PSSI dan PT Liga Indonesia Baru, Lakukan Standardisasi Stadion untuk Kompetisi Liga 1 2023/2024

Penampakan Stadion Utama Gelora Bung Karno
Penampakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (Foto : Istimewa)

AntvPSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sejak pekan lalu mulai melakukan proses standardisasi stadion yang akan dipakai para kontestan di Kompetisi Liga 1 musim 2023/2024. Hingga Kamis, 08 Juni 2023 ini, sudah terdapat 17 stadion yang telah dikunjungi perwakilan PSSI dan LIB.

Beberapa stadion itu di antaranya Stadion Patriot Candrabhaga, Stadion Wibawa Mukti, Stadion Indomilk Arena, Stadion Gelora BJ Habibie, Stadion Segiri, Stadion Demang Lehman, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Stadion Jatidiri, Stadion Sriwedari, Stadion Manahan, Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Gelora Joko Samudro, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Stadion I Gusti Ngurah Rai, Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Stadion Gelora Bangkalan dan Stadion Maguwoharjo.

 

img_title
Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali 1. (Foto: baliutd)

 

Tak hanya itu, beberapa stadion lain juga masih menunggu giliran untuk dilakukan pengecekan seperti Stadion Sultan Agung, Stadion Brawijaya, Stadion Si Jalak Harupat dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Terdapat beberapa aspek rangkaian pengecekan yang melibatkan personel dari tim PSSI dan LIB itu, yakni aspek infrastruktur, keamanan dan keselamatan, kemudian aspek bidang pertandingan (match operation), serta aspek host broadcaster (HB).

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus mengatakan, pihaknya melakukan standardisasi stadion-stadion yang memang telah diajukan oleh para kontestan Liga 1 2023/24 sebagai kandang untuk menjamu lawan-lawannya.