IBL Seri Bandung : Kalahkan Hangtuah, Pelita Jaya Bakrie Catat 15 Kemenangan Beruntun

Kalahkan Hangtuah, Pelita Jaya catat 15 kemenangan beruntun IBL 2023
Kalahkan Hangtuah, Pelita Jaya catat 15 kemenangan beruntun IBL 2023 (Foto : IBL)

Antv – Hasil pertandingan IBL Seri Bandung, Tim Pelita Jaya Bakrie Jakarta menambah jumlah kemenangan beruntun menjadi 15 kali. Ini setelah Pelita Jaya Bakrie menundukkan RJ Amartha Hangtuah dengan skor 84-71, di C-Tra Arena, Bandung, Minggu, 4 Juni 2023.

Pelita Jaya Bakrie Jakarta langsung tancap gas di babak pertama. Mereka unggul 17 angka (47-30) dari RJ Amartha Hangtuah Jakarta. Hangtuah telat panas, sehingga di kuarter pertama, mereka tidak mampu mengimbangi permainan Pelita Jaya.

Anak asuh AF Rinaldo hanya bisa memasukkan 10 angka di kuarter pertama. Penyelesaian akhir kurang tajam karena terburu-buru. Hangtuah memaksakan untuk bermain cepat, namun justru jadi bumerang bagi serangan mereka. Padahal Hangtuah bisa menciptakan 16 attempt di kuarter pertama, tetapi hanya lima tembakan yang masuk. Lima kali turnovers juga sangat merugikan bagi mereka.

Beranjak ke kuarter dua, Hangtuah tampil lebih baik. Mereka menambahkan 20 angka, sedangkan Pelita Jaya stabil dengan koleksi 22 angka. Kabar baiknya adalah Hangtuah bermain lebih rapi dalam bertahan, dan lebih tenang dalam eksekusi tembakan. Jelas ini menjadi sinyal yang bagus untuk babak kedua.

Hangtuah mampu bangkit di kuarter ketiga, tapi mereka justru tampil di bawah tekanan pada kuarter terakhir. Hangtuah mengamuk di kuarter ketiga. Mereka memasukkan tiga tembakan three point yang krusial, di mana membuat Hangtuah bisa memperkecil ketertinggalan sampai tujuh angka (53-60).

Tekanan kini berbalik pada Pelita Jaya. Namun saat peluit kuarter keempat berbunyi, justru Hangtuah yang tampil di bawah tekanan. Penampilan Yesaya Saudale sama sekali tidak terduga. Yesaya memasukkan tiga kali three point di sisa waktu empat menit terakhir kuarter keempat. Pelita Jaya akhirnya kembali memimpin dengan margin 14 angka (81-67). Hangtuah malah jadi bulan-bulanan Pelita Jaya dan menang dengan skor 84 lawan 71. 

"Kami bersyukur dengan kemenangan. Tapi masih harus fokus pada back-to-back game. Kami harus bisa menjaga konsistensi dalam dua seri terakhir. Karena ini sudah masuk masa persiapan menuju playoffs," ujar Yesaya Saudale, yang mencetak 18 poin.