, permainan halang rintang, hingga sepeda air. Anak-anak juga dapat merasakan keseruan dengan mendatangi arena bermain yang ada di Kids Fun Valley yang ada di sana.

Jungleland Adventure Theme Park

 

img_title
7 Tempat Wisata di Bogor Untuk Piknik Keluarga. (Foto : Wisataoke.com)

 

Jungleland Adventure Theme Park menjadi salah satu tempat wisata di Bogor yang wajib dikunjungi bersama keluarga. Taman bermain yang memiliki luas 35 hektar ini menyediakan 41 wahana seru yang dapat dijelajahi bersama-sama.

Objek wisata Bogor yang satu ini terbagi menjadi beberapa area, di antaranya Carnivalia, Explora dan Mysteria. Masing-masing area menawarkan penjelajahan yang beraneka ragamnya.

Bagi kamu yang hobi bermain air, kamu dapat bermain di curam jeram atau arus deras. Tapi, bagi kamu yang menyukai wahana pemicu adrenalin, kamu dapat mencoba wahana harvest time sarang burung. Sedangkan untuk kamu penyuka horor, kamu dapat berkunjung ke rumah jelangkung.

Selain itu, masih ada banyak lagi wahana permainan dapat dinikmati dengan santai, seperti bianglala atau jeep tour.

Ada pula area Explora yang menyajikan wisata edukatif berisi ekspedisi prasejarah yang akan membawa kamu berkeliling menyaksikan dinosaurus. Tak hanya itu, ada juga science centre yang menampilkan beragam fenomena ilmiah unik yang patut diketahui.

Wana Wisata Penangkaran Rusa Giri Jaya

 

img_title
7 Tempat Wisata di Bogor Untuk Piknik Keluarga. (Foto : Tokopedia.com)

 

Tempat wisata di Bogor yang satu ini berdiri sejak tahun 1993, di areal seluas 5 hektar yang dulunya dikenal dengan nama Penangkaran Rusa Cariu ini Anda dapat menghabiskan waktu bermain dan bercanda dengan rusa-rusa menggemaskan.

Di penangkaran yang terletak di Desa Buana Jaya ini dikembangbiakan beberapa jenis rusa, mulai dari Rusa Cheetal, Rusa Jawa, dan juga Rusa Bawean. Jika hendak ke sana membawa kendaraan pribadi, kamu diwajibkan memarkirkan kendaraan di tempat yang tersedia, lalu melanjutkan perjalanan melewati jembatan gantung yang terbentang di atas Sungai Cibeet untuk mencapai tujuan.

Jangan lupa untuk berhenti sebentar dan mengabadikan beberapa gambar ketika berada di atas jembatan tersebut, karena pemandangannya benar-benar menakjubkan.

Setibanya di kawasan penangkaran, maka kamu pun diperkenankan untuk memberi makan dan bermain dengan hewan-hewan tersebut, dan tentunya berfoto bersama. Kamu juga dapat membeli ubi yang dijual oleh petugas untuk memberi makan rusa.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Bogor yang ramah anak dan cocok untuk dijadikan destinasi piknik bersama keluarga. Semoga bermanfaat!