Medali Emas Timnas Putri di SEA Games 2023 Kamboja Kagetkan Presiden Jokowi

Timnas Basket Putri SEA Games 2023
Timnas Basket Putri SEA Games 2023 (Foto : Perbasi)

Antv – Prestasi Timnas Bolabasket Putri di SEA Games 2023 Kamboja membuat Presiden Joko Widodo kaget. Dia terkejut karena dari sekian peraih medali ada Timnas Putri yang menggondol medali emas di multieven antarnegara ASEAN.

Medali emas itu adalah sejarah buat Indonesia. Sebab, medali emas di SEA Games 2023 Kamboja itu adalah kali pertama yang dikoleksi Timnas Putri sepanjang SEA Games sejak dilaksanakan pada 1959. 

img_title
Presiden Joko Widodo. (Foto: Perbasi)

“Yang mengagetkan saya, ini yang memberikan kejutan yang menggembirakan adalah, semua baik yang dapat emas, perak, dan perunggu. Tapi yang paling mengejutkan memang Tim Basket Putri. Karena kita gak pernah dapat emas. Sudah 64 tahun,” terang Presiden Joko Widodo di depan atlet peraih medali dan ofisial tim dalam upacara pemberian bonus SEA Games 2023 Kamboja di Istana Merdeka pada Senin, 05 Juni 2023 kemarin.

Sambutan dari Presiden Joko Widodo itu langsung disambut tepuk tangan peserta upacara. Kemudian mantan Wali Kota Solo itu juga menanyakan perwakilan atlet bolabasket putri di acara tersebut. 

Dalam acara itu Timnas Putri diwakili sang kapten Henny Sutjiono saat menerima bonus secara simbolis. Kemudian ada Pelatih Timnas Putri 3X3 July Wong dan Agustin Retong.

Timnas Putri selain meraih medali emas di kategori 5on5 juga persembahkan medali perunggu di kategori 3X3. Komposisi pemain 3X3 diisi Agustin Retong, Kimberley Pierre Louis, Dyah Lestari, dan Adelaide Wongsohardjo dengan dipimpin Coach July Wong.