Ssst! Ini Tips Pekerja Wanita Mengelola Keseimbangan Kehidupan di Masa Pandemi Covid-19

Foto Ilustrasi: apa.org
Foto Ilustrasi: apa.org (Foto : )
Seorang perempuan bisa berkarir dan menjalankan kewajiban sebagai ibu rumah tangga. Berikut tips bagi wanita karir mengelola keseimbangan kehidupan antara bekerja dan berperan sebagai ibu rumah tangga di masa pandemi Covid-19.
Sebagai wanita, sudah seharusnya bertanggung jawab atas sebagian besar pekerjaan di rumah.Namun, di tempat kerja, wanita seringkali mendapatkan beban yang tidak proporsional, terlebih dalam situasi pandemi Covid-19.Tanggung jawab ganda dapat meningkatkan stres, mengganggu kesehatan fisik dan emosional, serta menyebabkan kelelahan dan menurunkan produktivitas.Dilansir dari
websiteAmerican Psychological Association (APA) tentang keseimbangan kehidupan, berikut tindakan yang bisa dilakukan bagi wanita karir menjaga pola hidup sehat.
  • Adaptasikan sikap Anda
Anda dapat mengakui dan mengungkapkan perasaan Anda dalam situasi positif, negatif, atau netral.Turunkan ekspektasi atau harapan yang Anda buat karena kesempurnaan sejatinya “tidak ada” dan tidak apa-apa jika Anda tidak seproduktif yang Anda kira.Berlatihlah menyayangi diri sendiri dengan mengakui kesalahan misalnya “Saya melakukan kesalahan, tapi saya manusia, dan membuat kesalahan adalah wajar”.