Hati-Hati, Kenali Gejala Awal dan Penyebab HIV/AIDS

Gejala Awal dan Penyebab HIV/AIDS
Gejala Awal dan Penyebab HIV/AIDS (Foto : Freepik/h9images)

Antv – Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) adalah kondisi kronis yang berpotensi mengancam jiwa yang disebabkan oleh Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Dengan merusak sistem kekebalan tubuh, HIV mengganggu kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit.

Melansir mayoclinic.org, Selasa, 29 Agustus 2022, HIV sendiri merupakan infeksi menular seksual (IMS) yang bisa menyebar melalui kontak dengan darah dan penggunaan narkoba suntikan atau lewat jarum suntik. Penyakit ini juga bisa menular dari ibu ke anak selama masa kehamilan, persalinan, atau menyusui.

Tanpa pengobatan, mungkin perlu waktu bertahun-tahun sebelum akhirnya HIV melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan seseorang mengidap AIDS.

Tidak ada obat untuk HIV/AIDS, tetapi obat-obatan tertentu dapat mengendaikan infeksi dan mencegah perkembangan penyakit. Pengobatan antivirus untuk HIV telah mengurangi kematian akibat AIDS di seluruh dunia.

Organisasai internasional juga telah bekerja untuk meningkatkan ketersediaan tindakan pencegahan dan pengobatan di negara-negara miskin sumber daya.

Gejala HIV/AIDS

Gejala HIV dan AIDS sangat bervariasi dan bergantung pada fase infeksi.

Infeksi primer (HIV Akut)

Beberapa orang yang terinfeksi HIV menunjukkan tanda-tanda penyakit seperti flu dalam waktu dua minggu sampai empat minggu setelah virus masuk ke dalam tubuh. Kondisi HIV primer (akut) dapat berlangsung selama beberapa minggu.

Kemungkinan tanda dan gejala:

Demam