Masuk Islam di Akhir Hayat, Apakah Diterima? Begini Kata Buya Yahya

Buya Yahya
Buya Yahya (Foto : YouTube @Al-Bahjah TV)

Antv – Buya Yahya melalui unggahan chanel YouTube Al-Bahjah TV menerangkan tentang bagaimana jika seseorang masuk Islam namun di akhir hayatnya. 

Hal itu terungkap dari salah satu jemaah yang menanyakan tentang hal tersebut. Ia bertanya tentang ada seorang ibu yang semasa hidupnya tidak beragama Islam, namun pas sakit dan masa sekarat ia dituntun oleh anaknya untuk masuk Islam.

“Beruntung jika ada orang sepanjang hidupnya tidak kenal Islam tapi ujung-ujungnya kenal Islam, beruntung di ujung kehidupannya. Husnul khotimah, syahadat-nya diterima, masuk Islam penghapus dosa-dosanya, Iya diterima Islamnya,” ungkap Buya Yahya dalam YouTube Al-Bahjah TV dilansir Senin, 26 September 2022. 

img_title
Buya Yahya. (Foto : YouTube @Al-Bahjah TV)

 

“Ada pun masalah merawatnya itu kewajiban kita yang hidup, selagi dia yang muslim maka kita wajib merawat dia sebagai mana seorang muslim, ia telah bersyahadat malaupun belum salat, ya kita mandikan kita kafani dan kita salati dengan catatan kalau bisa,” sambung Buya. 

Meski demikian, Buya Yahya pun mengatakan kalau merawat jenazah yang sudah mati itu memang kewajiban bagi yang hidup. Tapi, jika mayat tersebut tidak ada atau menghilang atau tidak bisa dimandikan kerena keluarga satunya memiliki agama yang lain, maka tak perlu dipaksa.