Mudah dan Murah! 10 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Bahan Alami

Cara Menghilangkan Ketombe
Cara Menghilangkan Ketombe (Foto : Getty Images/ Prostock-studio)

Antv – Ketombe adalah salah satu permasalahan rambut yang dialami banyak orang. Keberadaannya sangat mengganggu penampilan. Maka diperlukan berbagai cara menghilangkan ketombe yang ampuh dan mudah untuk dilakukan.

Pasalnya, keberadaan ketombe selain mengganggu penampilan juga dapat mengganggu aktivitas. Tak hanya serpihannya yang menyebabkan noda putih pada pakaian, rasa gatal yang ditimbulkan juga membuat seseorang kehilangan rasa percaya diri.

Rupanya, permasalahan ketombe dapat diatasi dengan bahan-bahan alami yang dapat kamu temui di rumah dan dilakukan dengan cara-cara yang mudah. Berikut ini beberapa cara menghilangkan ketombe dengan bahan alami yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Tea Tree Oil

 

img_title
Cara Menghilangkan Ketombe. (Foto : Freepik/ yanadjana)

 

Salah satu cara menghilangkan ketombe dapat dilakukan dengan menggunakan tea tree oil atau minyak pohon teh. Minyak jenis ini sejak dulu sudah dikenal ampuh untuk menangani berbagai permasalah kulit, termasuk ketombe di kulit kepala.

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Society for Microbiology telah membuktikan bahwa tea tree oil bermanfaat sebagai antimikroba dan anti peradangan. Minyak ini juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan ketombe.

Selain itu, dalam studi yang dipublikasikan oleh American Journal of Clinical Dermatology, tea tree oil juga mampu melawan jamur penyebab ketombe serta dermatitis seboroik secara efektif.

Pada penelitian lainnya yang dimuat dalam Journal of the American Aacademy of Dermatology, tea tree oil sebanyak 5 persen yang terkandung dalam sampo mampu mengatasi masalah ketombe hingga 41 persen.

Untuk mengatasi ketombe, campurkan tea tree oil sebanyak 2-3 tetes dan minyak kelapa dengan perbandingan yang sama. Kemudian, teteskan minyak pada kapas dan aplikasikan langsung ke kulit kepala untuk membasmi jamur penyebab infeksi.

Cara ini dapat dilakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Namun, pastikan terlebih dahulu apakah kulitmu sensitif terhadap minyak jenis ini agar tidak terjadi iritasi pada kulit kepalamu.