Hacker Bjorka Sudah Teridentifikasi, Berdomisili di Cirebon?

Hacker Bjorka
Hacker Bjorka (Foto : VIVA)

Antv – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) yakni Mahfud MD mengatakan pemerintah dan aparat penegak hukum sudah mengidentifikasi hacker Bjorka yang diduga membocorkan data-data masyarakat termasuk data sejumlah pejabat negara. 

"Sampai sekarang ini memang gambaran pelakunya sudah teridentifikasi dengan baik oleh BIN dan Polri," kata Mahfud di kantornya dilansir dari VIVA Rabu, 14 September 2022.

Tetapi, Mahfud hingga saat ini belum bisa mengungkap siapa sosok yang diduga pelaku hacker dengan nama Bjorka. Sebab pihak pemerintah dan kepolisian masih melakukan penyelidikan terhadap hal tersebut.

"Gambaran siapa dan dimananya itu kita sudah punya alat untuk melacak itu semua. Tetapi belum bisa diumumkan. Kita terus menyelidiki," ujarnya lagi.

"Tapi sampai saat ini tidak. Motifnya kan ternyata juga gado-gado. Ada yang motif politik, motif ekonomi, motif jual beli dan sebagainya. Sehingga juga ya motif-motif kayak gitu itu sebenarnya tidak ada yang terlalu membahayakan," jelasnya. 

Meskipun begitu, Mahfud menegaskan bahwa pemerintah akan tetap serius dalam menangani kasus ini. Salah satunya ialah dengan membentuk satuan tugas perlindungan data, terutama data negara.