Kenapa Salmon Rela Mati Demi Mencapai Hulu Sungai?

KENAPA SALMON RELA MATI DEMI MENCAPAI HULU SUNGAI?
KENAPA SALMON RELA MATI DEMI MENCAPAI HULU SUNGAI? (Foto : istock)
Antv –  Migrasi ini dilakukan demi memastikan telur-telur mereka dapat menetas dan cukup waktu untuk tumbuh menjadi dewasa dan kembali ke laut.
Perlu diketahui, bahwa ikan salmon tergolong dalam ikan anadromous, yang berarti mereka lahir di air tawar, lalu bermigrasi ke laut atau air asin untuk menghabiskan sebagian besar kehidupan dewasa, dan kemudian kembali ke air tawar lagi untuk bereproduksi, atau bertelur.
Migrasi Salmon
Salmon muda memiliki kemampuan mengingat “bau” aliran sungai dimana mereka menetas, hingga saat mereka bermigrasi ke hilir atau laut. Maka saat salmon ini ingin kembali ke tempat asal kelahiran mereka meski sudah bertahun-tahun di laut, mereka akan menggunakan kemampuan mengenali “bau” itu untuk menemukan aliran air sungai menuju rumah mereka, dengan cara menguji setiap aliran air sungai yang ada. Jika mereka salah atau tidak mengenali “bau” itu, maka salmon akan mencari aliran sungai yang tepat.
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa salmon menggunakan medan magnet bumi untuk memandu migrasi mereka. Hal ini dapat membantu mereka melakukan perjalanan jarak jauh dan memahami ke mana mereka pergi, bahkan intensitas dan kemiringan medan magnet bumi membantu salmon menyesuaikan diri.
Beberapa hal itu merupakan sifat yang diturunkan secara genetik oleh sang induk salmon, yang berarti mereka tidak perlu mempelajarinya dari ikan lain. Seperti contohnya, banyak salmon yang ditemukan bertelur di Seattle berasal dari Alaska, bahkan  beberapa dari mereka juga melakukan perjalanan migrasi jauh ke Jepang.
Reproduksi salmon