14 Cara Menghilangkan Cegukan, Bisa Dilakukan dan Dijamin Manjur

cegukan
cegukan (Foto : Freepik)

Antv – Cara menghilangkan cegukan sangat mudah dilakukan. Tentunya hampir setiap orang pernah mengalami cegukan. Meski cegukan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit, namun cegukan ini dapat mengganggu baik saat makan atau berbicara. 

Tidak banyak penelitian yang dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas berbagai obat dari cegukan ini. Namun, banyak dari mereka percaya dan didukung oleh bukti anekdot selama berabad-abad. Selain itu, beberapa pengobatan paling populer sebenarnya dengan merangsang saraf vagus atau frenikus terhubung ke diafragma.

Lalu bagaimana cara menghilangkan dari cegukan ini? Yuk simak ulasannya di bawah ini seperti yang telah dihimpun dari berbagai sumber. 

Penyebab Terjadinya Cegukan

img_title
Cegukan. (Foto : Freepik)

 

Cegukan bisa terjadi ketika diafragma mulai kejang tanpa sadar. Diafragma sendiri ialah otot besar yang membantu dalam bernapas masuk dan keluar. Saat kejang, kamu menarik napas secara tiba-tiba dan pita suara akan menutup yang kemudian menyebabkan suara khas.

 

Cegukan sering datang lalu pergi dengan cepat. Faktor gaya hidup juga dapat menjadi salah satu hal yang menyebabkan cegukan meliputi, yakni makan terlalu banyak/terlalu cepat, minuman berkarbonasi, makan pedas, sedang stres atau bersemangat secara emosional, minum alcohol, dan terkena perubahan suhu dengan cepat. 

Cara menghilangkan cegukan

Lalu bagaimana dengan cara menghilangkan cegukan ini? Di bawah ini merupakan kiat untuk serangan cegukan secara singkat, sedangkan untuk yang memiliki cegukan kronis yang dapat terjadi selama 48 jam, maka disarankan untuk menemui dokter terkait. 

1. Menahan Napas 

img_title
Ilustrasi tahan napas. (Foto : VIVA)

 

Cara pertama yang bisa dilakukan ialah dengan menahan napas. Menahan napas jadi salah satu cara yang paling populer untuk menghilangkan cegukan yang kamu alami. 

Caranya cukup mudah, kamu bisa menarik napas sedalam mungkin dan menahannya selama 10 - 20 detik, lalau hembuskan perlahan. Selain itu, kamu bisa juga melakukan teknik pernapasan tertentu.

Cobalah untuk menarik napas selama 5 detik dan mengembuskannya selama 5 detik. Ulangi kedua metode tersebut sampai cegukan bisa menghilang. 

2. Menekan Diafragma

img_title
Ilustrasi diapragma. (Foto : halo doc)

 

Cara menghilangkan ceguka kedua yang bisa dilakukan ialah dnegan cara menekan diafragma. Diafragma sendiri terletak di antara perut dan dada. Cara yang satu ini dipercaya bisa membantu diafragma lebih rileks. Namun, sangat disarankan untuk meghindari menekan terlalu keras karena bisa berdampak fatal. 

3. Duduk Memeluk Lutut

img_title
Peluk lutut. (Foto : Freepik)

 

Cara berikitnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan memeluk lutut. Caranya sangat mudah dan terdengar simpel, kamu perlu melakukan sebuah gerakan dan posisi pada tubuh kamu.

Caranya, kamu cukup duduk dengan posisi kaki ditekuk. Lalu peluklah lutut sambil mencondongkan badan ke depan seperti posisi akan meringkuk. Tahan posisi tersebut selama kira-kira 2 menit. Posisi ini bisa memberikan tekanan pada area diafragma agar udara yang terjebak bisa keluar nantinya.

4. Menutup Hidung 

img_title
tutup hidung. (Foto : Freepik)

 

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan menutup bagian hidung, hal ini mungkin menjadi salah satu alternatif yang cukup lazim digunakan oleh orang dalam menghilangkan cegukan. Caranya, kamu cukup menutup hidunh sambil minum air putih sampai cegukan akan mereda. 

5. Bernapas dengan Kantung Kertas

img_title
Bernapas dengan Kantung Kertas. (Foto : Freepik)

 

Berikutnya kamu bisa menggunakan dengan cara bernapas menggunakan kantung kertas. Caranya cukup simpel, kamu cukup sipakan kantung kertas kosong yang cukup kuat tentunya. Lalu tempelkan leher kantung kertas tersebut ke bagian mulut dan hidung (jangan seluruh wajah). 

Pastikan juga bahwa mulut dan hidung kamu sudah tertutupi oleh kantung kertas. Lalu, bernapaslah dalam kantong tersebut. Tanpa kamu sadari, lama kelamaan kamu akan menghirup karbon dioksida, otot-otot diafragma tadinya berkontraksi pun akan melemas kembali. 

Tapi, sebaiknya kamu tidak menggunakan kantong plastik dalam melakukan metode ini, sebab hal ini justru bisa menempel di mulut dan hidung ketika mengambil napas. 

6. Makan Selai Kacang 

img_title
Selai kacang. (Foto : Freepik)

 

Cara menghilangkan cegukan yang selanjutnya yakni dengan memakan sesendok selai kacang. Kualitas lengket dari selai kacang ini memaksa kamu untuk menggerakkan bagian mulut, mengganggu pola menelan juga bernapas, juga cukup membuat diafragma kembali ke jalurnya dan menghentikan cegukan yang terjadi. 

7. Gula 

img_title
Ilustrasi gula. (Foto : Pixabay)

 

Berikutnya bisa dengan gula, caranya dengan mengulum atau mengemut jenis gula batu atau sesendok gula pasir nyatanya bisa menjadi salah satu cara menghilangkan cegukan. Pasalnya, gula dapat merangsang otot diafragma. 

Caranya tentu sangat mudah, kamu cukup mengulum gula selama 5 menit saja, lalu kamu bisa telan atau dikeluarkan kembali.

8. Menjulurkan Lidah 

img_title
Julurkan lidah. (Foto : Pixabay)

 

Cara yang bisa kamu lakukan berikutnya ialah dengan menjulurkan lidah, hal ini karena akan merangsang nasofaring dan saraf vagus. Saraf ini nantinya mempengaruhi otot-otot mulut, tenggorokan, dan mengatur kontraksi yang terjadi pada bagian diafragma. 

9. Es batu 

img_title
Es Batu. (Foto : Pixabay)

 

Cara kesembilan untuk menghilangkan cegukan dengan cepat ialah dengan mengusapkan es batu pada tenggorokan kamu secara perlahan. Metode ini bisa membantu saraf kamu menjadi lebih santai, maka cegukan pun bisa menghilang.

10. Minyak Kayu Putih

img_title
minyak kayu putih. (Foto : VIVA)

 

Metode berikut yang bisa kamu lakukan ialah dengan menggunakan minyak kayu putih. Caranya sangat mudah, kamu cukup oleskan kayu putih ke bagian leher dan perut. Seba minyak atsiri dan sensasi panasnya tersebut bisa menjadi salah satu cara dalam neghilangkan cegukan.

11. Jeruk Nipis 

img_title
Jeruk nipis. (Foto : Pixabay)

 

Jeruk nipis mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kamu, juga dapat menjadi cara menghilangkan cegukan. Caranya sangat mudah, yakni dengan meminum langsung air perasan jeruk nipis yang diperas langsung di mulut. 

12. Minum Air

img_title
Minum air putih. (Foto : VIVA)

 

Cara berikutnya ialah dengan meminum air, hal ini bisa menjadi salah satu metode cukup mudah yang bisa kamu lakukan. Agar cara yang satu ini efektif, disarankan bagi kamu untuk menelan banyak air dalam sekali tegukan.

13. Memijat Telapak Tangan

img_title
ilustrasi pijat telapak tangan. (Foto : Pixabay)

 

Cara simpel dan mudah berikutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan memijat telapak tangan. Caranya sangat gampang, yakni dengan tekan telapak tengan kamu menggunakan ibu jari tangan lainnya.  

Kamu juga bisa menekan telapak tangan di bagian bawah ibu jari, yakni yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk kamu. Jika tekanan pada telapak tangan kamu menimbulkan sedikit rasa sakit, hal ini berarti adanya gangguan yang memengaruhi sistem saraf. 

Lakukan cara yang satu ini dalam beberapa kali, hal itu agar cegukan yang kamu alami dapat segera hilang sepenuhnya.

14. Menutup kedua telinga 

img_title
menutup kedua telinga. (Foto : Freepik)

 

Cara yang berikutnya yang bisa kamu lakukan ialah dengan menutup kedua telinga, cara ini dipercaya mampu dalam menghilangkan cegukan. Caranya pun terbilang sangat simpel, kamu cukup menutup kedua telinga dengan menggunakan jari tangan selama 20 - 30 detik. 

Kamu juga bisa menekan pada area lunak, yakni yang berada pada belakang cuping telinga yang tepat berada di bawah pangkal tengkorak. Cara yang satu ini diyakini bisa mengirimkan sinyal rileks lewat saraf vagus yang terhubung ke diafragma, sehingga cegukan bisa hilang.

Pengobatan Alternatif yang Bisa Dilakukan

Jika cara tadi dirasa belum puas atau ingin mencari cara yang lain, beberapa alternatif berikut ini bisa kamu lakukan. Berikut cara alternatifnya yang dapat kamu coba yang dikutip dari greatest dalam VIVA.

Akupunktur, menempelkan beberapa jarum ke dalam tubuh kamu mungkin tampak seperti solusi yang ekstrem. Tapi, sebuah laporan kasus di tahun 2020 mencatat bahwa akupunktur ekstrakranial (akupunktur di sekitar kepala) membuat cegukan hilang terhadap satu pasien. 

Hipnoterapi, jika kamu benar berjuang untuk melepaskan diri dari cegukan, hipnosis mungkin berhasil, menurut beberapa literatur medis dari tahun 1985. Kamu mungkin memperhatikan perbedaannya.

Cara Mencegah Cegukan

img_title
cegukan. (Foto : Freepik)

 

Kasus umum terjadinya cegukan yakni dipicu oleh faktor gaya hidup, biasanya dapat dicegah dengan melakukan beberapa perubahan pada kebiasaan kurang baik tersebut. Kalau kamu melihat perilaku tertentu yang bisa menyebabkan cegukan, berikut adalah beberapa hal yang bisa dicoba untuk mencegahnya. 

-Makan dalam jumlah lebih sedikit per porsi 

-Makan lebih lambat 

-Hindari makan pedas 

-Lebih sedikit munuman alkohol 

-Hindari minuman yang berkarbonasi

-Berlatih teknik relaksasi, (pernapasan dalam atau meditasi untuk mengurangi stress). 

Cegukan ini sangat umum terjadi pada setiap orang. Cegukan ini tentu akan tidak nyaman, tetapi biasanya hanya terjadi singkat, dan tidak berbahaya juga buat kamu. 

Cegukan biasa terjadi dalam ledakan yang singkat dan segera mereda atau menghilang. Akan tetapi, jika cegukan bertahan lama, baiknya untuk mencari nasihat rai medis atau konsultasi dengan dokter tertentu. 

Kalau tidak, kamu bisa melatih teknik pernapasan, tentukan titik-titik tekanan tersebut, dan jangan terburu-buru makan dan minum sesuatu. 

Itulah beberapa cara menghilangkan cegukan yang bisa dicoba jika kamu mengalami hal demikian. Kalau kamu tidak ingin mengalami cegukan, maka hindari munuman alkohol dan bersoda, hindari juga makanan pedas, serta makan juga minum secara perlahan.