Cemas Indikasi Banyak Dosa? Ini Penjelasan dr. Zaidul Akbar

dr. Zaidul Akbar
dr. Zaidul Akbar (Foto : Youtube dr. Zaidul Akbar Official)

Antv – Seorang Muslim yang beriman, tidak seharusnya merasakan kecemasan yang berlebihan. Sebab, segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupannya telah digariskan oleh Allah SWT, sehingga yang perlu dilakukan hanyalah berserah atas segala ketetapanNya.

Menurut dr. Zaidul Akbar, ketika seseorang memiliki kecemasan yang berlebihan terhadap segala sesuatu, maka bisa jadi itu adalah indikasi bahwa dirinya memiliki banyak dosa. Hal tersebut ia sampaikan dalam video di kanal Youtube dr. Zaidul Akbar Official.

 “Jadi kalau ada orang sekarang banyak orang mengalami anxiety apa segala macem gitu kan, kecemasan segala macem, saya tidak menuduh mereka berbuat dosa. Tapi, itu kemungkinan besar ada kaitannya dengan hal-hal yang tidak Allah ridhai,” tutur dr. Zaidul Akbar dilihat dari kana Youtube dr. Zaidul Akbar Official pada Sabtu, 27 Agustus 2022.

img_title
dr. Zaidul Akbar. (Foto : Youtube dr. Zaidul Akbar Official)

“Karena dosa itu kata Rasulullah SAW akan membuat cemas dan gelisah seseorang,” sambungnya.

Lantas apa yang harus dilakukan agar seseorang tidak merasakan kecemasan yang berlebihan? Dr. Zaidul Akbar menjelaskan lebih lanjut bahwa manusia perlu menjaga dirinya dari segala sesuatu yang dilihat, didengar dan dirasakan.

Jangan sampai, segala sesuatu membuat kita merasa cemas. Sebab, hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab lemahnya iman kita kepada segala yang telah ditetapkan oleh Allah SWT.