Seperti Wanita, Ternyata Pria juga Punya Usia Emas untuk Punya Anak

Waktu terbaik pria untuk memiliki anak
Waktu terbaik pria untuk memiliki anak (Foto : Pixabay)

Antv – Sebagian besar orang menikah untuk memiliki keturunan. Namun, bagi pria ternyata ada waktu yang dianggap tepat untuk memiliki buah hati.

Dilansir dari laman Times of India, Kamis, 22 September 2022, berikut penjelasan di usia berapa pria tepat untuk mempunyai anak dan di waktu kapan pria mengalami masa subur.

Usia dan kesuburan pria

Pria sering berpikir usia mereka tidak masalah dalam hal memiliki anak dan jam biologis hanya penting untuk ibu yang melahirkan anak. Namun, jumlah dan kualitas sperma menurun seiring bertambahnya usia Anda.

Dari sudut pandang biologis, para ahli merekomendasikan seorang pria paling cocok untuk menjadi ayah dari usia akhir 20-an hingga awal 30-an. Masih mungkin bagi pria untuk menjadi ayah seorang anak berusia 50-an dan lebih tua.

Menurut Guinness World Records, pria tertua yang menjadi ayah seorang anak berusia 92 tahun pada saat kelahiran. Namun, para peneliti telah menemukan usia seorang pria dapat mempengaruhi peluang pasangan untuk hamil. Pria berusia di atas 40 tahun memiliki kemungkinan sukses yang lebih rendah.

Jam biologis pria

Pria biasanya tidak pernah berhenti memproduksi sperma tetapi itu tidak berarti mereka tidak memiliki jam biologis seperti wanita. Seiring bertambahnya usia pria, spermanya mengalami mutasi genetik yang meningkatkan kemungkinan DNA spermanya rusak.