20 Cara Menghilangkan Jerawat yang Efektif Menurut Ahli Kulit

Cara menghilangkan jerawat
Cara menghilangkan jerawat (Foto : Pexels/Polina Tankilevitch)

Antv – Cara menghilangkan jerawat beragam, tetapi terkadang ini tergantung dengan keefektifan skin care sekaligus konsistensi seseorang saat melakukannya. 

Jerawat merupakan masalah umum yang cukup sulit diatasi. Walaupun telah menggunakan skin care dan melakukan perawatan, terkadang jerawat akan muncul lagi. 

Pasti kamu gemas ingin mencoba banyak jenis skin care agar masalah jerawat cepat teratasi dalam waktu singkat. Namun, hal ini bukan ide yang bagus. Kulitmu malah akan jadi iritasi.

 

Alangkah baiknya kamu mencoba produk skin care satu per satu. Kamu harus bersabar karena setiap jenis produk memiliki jangka waktu hasil yang berbeda-beda.

Namun, terkadang penggunaan skin care saja tak cukup untuk menghilangkan jerawat. Kamu juga harus memerhatikan cara pemakaian yang tepat sampai kebersihan. 

Di bawah ini, ANTV Klik telah merangkum cara terbaik untuk menghilangkan jerawat menurut dermatolog terkemuka, dilansir dari Teen Vogue

1. Rutin Mencuci Muka Setiap Hari

img_title
Cara menghilangkan jerawat. (Foto : Freepik)

Peraturan pertama dan yang paling penting adalah selalu ingat untuk mencuci mukamu. Sebab setiap hari wajah kita kotor oleh keringat, minyak, sel kulit mati, make up, sunscreen, dan lain-lain. Oleh karena itu, kita wajib mencuci muka untuk menghilangkan lapisan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. 

Setidaknya, kamu harus mencuci wajahmu dua kali sehari. Kalau terlalu malas atau lelah, kamu bisa membersihkan wajahmu dengan tisu wajah. 

 

2. Gunakan Face Wash yang Tepat

img_title
Cara menghilangkan jerawat. (Foto : freepik)

Membeli pencuci muka generik tidak serta merta memperbaiki kulitmu. Agar face wash efektif, kamu harus memperhatikan kebutuhan kulitmu dan memilih kandungan yang sesuai.

Jika tipe kulitmu berminyak, pilihlah face wash yang mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, atau glycolic acid. Untuk kulit sensitif, carilah face wash yang lembut dengan lactic acid atau bahan yang menghidrasi seperti glycerin. Pembersih berstektur cream adalah pilihan padat dan lembut yang tidak akan menghilangkan kelembapan kulitmu.

 

3. Jangan Eksfoliasi Berlebihan

img_title
Memperburuk Jerawat. (Foto : Pixabay)

Eksfoliasi wajah setiap hari dengan produk eksfoliasi dan pembersih yang kasar berbahaya bagi kulit. Jika dilakukan terlalu sering, dapat menyebabkan kemerahan, peradangan, dan iritasi. 

Faktanya, mengeksfoliasi jerawat dapat menarik sel-sel kulit yang sehat, lalu menimbulkan luka terbuka yang lebih parah. Oleh karena itu, eksfoliasi kulit harus dilakukan dengan hati-hati, dan tidak lebih dari dua sampai tiga kali seminggu.

 

4. Ganti Handukmu Secara Rutin

img_title
Cara menghilangkan jerawat. (Foto : Pixabay/Guillermo de Casanova)

Selalu memakai handuk wajah yang sama setiap hari seperti menggunakan kembali serbet makan berulang kali. Memakai handuk kotor dapat menampung bakteri, bahkan dapat memasukkan bakteri baru ke kulit yang dapat menyebabkan lebih banyak jerawat.

Namun, bukan berarti kamu harus mengganti handuk setiap hari. Selama wajahmu bersih dari skin care dan make up, kamu bisa mengganti handuk setiap minggu.

 

5. Mouisturize atau Melembapkan Kulit Wajah

img_title
Cara menghilangkan jerawat. (Foto : freepik)

Mouisturizer atau pelembap dapat membantu mengobati jerawat dan meningkatkan kesehatan kulit. Sebab jika kulitmu kering malah akan memproduksi banyak minyak yang memperparah jerawat.

Dokter ahli kulit menyarankan untuk memakai moisturizer yang ringan dan berbahan dasar minyak yang tidak akan menyumbat pori-pori.

 

6. Gunakan Sunscreen yang Tidak Menyumbat Pori-pori

img_title
Cara menghilangkan jerawat. (Foto : freepik/lifestylememory)

Sunscreen memang wajib digunakan, tapi sebagian produk ini juga dapat memicu breakout. Jadi, lebih baik untuk mencari sunscreen yang bebas minyak dan formula non-comedogenic yang tidak akan menyumbat pori-pori.

 

7. Jangan Memakai Make Up Saat Berolahraga

img_title
Penting! Lakukan Olahraga Ini Jika Usia Anda 40 Tahun ke Atas. (Foto : )

Lebih baik untuk tidak memakai make up saat berolahraga agar tidak memicu breakout. Menurut sumber, keringat keluar dari pori-por di kulit. Jika pori-pori ini tertutupi make up maka mereka akan tersumbat dan menjadi tempat munculnya banyak jerawat.

 

8. Cuci Muka Setelah Olahraga

img_title
Cara menghilangkan jerawat. (Foto : freepik)

Setelah melakukan kegiatan yang membuatmu berkeringat, disarankan untuk memakai pembersih eksfoliasi untuk membersihkan pori-pori dan minyak di wajah. 

Jika kamu bermasalah dengan jerawat di badan, dokter juga menyarankan untuk langsung mandi setelah berolahraga. Pakaian ketat yang basah karena keringat juga akan memicu jerawat dan ruam.

 

9. Sesuaikan Dietmu

img_title
Makanan mengandung B12. (Foto : Freepik)

Makanan apa pun yang menyebabkan lonjakan insulin dapat menyebabkan peradangan dan jerawat. Dokter menyarankan untuk lebih banyak mengonsumsi sayur-sayuran hijau dan buah berwarna terang karena dapat meningkatkan kualitas kulit. 

Dokter juga menyarankan untuk mengurangi mengonsumsi produk susu karena mengandung hormon dan antibiotik yang memperburuk jerawat.

 

10. Minum Banyak Air

Minum delapan gelas sehari memang tidak akan langsung membersihkan wajahmu dari jerawat. Namun, dokter kulit menekankan bahwa minum air meningkatkan keseluruhan kesehatan tubuh. Lagi pula, air tidak mengandung gula atau kafein yang berdampak langsung pada jerawat. 

 

11. Minum Teh Spearmint

Dermatolog menyarankanmu untuk mengonsumsi teh spearmint. Faktanya, minum teh spearmint dua cangkir sehari dapat menghilangkan jerawatmu sebanyak 25 persen!

Dermatolog menjelaskan bahwa teh spearmint telah terbukti anti-inflamasi dan mengurangi kadar testosteron dalam beberapa penelitian terbatas.

 

12. Ganti Sarung Bantal

Setiap malam, sarung bantal menyentuh kulit yang bisa berkeringat dan menghasilkan minyak sampai bakteri saat kita tidur. Hal ini bisa memicu breakout, jadi dermatolog menyarankanmu untuk mengganti sarung bantal setidaknya sekali seminggu. Kamu bahkan harus menggantinya lebih sering jika tipe kulitmu berminyak dan sering berkeringat saat tidur.

 

13. Jaga Kebersihan Layar Handphone

Hampir setiap saat kita selalu menyentuh layar handphone dengan jari yang penuh bakteri. Dermatolog menyarankanmu untuk rutin membersihkan layarnya dengan tisu beralkohol. Bahkan, jika memungkinkan gunakan speaker atau headphone agar layar handphone-mu tidak langsung menyentuh wajah.

 

14. Hindari Menyentuh Wajah Terlalu Sering

img_title
Cara menghilangkan jerawat. (Foto : Freepik/Benzoix)

Tangan kita tidak selalu bersih dan sering menyentuh barang-barang lainnya. Apalagi, jangan coba-coba memencet jerawat ketika jarimu kotor. Ini malah akan membuat jerawat lainnya tersebar, meninggalkan luka, bahkan sampai infeksi. 

 

15. Gunakan Produk Witch Hazel

Witch hazel mengandung anti-peradangan yang kuat secara alami dan telah terbukti akan mengecilkan pori-pori dengan lembut. Produk berbahan witch hazel ini ampuh untuk kulit berjerawat, khususnya untuk jenis kulit berminyak.

 

16. Hindari Stres dan Tidur yang Cukup

img_title
Perempuan tidur. (Foto : Freepik @senivpetro)

Efek samping dari terlalu sering stres dan kurang tidur salah satunya adalah jerawat. Faktanya, tubuh adalah cerminan perasaan. Jika tubuhmu baik dan sehat, kulitmu pun akan seperti itu. 

 

17. Periksa Produk Perawatan Rambut dan Kulit Wajah

img_title
Rambut Keriting. (Foto : Freepik)

Produk perawatan rambut ini juga bisa berdampak pada kesehatan kulit wajah. Kamu bisa mempertimbangkan ini, apalagi jika mempunyai banyak jerawat di kening. 

Hair oil, sampo kering, dan produk semprotan lainnya dapat merusak kulit wajah jika tidak dibersihkan secara menyeluruh. Ada kemungkinan produk-produk tersebut meninggalkan lapisan dan residu pada kulit yang menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat.

 

18. Jaga Kebersihan Topi dan Helm

Jika kamu memakai topi atau penutup kepala apapun sepanjang hari, itu berarti keringat, make up, minyak, sel-sel kulit mati, dan penumpukan bakteri terperangkap di kulit selama berjam-jam. Hal ini juga memicu jerawat yang disebut dengan acne mechanica, yaitu jerawat yang disebabkan oleh topi, helm, tali pengikat, visor, ikat kepala, dan terutama masker.

 

19. Konsistensi

img_title
Cara menghilangkan jerawat. (Foto : Freepik/ArtPhoto_studio)

Dermatolog menyampaikan bahwa hal paling penting dalam pemakaian skin care jerawat adalah mengenal produk yang ampuh di kulitmu dan rutin memakainya setiap malam. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan kamu mengganti banyak jenis skin care di saat yang sama. Salah-salah, kulitmu bisa bertambah parah atau breakout.

 

20. Lebih Sedikit Justru Lebih Baik

Dermatolog menyebutkan bahwa melakukan treatment atau perawatan jerawat berulang-ulang lebih mengiritasi kulit daripada membersihkannya. Lebih baik gunakan satu produk yang benar-benar ampuh secara konsisten. 

Intinya, kamu tidak perlu membeli dan memakai banyak jenis skin care. Sangat penting untuk tidak memakai terlalu banyak produk skin care karena hal itu dapat merusak kulitmu lebih jauh dan membuatmu lebih rentan terhadap jerawat.