Terungkap, Shin Tae-yong Mengaku Akan Tinggalkan Timnas Indonesia usai Piala Asia

Shin Tae-yong Mengaku Akan Tinggalkan Timnas Indonesia usai Piala Asia
Shin Tae-yong Mengaku Akan Tinggalkan Timnas Indonesia usai Piala Asia (Foto : Dok. PSSI)

Antv – Shin Tae-yong memberi isyarat terkait masa depannya bersama Timnas Indonesia bahwa, ajang Piala Asia 2023 di Qatar akan menjadi turnamen terakhirnya bersama Skuad Garuda.

Isyarat itu terungkap saat pria yang akrab disebut STY diwawancarai media Korea Selatan, bernama News Naver, Jumat (26/5/2023).

Dalam wawancara itu, STY mengaku dirinya sudah bertemu dengan Ketum PSSI, Erick Thohir, dan sudah membicarakan masa depannya.

"Saya telah berbicara dengan Ketum PSSI, Erick Thohir. Pertama-tama, saya harus melakukan apa yang harus saya lakukan dan mempersiapkan turnamen," kata STY, seperti dikutip dari News Naver, Jumat (26/5/2023).

Saat ditanya apakah bakal melanjutkan melatih Timnas Indonesia usai Piala Asia 2023, STY pun menjawab dengan singkat.  

"Tidak. Saya bekerja hanya sampai Piala Asia 2023," jawab STY singkat.

Selain itu, STY juga mengaku ingin memberikan warisan terbaik sebelum meninggalkan Garuda, seperti pelatih-pelatih asal Korea Selatan lainnya.

STY lantas memberi contoh Park Hang-seo yang telah berbuat banyak bagi kemajuan sepak bola Vietnam.

"Pertama-tama saya ingin memberi kesan bahwa pelatih Korea Selatan telah bekerja sangat keras di luar negeri. Pelatih Park Hang-seo misalnya telah sukses besar di Vietnam, begitupula Kim Pan-gon bersama Malaysia," ucapnya.

"Saya merasa bahwa sutradara benar-benar bekerja keras memenuhi tanggung jawab mereka. Di satu sisi, saya pikir juga kami mewakili Korea Selatan," tambahnya.

Diketahui kontrak Shin Tae-yong akan berakhir Desember 2023 dan belum diketahui apakah ada kemungkinan diperpanjangnya jika dia berhasil memberikan hasil positif di ajang Piala Asia 2023.