Kok Ular Bisa Menelan Mangsa yang Lebih Besar dari Kepalanya?

Kok Ular Bisa Menelan Mangsa Yang Lebih Besar Dari Kepalanya?
Kok Ular Bisa Menelan Mangsa Yang Lebih Besar Dari Kepalanya? (Foto : Foto pribadi : Yustinus Bagus)
Perlu diketahui bahwa ular merupakan predator sejati, dengan kemampuan beradaptasinya untuk berburu dan mencerna makanan.

Antv – Salah satu kehebatan ular adalah tidak memangsa makanan lain selain mangsanya. Bahkan ular mampu bertahan dalam cuaca yang sangat ekstrim sekalipun, oleh sebab itu, ular dapat di temukan mulai di dalamnya laut sampai ke lereng–lereng gunung yang terjal.

Ular termasuk dalam hewan berdarah dingin yang sering disebut reptil, sehingga ular mampu memanfaatkan sinar matahari untuk menaikkan suhu tubuhnya.

Hal ini dilakukan ular guna membantu proses metabolisme, maupun dalam hal membantu mencerna makanannya.

Bahkan dengan memiliki metabolisme yang lambat, ular memiliki kemampuan bertahan hidup tanpa makan selama beberapa hari.

Ular sangat rentan saat makan, karena ular akan mengalihkan sebagian besar dari sistem pertahanannya untuk tugas menelan.

Selanjutnya seekor ular akan terlihat menjadi tidak aktif selama proses mencerna makanannya itu. Tetapi jika terganggu selama proses tersebut, ular cenderung akan memuntahkan makanannya.

Perlu diketahui, ular tidak memiliki sistem pencernaan yang cepat seperti kita manusia. Ular pun tidak mengunyah makanannya, sehingga butuh waktu lebih lama untuk "memecah"nya guna keperluan tubuh.