Fakta Manchester City Raih Juara Piala FA Usai Kalahkan Manchester United dengan Skor Tipis 2-1

Fakta Manchester City Raih Juara Piala FA Usai Kalahkan MU
Fakta Manchester City Raih Juara Piala FA Usai Kalahkan MU (Foto : Twitter)

AntvManchester City berhasil menjuarai Piala FA 2023 usai menaklukkan Manchester United dengan skor tipis 2-1 pada laga final yang digelar di Stadion Wembley, Inggris Sabtu (3/6/2023) malam WIB.

Dua gol dari sang kapten, Iikay Guendogan menjaga asa Manchester City untuk meraih treble musim ini.

Sedangkan gol Manchester United dicetak oleh Bruno Fernandes melalui titik penalti pada menit 33.

Gol pertama Gundogan terjadi saat laga belum genap semenit, tepatnya 12 detik setelah kick off. Sepakan voli kaki kanan Gundogan meneruskan sundulan Kevin De Bruyne, sukses membawa City unggul 1-0.
 
Tiga menit berselang, Man City nyaris menggandakan keunggulan lewat aksi Rodri. Namun, sundulan Rodri menyambut umpan silang De Bruyne masih menyamping di sisi jaring gawang.

Top skor Liga Inggris Erling Haaland juga punya peluang emas untuk mencatat skor atas namanya di menit ke-17. Sayang sontekannya di depan gawang menyambut umpan terobosan dari tengah lapangan belum sempurna dan bola jatuh ke pelukan De Gea.

Skuad arahan Pep Guardiola benar-benar mendominasi permainan di paruh babak pertama. Namun, penyelesaian akhir yang kurang klinis jadi batu sandungan sendiri.

Buktinya, Man United berhasil menyamakan skor jadi 1-1 pada menit ke-34 lewat eksekusi penalti Bruno Fernandes. Tembakan Fernandes ke sisi kiri gawang gagal dibaca Stefan Ortega yang bergerak ke arah berlawanan.

 Man City terus menekan pertahanan tim rival sekota mereka untuk mengembalikan keunggulan, namun tak ada satupun peluang yang berbuah gol. Skor imbang 1-1 bertahan hingga jeda.

Enam menit setelah kick off babak kedua dimulai, Man City kembali unggul. Adalah Gundogan yang jadi momok bagi David de Gea.

Gundogan yang tak terkawal berhasil melepaskan sepakan voli kaki kiri untuk menyambut umpan tendangan penjuru dari Kevin De Bruyne. Man City unggul 2-1.

Gelandang asal Jerman itu nyaris mencatat hattrick di menit ke-72 usai meneruskan bola liar hasil tembakan Haaland. Sayang, wasit menganggap Gundogan berada di posisi offside.

 Man Utd mencoba merespons lewat Garnacho yang baru masuk di babak kedua. Bintang muda Argentina itu berhasil lepas dari kawalan sebelum melepaskan tembakan ke tiang jauh. Tetapi bola masih melenceng tipis.

Pertandingan cukup mendebarkan karena MU justru berbalik menekan di menit-menit akhir. Scott McTominay bahkan nyaris bikin gol di masa injury time namun sontekannya di depan gawang masih bisa diblok Ortega.

Bola liar di kotak penalti coba disambar Marcus Rashford namun masih membentur pemain belakang City dan menghasilkan tendangan penjuru. Erling Haaland terpaksa turun ke belakang untuk membantu pertahanan.

Tekanan MU pun berhasil diredam hingga wasit meniup peluit panjang. Man City keluar sebagai juara Piala FA 2022/2023 usai mengalahkan rival sekota mereka dengan skor 2-1.



Susunan Pemain: