7 Tempat Wisata di Bandung, Dari Little Seoul sampai Ranca Upas

Kota Bandung
Kota Bandung (Foto : Traveloka)

AntvBandung sering diramaikan oleh pendatang yang ingin berlibur. Oleh karena itu, tempat wisata di Bandung selalu ramai oleh pengunjung, terutama saat akhir pekan atau musim liburan.

Bagi masyarakat Jawa, Bandung menjadi salah satu kota destinasi wisata selain Jakarta, Yogyakarta, Malang, atau Semarang. 

Bagaimana tidak? Bandung selalu meninggalkan kesan bagi para wisatawan. Keberagaman sampai keindahan di kota ini membuat mereka ingin kembali lagi dan menghabiskan waktu di ibu kota Jawa Barat tersebut.

Selain itu, tempat wisata di Bandung sangat beragam. Kamu dapat menemukan tempat wisata alam, bersejarah, maupun modern. 

Salah satu tempat wisata di Bandung yang menjadi ikon kota tersebut adalah Braga. Setidaknya, kamu harus mengunjungi tempat ini jika sedang datang ke Bandung.

Braga memiliki banyak tempat seperti café, restoran, hotel, dan toko pakaian. Desain gedung-gedung mereka yang tua dan klasik menjadi ciri khas dari tempat ini.

 

Lalu, tempat wisata di Bandung mana lagi yang harus kamu kunjungi? Berikut ini ANTV Klik telah merangkumnya untukmu! Ada tempat wisata alam sampai edukasi yang seru dan mendidik!

Saung Angklung Udjo

img_title
Saung Angklung Udjo. (Foto : Doyan Jalan)

Saung Angklung Udjo merupakan tempat wisata budaya sekaligus edukasi di mana kamu akan diperkenalkan dengan alat musik tradisional Jawa Barat yang terbuat dari bambu, yaitu angklung.

Di Saung Angklung Udjo, kamu bisa menyaksikan banyak pertunjukkan seni serta melihat beragam kerajinan bambu yang unik sekaligus keren.

Dalam pertunjukkan seni di Saung Angklung Udjo, kamu akan menyaksikan penampilan wayang golek, atraksi helaran, dan pertunjukkan tari topeng.

Namun, bagian paling seru di pertunjukkan Saung Angklung Udjo ini adalah angkung orkestra. Para seniman akan memainkan musik atau lagu dengan angklung. Alunan melodinya yang khas dari alat musik bambu itu akan membuatmu terkagum-kagum!

Tidak hanya itu, ANTV Lovers. Kamu bahkan diberi kesempatan untuk memainkan angklungmu sendiri. Setiap pengunjung akan dipinjamkan angklung dan kalian akan memainkan sebuah lagu dengan iringan dan bantuan seorang seniman!

Walaupun lokasinya di pusat kota, lingkungan Saung Angklung Udjo teduh dan asri oleh pepohonan rimbun. Tempat ini masih bisa diakses oleh kendaraan roda empat.  

Saung Angklung Ujdjo buka setiap hari pada pukul 08.00—17.00 WIB. Harga tiket masuknya beragam, mulai dari Rp60 ribu sampai Rp100 ribu. 

 

Tangkuban Parahu

img_title
Tangkuban Parahu. (Foto : twatangkubanparahu.com)

Tangkuban Parahu merupakan salah satu tempat wisata di Bandung lainnya yang wajib dikunjungi. Tangkuban Parahu adalah destinasi wisata alam yang berlokasi di bagian utara kota, yaitu Lembang. 

Tangkuban Parahu merupakan gunung berapi yang masih aktif. Kamu bisa melihat area bibir kawah dengan cukup dekat. Namun, karena tebingnya cukup curam kamu harus hati-hati dan tak diizinkan untuk melewati pagar yang terpasang.

Tangkuban Parahu yang lekat dengan legenda Sangkuriang ini mengandung banyak kekayaan alam fauna hingga flora. Selain itu, mereka menyediakan wahana lain seperti outbound, Taman Cinta, dan Taman Edukasi. 

Tangkuban Parahu buka setiap hari pada pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Biaya masuknya beragam sesuai status kependudukan, kendaraan, dan hari kunjungan.

Wisatawan lokal diharuskan membayar Rp20 ribu per orang, sedangkan wisatawan mancanegara Rp200 ribu. Motor dikenakan biaya Rp12 ribu, mobil Rp25 ribu, dan bus Rp110 ribu. 

Jika hari libur, biayanya akan sedikit berbeda. Wisatawan lokal diharuskan membayar Rp30 ribu, sedangkan wisatawan mancanegara Rp300 ribu. Motor dikenakan biaya Rp17 ribu, mobil Rp35 ribu, dan bus Rp150 ribu. 

 

Trans Studio Bandung

img_title
Trans Studio Bandung. (Foto : wisatabdg.com)

Ingin ke tempat wisata yang lebih modern dan tertutup? Maka Trans Studio Bandung adalah pilihannya!

Trans Studio Bandung merupakan taman bermain dalam ruangan (indoor theme park) terbesar di Indonesia. TSB memiliki banyak wahana dengan tema yang beragam. Ada wahana bagi anak-anak sampai wahana pemacu adrenalin. 

TSB berlokasi di Trans Studio Mall di Jalan Gatot Subroto, Bandung. TSB buka setiap hari pukul 10.00 sampai 21.00 WIB. Biaya tiket TSB cukup mahal, yaitu Rp200 ribu untuk hari kerja dan Rp300 ribu untuk akhir pekan.

 

Lembang Park & Zoo

img_title
Lembang Park & Zoo. (Foto : kelanamakan.com)

Lembang Park & Zoo tergolong destinasi wisata baru yang berlokasi di Lembang, Jawa Barat. Namun, tempat wisata ini sukses menarik perhatian banyak pengunjung dengan banyak fasilitas sampai wahana yang disediakan.

Seperti namanya, Lembang Park & Zoo merupakan kebun binatang sekaligus taman rekreasi. Namun, konsepnya yang modern dan penuh warna menjadikan ini tempat wisata populer di kota Bandung. 

Lembang Park & Zoo mengoleksii banyak jenis hewan. Namun, salah satu ikon terkeren di tempat ini adalah Bird Aviary, di mana kamu bisa menemukan beragam jenis burung cantik. Di sini, kamu bisa berfoto dan memberi makan burung yang ada.

Lembang Park & Zoo juga memiliki tempat istimewa bagi pecinta kucing, yaitu Neko Cat Café. Di sini, kamu bisa bermain dengan kucing-kucing berbagai ras!

Lembang Park & Zoo buka setiap hari pada pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Namun, pada akhir pekan (Sabtu dan Minggu) tempat ini buka pukul 08.00—18.00 WIB.

Harga tiket Lembang Park & Zoo pun berbeda sesuai harinya. Pada hari kerja (Senin—Jumat), mereka mematok harga tiket senilai Rp50 ribu. Pada akhir pekan, pengunjung diharuskan membayar Rp70 ribu. 

 

Kawah Putih Ciwidey

img_title
Kawah Putih Ciwidey. (Foto : Kompas.com)

Kawah Putih Ciwidey merupakan tempat wisata alam lainnya yang patut kamu kunjungi. Tempat wisata ini merupakan danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. 

Nama tempat wisata ini diambil dari tanah di lokasi yang berwarna putih. Warna putih ini sendiri berasal dari pencampuran unsur belerang. Pemandangan Kawah Putih Ciwidey pun semakin indah dengan air danau yang berwarna putih kehijauan. 

Seperti Tangkuban Parahu, Kawah Putih Ciwidey memiliki aroma belerang yang sangat kuat. Maka, sebagai antisipasi kamu dapat membawa masker mulut. 

Kawah Putih Ciwidey buka setiap hari pada pukul 07.00—17.00 WIB. Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal Rp28 ribu, sedangkan untuk wisatawan asing Rp81 ribu. 

 

Kampung Cai Ranca Upas

img_title
Kampung Cai Ranca Upas. (Foto : tempat wisata di bandung)

Kampung Cai Ranca Upas adalah tempat wisata alam lainnya yang berlokasi di Lembang, Jawa Barat. Tempat wisata ini memiliki banyak pilihan wahana, tetapi yang menjadi ciri khasnya adalah penangkaran rusa!

Kampung Cai Ranca Upas dikelilingi oleh kawasan hutan lindung yang juga menjadi habitat bagi hewan rusa. Di sini, kamu bisa berfoto dan memberi makan rusa dengan wortel seharga Rp10 ribu.

Selain penangkaran rusa, Kampung Cai Ranca Upas juga memiliki wahana outbound sampai paint ball bagi kamu pecinta adrenalin. Tempat ini juga dilengkapi fasilitas camping, tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu dengan teman maupun keluarga. 

Kampung Cai Ranca Upas buka setiap hari pada pukul 07.00—17.00 WIB. Harga tiket masuk pada hari biasa maupun akhir pekan adalah Rp27 ribu. Untuk camping ground, kamu akan dikenakan biaya Rp15 ribu per orang.

Kampung Cai Ranca Upas juga memiliki fasilitas igloo tent, yang pada hari biasa dikenakan biaya Rp700 ribu per tenda, sedangkan saat akhir pekan Rp900 ribu per tenda.

 

Little Seoul

img_title
Little Seoul. (Foto : myedisi.com)

Ingin ke Korea Selatan, tapi belum juga kesampaian? Mungkin kamu bisa merasakan sedikit sensasinya dulu di Little Seoul, tempat wisata sekaligus restoran yang berlokasi di kota Bandung.

Little Seoul ini berada di Chingu Café, yaitu restoran yang mengusung konsep dan tema ala Negeri Ginseng Korea Selatan. Dekorasinya yang Instragramable menjadikan tempat ini patut diabadikan dengan foto maupun video. 

Tidak hanya menyajikan dekorasi tempat dan suasana Korea Selatan, mereka juga menawarkan kuliner khas Korsel yang autentik dan lezat. Namun, tenang saja karena semua menu mereka halal. Harganya pun cukup terjangkau, bersikar antara Rp20 ribu sampai Rp100 ribu. 

Little Seoul Bandung buka setiap hari pada pukul 10.00—22.00. Karena Little Seoul adalah restoran, kamu tidak perlu membayar tiket masuk.

 

10 tempat wisata ini hanya sebagian saja dari banyaknya destinasi yang ada di kota Bandung. Maka, tertarik kah kamu untuk datang ke sana?