Akibat Sang Ayah Perokok, Bayi 11 Bulan Positif Bronkitis

Bayi yang mengidap bronkitis
Bayi yang mengidap bronkitis (Foto : Tiktok/telormcd)
Viral di media sosial, bayi 11 bulan ini positif kena bronkitis karena ayahnya merupakan seorang perokok berat.

Antv – Belum lama ini, viral di media sosial soal seorang bayi yang terdiagnosa bronkitis akibat sering terpapar asap rokok ayahnya. Video yang menghebohkan publik itu telah ditonton lebih dari 3 juta kali di aplikasi TikTok.

Melalui akun @telormcd, sang orang tua membagikan kisah pilu putri kecilnya yang bernama Noa menjalankan beberapa rangkaian pengobatan karena gangguan pernapasan.

Dalam video itu, ia menjelaskan bahwa Noa awalnya memiliki gejala batuk, pilek, dan demam, layaknya flu pada umumnya. Namun, gejala tersebut semakin parah hingga akhirnya dia dibawa ke Unit Gawat Darurat (UGD) terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis.

img_title
Bayi yang mengidap bronkitis. (Foto : Tiktok/telormcd)

Setelah diberi pemeriksaan lebih lanjut, bayi mungil itu ternyata divonis bronkitis oleh dokter dan harus menjalankan pengobatan uap dua kali sehari. Bronkitis adalah peradangan pada saluran bronkus yang berfungsi menyalurkan udara atau oksigen ke paru-paru.

Lebih lanjut, Maihan, ibu Noa sekaligus pemilik akun Tiktok tersebut menjelaskan putrinya yang baru berumur 11 bulan harus menjalankan pengobatan medis secara rutin, seperti penggunaan antibiotik dan obat tetes hidung supaya lendir dalam saluran pernapasannya bisa hilang.

"Dikasih obat tetes hidung, antibiotik, dan obat bapil (batuk-pilek) lainnya supaya reak dan ingusnya bisa keluar dari muntah, pup atau hidung jadi pernapasannya lebih lega," kata Maihan, dikutip Senin, 12 September 2022.