12 Cara Menghilangkan Karang Gigi, Sangat Mudah dan Murah

karang gigi
karang gigi (Foto : VIVA)

Antv – Cara menghilangkan karang gigi sebenarnya cukup mudah dilakukan dengan memakai bahan yang gampang ditemukan disekitar. Karang gigi ini memang kerap jadi sebuah masalah yang cukup disepelekan.

Padahal, jika kita dilihat lebih jauh bahwa karang gigi ini dapat mengakibatkan penyakit bahkan kerusakan pada gigi secara permanen lho. Di gejala yang ringan, gangguan yang satu ini bisa diatasi dengan langkah yang cukup sederhana.  

Gigi dan mulut sendiri merupakan satu kesatuan yang termasuk pada sistem pencernaan. Kedua elemen ini tentu harus dijaga dan dirawat dengan baik, sebab melakukan kontak langsung dengan beragam jenis makanan dan minuman setiap harinya. 

Jika kamu lalai dalam menjaga kebersihan ini, sisa kotoran dari makanan dan minuman tentu akan menempel di gigi.  Tak hanya itu, Plak yang diakibatkan oleh penumpukkan sisa makanan dan minuman tadi nanti akan berkembang lalu membentuk karang gigi. 

Kemudian, bakteri yang menumpuk pada area tersebut nantinya akan berkembang dan menjadi lebih banyak (berkembangbiak) dan menghasilkan berupa zat asam.

Zat tersebut nantinya bisa merusak enamel pada gigi hingga mengakibatkan berbagai kerusakan pada bagian gigi. Karang gigi juga dapat mendatangkan beragam kesehatan pada mulut serta mengakibatkan penyakit gusi.

 

Lalu bagaimana cara untuk menghilkangkan karang gigi ini? Yuk simak ulasannya di bawah ini seperti yang telah dihimpun dari VIVA dan berbagai sumber yang lainnya. 

1. Rajin Sikat Gigi

img_title
Sikat Gigi. (Foto : Pixabay)

 

Cara pertama ini mungkin sudah banyak orang yang mengetahuinya, namun sekeder mengingat kembali, bahwa dengan rajin menyikat gigi bisa jadi salah satu cara untuk menghilangkan karang gigi lho.

Caranya dengan melakukannya sebanyak dua kali sehari, yakni sesudah sarapan dan sebelum tidur. Setidaknya lakukan sikat gigi ini selama dua menit saja. 

Pastikan juga untuk menyikat gigi kamu sampai menjangkau seluruh permukaan gigi di mulut. Teruntuk masing-masing bagian, yaitu kanan, kiri, depan, belakang, dan lakukan selama 30 detik saja. 

2. Soda Kue atau Baking Soda

img_title
Ilustrasi baking soda atau soda kue. (Foto : VIVA)

 

Cara menghilangkan karang gigi kedua yang bisa kamu lakukan ialah dengan menggunakan soda kue atau yang biasa disebut Baking Soda. Soda gue ini akan menghilangkan plak tanpa merusak email gigi. Sebuah studi memperlihatkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue mungkin akan lebih efektif untuk mengurangi jumlah plak di dalam mulut ketimbang pasta gigi konvensional. 

Soda kue juga dapat melindungi dari demineralisasi, yaitu proses kimia yang menghilangkan kalsium dari email gigi. Hal tersebut karena soda kue ini memiliki pH tinggi yang bisa membantu untuk menyeimbangkan tingkat pH di dalam mulut dan mencegah hilangnya enamel di gigi. 

Menggunakan bahan ini cukup efektif, karena memiliki sifat antimikroba yang bisa mencegah kerusakan pada gigi. Bahkan, dalam penelitian lain memperlihatkan bahwa baking soda ini bisa secara signifikan mengurangi jumlah dari Streptococcus mutans. 

3. Bersihkanlah dengan Benang

img_title
Benang gigi. (Foto : Pixabay)

 

Cara berikutnya adalah dengan melakukan pembersihan lebih detail dengan memakai benang gigi. Tujuannya adalah untuk membersihkan plak yang terletak di sela-sela gigi. 

Benang juga bisa menjangkau sela-sela gigi yang tak dapat dijangkau oleh sikat gigi. Kamu dapat melakukan cara yang satu ini setelah menyikat gigi untuk hasil yang maksimal.

4. Berkumur dengan Minyak Kelapa

img_title
Ilustrasi minyak kelapa. (Foto : VIVA)

 

Berikutnya ialah dengan cara berkumur menggunakan minyak kelapa. Sebab, minyak air kelapa ini mengandung antioksidan dan asam laurat yang bisa membantu untuk membasmi bakteri jahat yang terdapat di dalam mulut kamu. 

Caranya sangat mudah, kamu cukup berkumur dengan takaran satu sendok makan minyak kelapa, lakukan selama 5 sampai 10 menit.

5. Konsumsi Buah dan Sayur

img_title
Buah dan sayur. (Foto : Pixabay)

 

Cara menghilangkan karang yang berikutnya ialah dengan menggunakan hal paling sederhana, yakni tentang makanan yang dikonsumi. Dianjurkan untuk memakan dan memperbanyak untuk mengkonsumsi buah dan sayuran.

Pasalnya, buah dan sayuran ini akan membantu dalam meningkatkan produksi air liur. Sementara itu, air liur memiliki fungsi untuk membilas kotoran di mulut, yakni sisa-sisa makanan, sampai bakteri di dalam mulut kamu. 

6. Berhenti Merokok

img_title
berhenti merokok. (Foto : Pixabay)

 

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan ialah dengan berhenti merokok, pasalnya rokok ini memiliki kandungan kimia yang justru bisa memicu pembentukan karang gigi semakin banyak, bahkan karang gigi.

Maka, berhenti merokok merupakan salah satu cara yang tepat untuk membantu menghilangkan karang gigi. Mulailah perlahan dan jangan ada keraguan untuk meminta bantuan dari keluarga atau kerabat dekat untuk berhenti merokok. 

7. Perbanyak Minum Air Putih

img_title
Minum air putih. (Foto : VIVA)

 

Cara menghilangkan karang gigi berikutnya iaalah dengan banyak minum air putih, sebab hal ini bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Pasalnya, jika banyak minum air putih bisa membantu dalam meningkatkan produksi air liur di dalam mulut. 

Air liur berfungsi dalam menjaga kelembaban mulut juga meluruhkan plak serta sisa-sisa makanan yang ada di terdapat di gigi. Lalu, enzim yang terkandung dalam air liur pun dapat membantu melawan bakteri penyebab infeksi di mulut lho.

8. Gunakan Obat Kumur

img_title
Obat kumur. (Foto : Pixabay)

 

Cara berikutnya ialah dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur sendiri dinilai bisa merontokkan kotoran sisa makanan yang menempel pada gigi. 

Selain itu, pemakaian obat kumur pun bermanfaat dalam membantu aroma napas kamu jadi lebih segar. Tapi, jika ingin memperoleh manfaatnya dengan baik, maka hindari obat kumur yang mengandung alkohol. 

9. Bersihkan Lidah

img_title
Bersihkan lidah. (Foto : Pixabay)

 

Bahwa 50 persen bakteri yang ada di dalam mulut ternyata bersarang pada permukaan lidah. Oleh sebab itu, bersihkan lidah kamu ini dan harus menjadi bagian dari rutinitas tiap harinya. 

Sebab, sampurkan air liur dan bakteri yang bisa membentuk plak di atas permukaan lidah. Tapi sayang, plak tersebut tidak dapat dihilangkan hanya dengan membilasnya dengan air biasa atau berkumur dengan obat kumur. 

Tapi, cara paling terbaik untuk menghilangkan plak yang menempel di permukaan lidah adalah dengan menyikat bagian lidah itu sendiri. Gosoklah bagian lidah dari pangkal lidah paling dalam lalu tarik perlahan ke bagian depan dalam satu gerakan saja. 

Jangan digosok bolak-balik ya. Ulangi cara tersebut beberapa kali, sampai lidah kamu benar bersih atau terasa kesat. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian samping lidah kamu ya.

10. Daun serta Buah Jambu Biji

img_title
Jambu Biji. (Foto : VIVA)

 

Cara yang satu ini mungkin masih sedikit orang yang mengetahuinya, bahwa jenis buah ini ternyata bisa membantu dalam menghilangkan karang gigi lho. Sebab, perpaduan daun juga buah jambu biji ini sangat efektif dalam membersihkan karang gigi. 

Caranya sangat mudah, kamu cukup mengambil lalu mencuci beberapa lembar daun jambu biji, kunyah, lalu buang.  Tak hanya itu, kamu juga diharuskan untuk memakan jambu biji mentah dengan ditaburi sedikit garam.

Jambu biji ini oleh sebagian orang dikenal bisa meredakan masalah gusi, hal itu lantaran mempunyai sifat anti-inflamasi. Cara itu akan membantu dalam mengurangi pembengkakan dan nyeri pada gusi kamu.

11. Hindari Minuman dan Makanan Manis

img_title
Ilustrasi munuman dan makanan manis. (Foto : Pixabay)

 

Menghindari minuman dan makanan manis bisa kamu lakukan untuk menghilangkan karang gigi secara alami. Sebab, kandungan gula pada makanan manis bisa merusak gigi kamu lho. Tapi, kamu bisa saja sesekali mengkonsumsinya dan tidak keseringan bahkan jadi kebiasaan.

Setelah mengonsumsi minuman dan makanan manis ini, tentunya kamu harus segera menyikat gigi dengan teknik yang baik juga benar. 

12. Minum Jus Lemon 

img_title
Ilustrasi jus lemon. (Foto : Pixabay)

 

Cara menghilangkan karang gigi yang terakhir ialah dengan minum jus lemon, sebab hal ini setidaknya menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan dalam mempersihkan plak di gigi.

Tapi, sebaiknya kamu jangan terlalu sering meminumnya ya. Hal ini karena kadar asam yang terdapat pada lemon memiliki efek buruk kalau digunakan secara berlebihan dan secara terus menerus. 

Itulah 12 cara untuk menghilangkan karang gigi dengan sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah.