12 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Ilustrasi bekas jerawat
Ilustrasi bekas jerawat (Foto : Pixabay)

Antv – Cara menghilangkan bekas jerawat menjadi hal yang paling banyak dicari oleh orang, terlebih kaum wanita. Hal tersebut dikarenakan biasanya wanita menginginkan kulit yang tetap terlihat bersih, sehat, dan mulus dengan tanpa ada jerawat. 

Maka, jika ada jerawat yang timbul pada permukaan wajahnya, mereka akan mencari cara menghilangkan jerawat tersebut dan cara menghilangkan bekas jerawat di wajah mereka.

Meski nyatanya bekas jerawat tersebut bisa hilang dengan sendirinya, namun tak jarang ada juga bekas jerawat yang tidak bisa hilang jika tidak ada perawatan dengan baik.  Seperti yang diketahui, bahwa permasalahan kulit pada wajah berjerawat memang kerap dialami oleh sejumlah orang.

Nyatanya, jerawat ini tak hanya menyerang pada kulit wanita saja, tapi juga kulit wajah laki-laki. Jerawat yang telah muncul lalu hilang, tak sedikit akan meninggalkan jejak alias bekas pada bagian wajah tertentu.

Ternyata, bekas jerawat ini bisa dihilangkan dengan sejumlah cara. Tentunya dengan bahan-bahan yang alami dan cukup mudah untuk didapatkan dalam setiap harinya. Kamu juga bisa membuat ramuannya sendiri di rumah. 

Lalu apa saja bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat ini? Berikut adalah cara menghilangkan bekas jerawat pada kulit wajah yang telah dihimpun dari berbagai sumber dan VIVA.  

 

Bahan Alami untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa jerawat yang muncul pada permukaan wajah biasanya akan meninggalkan bekas. Bahkan tak sedikit orang akan kesusahan untuk menghilangkannya.

Tapi, jangan khawatir. Sejumlah bahan alami di bawah ini mampu membantu menghilangkan bekas jerawat. Selain lidah buaya dan madu yang umum diketahui oleh masyarakat, ternyata beberapa bahan alami ini bisa digunakan sebagai cara dan bahan untuk menghempaskan bekas jerawat dari wajah. 

1. Gula Pasir

img_title
Gula Pasir. (Foto : Pixabay)

 

Salah satu cara untuk menghilangkan bekas jerawat yakni dengan menggunakan bahan alami gula pasir. Sebab, kandungan asam glikolat dan asam alfa hidroksi dalam gula dapat membersihkan kulit mati  serta membantu dalam meningkatkan pembentukan jaringan sel kulit baru. 

Caranya sangat mudah, kamu cukup mencampurkan gula pasir dengan minyak zaitun, lalu aplikasikan pada bagian wajah. Kamu dapat melakukan hal ini selama dua kali sehari untuk memudarkan bekas jerawat. 

2. Es Batu

img_title
Ilustrasi es batu untuk wajah. (Foto : VIVA)

 

Berikutnya hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan es batu. Pasalnya, es batu ini memiliki sifat dingin yang justru dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit juga mengecilkan pori-pori. 

Cara penggunaanya sangat maudah, kamu hanya perlu mengoleskan es batu pada area yang terdapat bekas jerawat yang ada pada wajah. 

3. Tomat

img_title
Tomat. (Foto : Pixabay)

 

Cara menghilangkan bekas jerawat berikutnya bisa menggunakan buah tomat. Seperti yang telah diketahui, bahwa tomat memiliki kandungan vitamin A dan C yang dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit, seperti menghilangkan bekas jerawat salah satunya.

Cara penggunannya sangat mudah, kamu hanya menempelkan irisan tomat ke area bekas jerawat selama 10-15 menit saja lho.

4. Air Kelapa

img_title
Air Kelapa. (Foto : VIVA)

 

Cara berikutnya bisa menggunakan bahan alami yang satu iini, yakni air kelapa. Diketahui air kelapa ini memiliki kandungan yang dapat membantu menghilangkan noda pada bekas jerawat di wajah. Caranya sangat mudah, kamu hanya mencuci wajah dengan menggunakan air kelapa 2 kali sehari. 

5. Ampas Teh 

img_title
Ampas teh. (Foto : VIVA)

 

Berikutnya ada ampas teh sebagai bahan alami yang bisa membantu menghilangkan bekas jerawat kamu. Diketahui ampas teh mengandung antioksidan yang mampu memperbaiki kulit dan bisa memudarkan bekas jerawat pada bagian wajah.  

6. Cuka Apel

img_title
Cuka Apel. (Foto : VIVA)

 

Bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat berikutnya yang bisa dilakukan dengan cuka apel. Bahan ini cukup banyak dicoba oleh orang-orang, karena diketahui mengandung berbagai nutrisi sehingga dapat membersihkan bekas jerawat yang ada pada wajah. 

Noda bekas jerawat akan menghilang dengan pemakaian rutin, caranya amat mudah hanya dengan mencampurkan 2-3 sendok makan cuka apel dengan sedikit air, lalu oleskan pada area yang terapat bekas jerawat, kemudian diamkan semalaman lalu bilas. 

7. Minyak Zaitun

img_title
Minyak Zaitun. (Foto : Pixabay)

 

Khasiat yang dimiliki oleh minyak zaitun untuk kecantikan usah diragukan lagi, semua orang tentu sudah tahu. Noda bekas jerawat pun dapat memudar dengan minyak zaitun, caranya hanya dengan mengoleskan minyak zaitun ke kulit wajah lalu pijat dengan perlahan. Lakukanlah setiap hari agar bekas jerawat dapat cepat hilang dari wajah.

8. Putih Telur dan Madu

img_title
Putih telur dan madu. (Foto : VIVA)

 

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat ialah dengan menggunakan putih telur dan campuran madu. Kedua bahan ini diketahui bisa membantu membuat kulit wajah kamu jadi lebih mulus dan kencang. 

Caranya sangat mudah, kamu hanya mencampurkan putih telur dan madu lalu oleskan pada area yang terdapat bekas jerawat tersebut.

9. Lidah Buaya

img_title
lidah buaya. (Foto : Pixabay)

 

Cara menghilangkan bekas jerawat berikutnya ialah dengan menggunakan lidah buaya, rasanya bahan yang satu ini sudah taka sing juga di dunia perawatan kulit. Khasiat yang dimilikinya pun memang sudah terbukti dan banyak digunakan untuk perawatan kulit. 

Salah satu manfaat dari lidah buaya ini untuk menghilangkan bekas jerawat. Seperti yang telah diketahui, bahwa lidah buaya mengandung zat aloesin yang berfungsi untuk menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit wajah menjadi gelap. 

Caranya sangatr mudah, kamu cukup kupas kulit lidah buaya dan ambil dagingnya lalu dihaluskan. Setelah itu, oleskan gel lidah buaya pada wajah, diamkan selama 10 sampai 15 menit dan bilas dengan air hangat. Disarankan untuk melakukannya dengan rutin agar mendapat hasil yang masksimal.

10. Mentimun

img_title
Mentimun. (Foto : VIVA)

 

Mentimun jadi bahan alami yang dapat menghilangkan bekas jerawat, sebab sayuran yang satu ini mengandung vitamin A dan C serta magnesium yang dapat menghidrasi kulit. 

Caranya sangat mudah, kamu cukup mengiris mentimun dengan tipis lalu tempelkan pada area yang terdapat bekas jerawat. Diamkan selama 30 menit saja lalu bilas dengan air dingin.  

11. Jus Lemon

img_title
Jus lemon. (Foto : Pixabay)

 

Berikutnya kamu bisa menghilangkan bekas jerawat dengan cara alami dengan menggunakan jus lemon. Sebab jus lemon ini mengandung vitamin C yang dikenal dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Caranya sangat mudah, kamu cukup mengoleskan beberapa tetes jus lemon ke bekas luka jerawat di wajah, cukup sedikit saja sebab jus lemon ini memiliki sifat sangat asam yang justru bisa menimbulkan perih jika terkena bekas luka.

12. Rosehip Seed Oil

img_title
Rosehip. (Foto : VIVA)

 

Cara menghilangkan bekas jerawat yang terakhir ialah bisa menggunakan minyak rosehip seed oil. Sebab, minyak ini terbukti mampu mengurangi bekas luka pasca operasi sehingga dianggap dapat menghilangkan bekas jerawat juga. 

Caranya pun sangat mudah, kamu bisa memakai rosehip seed oil ini sebanyak dua kali sehari saja agar bekas luka tersamarkan dengan baik.

Nah, itulah cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah yang telah dikumpulkan dari beberapa sumber, tentunya hal tersebut bisa dicoba dan praktekan sendiri di rumah. Semoga tulisan ini dapat membantu kamu dalam menghilangkan bekas jerawat di wajah.