10 Tempat Wisata di Aceh, Ada Museum Hingga Pantai

Bukit Lamreh
Bukit Lamreh (Foto : Instagram @kiki22yoedi)

Antv – Tempat wisata di Aceh memang menyuguhkan nuansa dan wisata yang sangat indah yang wajib untuk dikunjungi. Provinsi yang satu ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, baik wisata masjid, alam, museum, hingga wisata pantai yang eksotisnya.

Jika sedang atau akan berkunjung ke Nanggroe Aceh Darussalam yang tepatnya berada di ujung Pulau Sumatera, rasanya tidak sah kalau tidak menjajakan kaki ke lokasi wisatanya yang ada di sana.

Tempat wisata di Aceh sendiri didominasi oleh keindahan alam dan lautan yang menghempas, sebab Aceh ini berada di antara Samudra Hindia dan Selat Malaka. Aceh pernah mengalami tsunami dahsyat beberapa tahun 2004 dan merenggut banyak korban jiwa di sana. 

Namun, setelah mengalami kerusakan parah akibat tsunami pada tahun tersebut, sebagian wilayahnya termasuk tempat wisatanya ini kembali bangkit dan menata sebaik mungkin dari sektor pariwisatanya. 

Hingga saat ini, lokasi wisata di Aceh lebih menarik untuk dikunjungi. Lalu tempat apa saja itu? Yuk simak 10 tempat wisata di Aceh di bawah ini seperti yang telah dihumpun dari berbagai sumber.

1. Masjid Raya Baiturrahman

 

img_title
Masjid Raya Baiturrahman. (Foto : Instagram @masjidraya.aceh)

 

Tempat wisata pertama yang menjadi rekomendasi untuk kamu kunjungi adalah Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini sendiri terletak terletak di pusat kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia.

Saat erjadi Tsunami tahun 2004, Masjid ini tetap berdiri kokoh dan dijadikan tempat pengungsian sementara bagi masyarakat di sana. Hingga saat ini, Masjid Raya Baitturahman telah mengalami lima kali renovasi dan beberapa perluasan area. 

Masjid Raya Baiturrahman ini merupakan simbol agama, budaya, semangat, kekuatan, perjuangan dan nasionalisme masyarakat Aceh. Masjid ini jadi salah satu pusat wisata religi Indonesia, sebab hingga saat ini selalu ramai oleh wisatawan.

2. Museum Tsunami

img_title
Museum Tsunami. (Foto : VIVA)

 

Museum Tsunami dibangun untuk memperingati korban Tsunami Aceh yang terjadi pada tahun 2004. Di dalam Museum Tsunami ini terdapat nama-nama korban yang meninggal, juga terdapat 22 alat peraga, 7 maket dan 26 foto tentang Tsunami.

Museum Tsunami dirancang langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang kala itu masih berprofesi sebagai arsitek. Setiap tingkatan di Museum Tsunami ini memiliki suasana berbeda, hal ini merupakan salah satu tempat wisata di Aceh yang harus dikunjungi ketika berada di Aceh.

Untuk biaya masuk ke lokasi ini pengunjung cukup membayar tiket Rp2.000 sampai Rp 10.000 saja. Museum Tsunami berlokasi di Lokasi Jl. Sultan Iskandar Muda, No. 3, Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh.

3. Pantai Lhoknga

img_title
Pantai Lhoknga. (Foto : Instagram @sisyjo)

 

Pantai Lhoknga terletak di Kabupaten Aceh Besar dengan memiliki panorama sangat cantik serta beberapa spot surfing yang menantang bagi para pengunjuung. Pantai Lhoknga ini memang dikenal memiliki spot surfing terbaik yang ada di Aceh.

Tidak hanya di Indonesia, pantai ini juga sudah mendapat pengakuan dari dunia Internasional terkait gelombang ombaknya. Ombak tersebut memiliki tiga level yang berbeda, jadi, pantai ini sangat cocok bagi para pecinta olahraga pemacu adrenalin, surfing.

Tak hanya itu, wisatawan pun di pantai ini bisa menikmati suasana matahari terbenam atau sunset dengan warna jingga yang sangat cantik. Pantai Lhoknga ini berlokasi di kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

4. Pulau Rubiah 

img_title
Pulau Rubiah. (Foto : Instagram @sawista.id)

 

Tempat wisata di Aceh berikutnya ada Pulau Rubiah, merupakan sebuah pulau yang berada di Sabang, Aceh. Para wisatawan yang datang ke tempat ini akan menyaksikan panorama alam yang begitu indah, baik daratan maupun lautannya.

Pulau Rubiah ini menjadi salah satu daya tarik untuk peserta Famtrip Konsulat Jenderal Republik Indonesia Johor Bahru, Malaysia. Peserta Famtrip itu berasal dari kalangan pengusaha besar, agen travel, pelaku industri, dan juga awak media untuk menikmati keindahan dan pesona bawah lautnya yang begitu mempesona. 

5. Air Terjun Terujak 

img_title
Air Terjun Terujak. (Foto : Instagram @tagaceh)

 

Berikutnya ada Air Terjun Tarujak yang wajib untuk dikunjungi saat berada di Aceh. Nyatanya di Aceh ini juga terdapat air terjun indah dengan memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan dua air terjun yang mengalir.

Lokasi tempat ini berada di Desa Terujak, Kecamatan Serbajadi, Aceh Timur, Langsa, Aceh. Sebelum memasuki kawasan Air Terjun, para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandian air panas alami yang memiliki lebar sekitar 10 meter. 

Suasana alam di sekitar Air Terjun Terujak ini masih terlihat sangat asri, air nya yang sangat segar dan masih banyak pepohonan yang masih hijau yang membuat pengunjung semakin betah untuk bermain di Aceh.

6. Sungai Brayeun

img_title
Sungai Brayeun. (Foto : Instagram @ibeth_mcfaddenn)

 

Berikutnya ada Sungai Brayeun, merupakan sebuah lembah yang dibatasi oleh bendungan sehingga membentuk layaknya sebuah kolam yang sangat cantik. Pemandangan alam pegunungan dari tempat ini masih alami, tempatnya pun sangat sejuk, inda, dan nyaman.

Sungai Brayeun ini berada di Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar, atau kurang lebih 20KM dari pusat Kota Banda Aceh, tepatnya 2,5 KM dari Kantor Polsek Leupung. 

Sebelum sampai ke tempat wisata ini, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan laut Lhoknga yang mempesona, pemandangan Gunung pun tak mau kalah dengan memanjakan mata di kiri dan kanan sepanjang jalan yang dilalui.

7. Pantai Ulee Lheue

img_title
Pantai Ulee Lheue. (Foto : Instagram @apri_bagas007)

 

Tempat wisata di Aceh yang selanjutnya ada Pantai Ulee Lheue, yang memiliki pesona alam sangat luar biasa indah, di lokasi ini pengunjung juga bisa menikmati suasa matahari tenggelam yang sangat memanjakan mata.

Tidak hanya ada pantai, Pantai Ulee Lheue ini juga menjadi satu desa wisata yang terletak di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh Provinsi Aceh. Menuju ke Wisata Gampong Ulee Lheue dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, wisatawan harus menempuh setidaknya perjalanan kurang lebih 30 menit.

Di Gampong Ulee Lheue akan terdapat berbagai daya tarik wisata, seperti wisata alam, kuliner, religi, dan wisata tsunami. Wahana bermain anak dan atraksi budaya pun tersedia, para wisata pun dapat naik boat wisata yang tersedia.

8. Bukit Lamreh

img_title
Bukit Lamreh. (Foto : Instagram @kiki22yoedi)

 

Berikutnya ada wisata Bukit Lamreh, tempat ini mempunyai lanskap yang sangat indah dan memanjakan mata. Tempat ini berlokasi di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar. 

Bukit Lamreh ini memiliki kontur tanah cenderung landai. Tempatnya pun cukup strategis, jika berkunjung dari Banda Aceh menggunakan sepeda motor, kamu akan menghabiskan waktu sekitar 30-40 menit saja.

Di lokasi ini, pengunjung akan menaiki bukit dan bisa melihat secara langsung lautan lepas yang jernih membiru dan sangat cantik. Bukit ini kabarnya terbentuk oleh batuan karst yang membukit dengan ujung yang menjorok ke arah laut.

9. Pantai Lhook Mee

img_title
Pantai Lhook Mee. (Foto : google maps)

 

Berikutnya ada Pantai Lhook Mee, tempat ini terkenal dengan pantai pasir warna putih dan pohon dalam air. Pantai ini terletak di Desa Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

Lokasi pantai ini tidak begitu jauh dari bukit Lamreh yang sebelumnya. Di pantai ini ada hal yang sedikit berbeda, pasalnya wisatawan bisa menyaksikan keindahan pohon yang tumbuh berjejer dalam permukaan laut.

Selain itu, ada pula akar bakau yang menjulang di tepi pantainya. Air lautnya pun bisa pasang surut seketika. Saat air laut tersebut sedang pasang, pasir pantai yang warna putih itu akan berpadu warnanya dengan air laut yang biru dan bening.

Namun, saat air laut kembali surut, akar-akar bakau yang tadi muncul satu per satu seperti ujung tombak yang ditancapkan begitu saja.

10. Pantai Lampuuk

img_title
Pantai Lampuuk. (Foto : Instgaram @pantailampuuk_watersport)

 

Tempat wisata di Aceh yang terakhir yakni Pantai Lampuuk, tempat ini selalu ramai dengan pengunjung baik dari masyarakat setempat sampai mancanegara.

Pantai Lampuuk ini memiliki pasir putih dan pepohonan pinus yang rindang, pantai ini jadi tempat yang ideal untuk melepas kepenatan dengan segala kesibukan rutinitas pekerjaan.