Shin Tae-yong: Terima Kasih Pak Erick Thohir, Timnas Indonesia Lawan Argentina dan Palestina

Shin Tae-yong Berterima Kasih Kepada Ketum PSSI Erick Thohir
Shin Tae-yong Berterima Kasih Kepada Ketum PSSI Erick Thohir (Foto : Tangkap Layar)

Antv – Pelatih Sepak bola Tim Nasional (Timnas) Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong mengomentari soal agenda skuadnya dalam gelaran FIFA Match Day periode Juni 2023 mendatang.

Diketahui, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sudah memastikan agenda pertandingan uji coba Timnas Indonesia pada event resmi FIFA Match Day periode Juni 2023.

Dalam laga FIFA Match Day periode Juni 2023, itu, pasukan Garuda akan menghadapi timnas Palestina dan Argentina secara beruntun pada 14 dan 19 Juni 2023 di venue berbeda.

Laga pertama FIFA Match Day, Timnas Indonesia akan menguji kekuatan Palestina yang rencananya akan dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Rabu (14/6/2023).

Sedangkan laga kedua FIFA Match Day, Timnas Indonesia akan diuji kekuatan jawara Piala Dunia 2022, Timnas Argentina, laga akan dijalani di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (19/6/2023).

Shin Tae-yong menilai, dua pertandingan itu penting bagi timnya dan berterima kasih kepada Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

"Saya senang, timnas mendapat dua lawan sepadan dalam FIFA matchday. Ini penting untuk menguji kekuatan Indonesia," ujar Shin Tae-yong dalam video wawancara yang diterima antvklik.com, Sabtu (27/5/2023)..

"Palestina tim kuat. Apalagi Argentina, juara dunia dan banyak pemain bintang di skuad itu," tambah pelatih yang akrab disebut STY itu.

"Saya juga ucapkan terima kasih kepada Pak Erick Thohir akhirnya bisa datangkan tim Argentina. Luar biasa Pak Erick," lanjutnya, seperti yang diterjemahkan oleh Siyoung Kim dari SEA Today South Korea Correspondent.

"Memang sangat diperlukan lawan banyak tim tim kuat di FIFA Match Day untuk memajukan sepak bola Indonesia. Saya pun akan mempersiapkan semaksimal mungkin untuk lawan Palestina dan Argentina. Dan saya pun akan berusaha agar sepak bola Indonesia dapat berkembang lebih jauh lagi. Sekali lagi, terima kasih banyak kepada bapak Ketua Umum PSSI, Pak Erick," tandas Shin Tae-yong

Kehadiran timnas Argentina di Indonesia sebelumnya sudah dikonfirmasi resmi oleh Ketum PSSI Erick Thohir pada Rabu (24/5/2023) lalu.

Kedatangan skuad berjuluk La Albiceleste itu sebagai bagian dari tur Asia mereka dalam kalender resmi FIFA.

Sebelum beruji coba dengan Timnas Indonesia, pasukan pemegang trophy Piala Dunia 2022 Qatar itu akan ke Cina untuk melawan Australia, pada Kamis (15/6/2023).

Diketahui, sebagai persiapan menghadapi dua pertandingan di FIFA Match Day Juni 2023, Shin Tae-yong sudah menyiapkan agenda.

Timnas Indonesia bakal menjalani pemusatan latihan mulai Senin (5/6/2023). Sejumlah pemain juga sudah dipanggil untuk gabung.

Tahun ini pasukan Garuda akan disibukkan dengan berbagai kegiatan, termasuk dua laga uji coba melawan timnas Palestina dan Argentina.

Sebab setelahnya, FIFA Match Day akan kembali digelar pada 4-12 September 2023. Dua duel kemungkinan akan kembali dijalani.

Setelah itu timnas Indonesia berkiprah di putaran pertama kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 9-17 Oktober 2023.

Jika berhasil lolos dari putaran pertama, putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia digelar 16-21 November 2023.

Selanjutnya timnas Indonesia akan berpartisipasi pada Piala Asia 2023 di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2023.