Cara Mengganti Janji Kepada Orang yang Sudah Meninggal

Buya Yahya
Buya Yahya (Foto : YouTube Al-Bahjah TV)

Antv – Janji merupakan sebuah perkataan atau pengakuan yang bersifat mengikat diri sendiri terhadap sesuatu ketentuan yang dia katakan. Karena sifatnya yang mengikat janji harus ditepati dan dipenuhi.

Lantas, bagaimana jika orang yang kita berikan janji telah meninggal dunia? Apakah harus tetap ditepati atau ada cara untuk mengganti janji tersebut?

Dilansir dari kanal YouTube Al-Bahjah TV, Buya Yahya menanggapi sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh jamaah mengenai cara mengganti janji kepada orang tua yang sudah meninggal dunia.

Menurut Buya Yahya, meskipun orang tua telah meninggal dunia namun tetap harus berbakti kepada orang tua dan tidak lupa untuk selalu bersedekah. 

Buya Yahya menyampaikan terdapat tiga cara berbakti kepada orang tua yang telah meninggal dunia. 

"Yang pertama jangan anda memanjatkan doa kecuali orang tua anda, anda bawa dalam panjatan do'a anda, jangan ketinggalan sekalipun. Yang kedua adalah jika anda bisa melakukan kebaikan dengan membaca surat Yasin atau bersedekah, anda harus menyisihkan waktu untuk baca al'quran dan niatkan semoga sampai kepada orang tua," ungkap Buya Yahya dikutip pada Minggu, 28 Agustus 2022.

Cara mengganti janji kepada orang tua yang sudah meninggal menurut Buya Yahya adalah dengan berbakti yang tetap dijalankan secera lengkap seperti panjatkan do'a, sedekah dan kebaikan-kebaikan kepada orang yang dibaiki oleh orang tua semasa hidupnya.