youtube channel

Channels

FIFA Baru Setuju 4 Stadion dari 6 Stadion Untuk Piala Dunia U-20 2021

FIFA Baru Setuju 4 Stadion dari 6 Stadion Untuk Piala Dunia U-20 2021

FIFA baru setuju 4 stadion dari 6 stadion untuk Piala Dunia U-20 2021. Dua stadion yang belum mendapatkan lampu hijau dari FIFA adalah Stadion Si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung Jawa Barat, dan Stadion Jakabaring Sport Komplek, Palembang, Sumatera Selatan. (Foto : SUGBK)

FIFA baru setuju 4 stadion dari 6 stadion untuk Piala Dunia U-20 2021. Dua stadion yang belum mendapatkan lampu hijau dari FIFA adalah Stadion Si Jalak Harupat, Bandung dan Stadion Jakabaring , Palembang.

antvklik.com - Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara putaran final Piala Dunia U-20 2021 telah menetapkan 6 stadion terbaik di tanah air. Ke enam stadion tersebut dipilih dari 11 kandidat stadion yang disiapkan oleh PSSI untuk kandidat tuan rumah penyelenggaraan babak penyisihan grup putaran final Piala Dunia U-20 2021.

Namun dari 6 stadion terbaik yang dipilih oleh pemerintah dan PSSI serta dikirimkan ke FIFA, hingga saat ini baru empat stadion yang telah mendapat persetujuan dari FIFA. Keempat stadion yang telah lolos seleksi FIFA tersebut adalah Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta, Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya Jawa Timur, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar Bali.

Sementara dua stadion lainnya yang masih menunggu restu dari induk sepak bola dunia yang bermarkas di Swiss ini adalah Stadion Si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung Jawa Barat, dan Stadion Jakabaring Sport Komplek, Palembang, Sumatera Selatan.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan pemerintah sudah menetapkan enam stadion yang akan menjadi lokasi pertandingan untuk Piala Dunia U-20 2021. Hal ini diputuskan dan disepakati dalam rapat kabinet terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, Rabu, 1 Juli 2020.

Alasan pemilihan 6 stadion dari 11 stadion yang dicalonkan oleh PSSI agar pemerintah dalam hal ini Kementrian PUPR memiliki waktu untuk segera melakukan renovasi fasilitas stadion agar sesuai dengan standarisasi FIFA.

''Soal venue tadi sudah diputuskan. Kalau kita menunggu FIFA (menetapkan keputusan final) kan masih lama. Sementara Kementerian PUPR, membutuhkan waktu untuk pengerjaan dan pengurusan administrasi,'' kata Zainudin dalam konferensi pers menyampaikan hasil rapat kabinet di kantornya, Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta, Senin, 1 Juli 2020.

PSSI sebelumnya memutuskan enam stadion sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yakni Stadion Jakabaring Sport Komplek (Palembang), Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat Soreang (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).

Keenam stadion itu diusulkan ke badan sepak bola dunia, FIFA, untuk ditetapkan sebagai stadion penyelenggara babak penyisihan grup putaran final Piala Dunia U-20 2021. Hal itu sempat mengundang polemik karena Kemenpora merasa belum diberi tahu. Pasalnya, dari keenam nama yang dipilih PSSI, ada dua stadion yang baru masuk yakni Stadion Jakabaring dan Stadion Si Jalak Harupat.

Rencana penetapan stadion oleh FIFA sebenarnya telah diagendakan pada Maret 2020 silam. Menurut rencana semula perwakilan dari induk sepak bola yang bermarkas di Swiss itu datang ke Indonesia untuk memilih enam stadion dari 11 stadion kandidat Piala Dunia yang disiapkan oleh PSSI. Namun akibat wabah pandemi virus Corona yang melanda dunia dan Indonesia, maka FIFA tidak jadi datang dan menjadwal ulang kunjungan ke Indonesia.

Menpora Zainudin Amali melanjutkan bahwa masih terbuka peluang untuk terjadinya pergantian stadion yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Langkah tersebut bakal ditempuh jika FIFA meminta perubahan stadion dari dua stadion yang belum mendapat persetujuan FIFA yaitu Stadion Si Jalak Harupat, Soreang Kabupaten Bandung Jawa Barat, dan Stadion Jakabaring Sport Komplek, Palembang, Sumatera Selatan.

''Kalau FIFA memutuskan menunjuk stadion yang lain, nanti pemerintah akan sesuaikan. Dari enam kan sudah ada empat, kalau diputuskan empat, ya terserah FIFA. Jadi, kami hanya mengerjakan,'' tutur Menpora Zainudin.

Sesuai Jadwal pelaksanaan putaran final Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia, akan diselenggarakan di enam kota yaitu Jakarta, Palembang, Bandung, Solo, Surabaya dan Denpasar mulai pada tanggal 20 Mei-12 Juni 2021. Peserta putaran final Piala Dunia U-20 akan diikuti oleh 24 negara dari enam benua yang lolos dari babak kualifikasi Piala Dunia U-20.

Indonesia secara otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 tahun depan dengan status sebagai tuan rumah. Meski demikian PSSI mempersiapkan para pemain cikal bakal Timnas Indonesia U-20 diantaranya dengan persiapan Timnas U-19 yang akan tampil di putaran final Piala Asia U-19 di Uzbekhistan.


icon featured

Artikel Terkait

icon featured

Terpopuler

icon featured

Komentar