Mengenal Latihan Crossfit, Olahraga Favorit Ashraf Sinclair

Mengenal Latihan Crossfit, Olahraga Favorit Ashraf Sinclair
Mengenal Latihan Crossfit, Olahraga Favorit Ashraf Sinclair (Foto : )
Latihan Crossfit dikenal sebagai olahraga yang fungsional dan sangat efektif dalam meningkatkan kekuatan otot, ketahanan jantung dan fleksibilitas tubuh. Olahraga Crossfit kini ramai menjadi perbincangan publik, pasca wafatnya suami Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair pada Selasa (18/2/2020) pagi. Pasalnya, pada malam hari sebelum meninggal dunia, aktor tersebut sempat melakukan olahraga Crossfit yang menjadi kegemarannya.Crossfit adalah program latihan yang menggabungkan dua unsur sietem aerobik serta anaerobik yang menekankan perpaduan latihan interval dengan intensitas tinggi, angkat beban, senam dan disiplin lainnya dalam format latihan sirkuit. Latihan Crossfit dikenal dengan polanya yang keras dan ketat, misalnya dalam satu sesi latihan anda akan diminta untuk melakukan 100 push-ups, 100 pull-ups, 100 sit-ups dan 100 squats. Biasanya latihan yang dilakukan akan berbeda-beda dalam setiap sesinya.Latihan Crossfit juga menggunakan sejumlah peralatan, mulai dari peralatan gym, tali tambang, ban mobil, hingga menggunakan beban berat tubuh sendiri. Setiap orang diberikan beban yang sama saat menjalankan latihan Crossfit, sehingga tidak ada perbedaan porsi latihan bagi pemula atau orang yang sudah berpengalaman.Dalam metode Crossfit, jenis gerakan yang dilakukan biasanya bersifat fungsional dan dilakukan dengan intensitas tinggi. Tujuannya untuk meningkatkan kekuatan otot, ketahanan jantung dan fleksibilitas tubuh. Hasil dari latihan dengan metode Crossfit lebih terlihat jelas sehingga sering dianggap sebagai olahraga yang efektif dalam pembentukan tubuh. Akan tetapi, perlu diwaspadai juga bahwa Crossfit sangat rentan akan cedera.Berikut manfaat pola latihan Crossfit:
  1. Crossfit dapat melatih kekuatan otot dan stamina. Berbagai jenis latihan dan variasi latihan dalam Crossfit membuat semua bagian otot berkontraksi. Hal itu membuat kekuatan otot akan meningkat dan bentuk otot akan terlihat semakin jelas. Selain itu, intensitasnya yang tinggi juga dapat melatih stamina tubuh.
  2. Crossfit membuat pesertanya lebih bersemangat dan termotivasi. Pola latihan olahraga ini biasanya dilakukan dengan membentuk suatu kelompok. Biasanya juga akan ada tantangan-tantangan yang diberikan pelatih kepada peserta sehingga di antara mereka akan terjadi kompetisi. Dengan adanya kompetisi dan kerjasama antar tim, para peserta akan lebih bersemangat dalam menjalani latihan dan menjadi lebih termotivasi untuk mencapai tujuannya.
  3. Crossfit dapat meningkatkan kedekatan emosional antar anggota. Pola latihan dalam Crossfit biasanya dilakukan dengan membentuk group atau kelompok, dan ini tentunya dapat membangun kedekatan emosional antar sesama anggota. Kedekatan ini akan sangat bermanfaat bagi anggota yang sedang berjuang untuk mencapai tujuannya dalam berolahraga.