5 Wisata Edukasi Jogja, Cocok Liburan Bareng Anak

Museum Affandi
Museum Affandi (Foto : TvOneNews)

Antv – Buat yang memiliki anak dan ingin mengajak sang buah hati untuk berlibur, rasanya objek wisata edukasi wajib banget untuk dikunjungi. 

Berbicara tentang wisata edukasi, Yogyakarta menjadi salah satu tempat yang tepat bagi para wisatawan untuk mengunjunginya, terlebih jika sedang atau akan ke Jogja.

Apa sajakah itu? Yuk simak 5 wisata edukasi Jogja di bawah seperti yang telah dilansir dari TVOneNews Kamis, 1 September 2022.

1. Museum Batik

img_title
Museum Batik. (Foto : TvOneNews)

Rekomendasi pertama yang cocok untuk dikunjungi ialah Museum Batik, tempat ini berdiri atas prakarsa sepasang suami istri Hadi Nugroho dan Dewi Sukaningsih yang bertujuan sebagai sarana pelestarian koleksi batik dan alat-alat pendukung proses pembuatan batik. 

Hingga saat ini, jumlah koleksinya mencapai kurang lebih 1200 buah meliputi kain batik, alat dan perlengkapan membatik seperti wajan, anglo, canting, dan lain sebagainya. Koleksi unggulannya merupakan kain batik dari abad 18 sampai awal abad 19 yang berupa kain panjang dan sarung. Antara lain batik karya Van Zuylen bercorak Eropa dan Oey Soe Tjoen, serta batik-batik buatan tahun 1700-an.