Proses Naturalisasi Rampung, Ivar Jenner dan Rafel Struick Sah Jadi WNI, Siap Bela Timnas Indonesia

Ivar Jenner dan Rafel Struick Sah Jadi WNI, Siap Bela Timnas Indonesia
Ivar Jenner dan Rafel Struick Sah Jadi WNI, Siap Bela Timnas Indonesia (Foto : Kolase Istimewa)

AntvProses naturalisasi terhadap Ivar Jenner dan Rafael Struick, telah rampung dan kedua pemain yang merumput Eropa itu sah menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Diketahui, Ivar Jenner dan Rafael Struick, hari ini, Senin (22/5/2023), telah menjalani proses sumpah di Kantor Wilayah Kemenkumham Jakarta.

Dalam acara proses pengambilan sumpah itu, Ivar Jenner dan Rafael Struick terlihat mengenakan setelan kemeja putih yang dibalut jas hitam beserta dasi merah.

Rampungnya proses naturalisasi ini akan menjadi pembuktian kedua pemain keturunan itu untuk menjadi skuad Timnas Indonesia.

Sejatinya, Ivar Jenner dan Rafael Struick sempat dipersiapkan PSSI untuk memperkuat Timnas U-20 di Piala Dunia U-20 yang awalnya akan digelar di Indonesia.

Namun, rencana hanya tinggal rencana, FIFA kemudian mencoret status tuan rumah Indonesia yang menggantinya dengan Argentina.

Meski Indonesia batal jadi tuan rumah dan berkiprah di Piala Dunia U-20, Ivar Jenner dan Rafael Struick tetap bertekad bisa membela Timnas Indonesia.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut, kedua pemain keturunan Indonesia itu akan disumpah menjadi WNI pada pertengahan Mei mendatang.

Ivar dan Struick pun kini berpeluang memperkuat timnas Indonesia saat tampil di ajang Piala Asia yang rencananya akan digelar tahun depan.

Erick mengatakan, kedua pemain itu akan dijajal kemampuannya saat Indonesia menggelar FIFA matchday pada Juni mendatang saat melawan Palestina dan disebut-sebut juga akan melawan sang juara dunia Argentina..

"Semua terbuka, karena memang sesuai dengan diskusi saya dengan coach Sin Tae-yong waktu itu bahwa ini kan kita nanti ada FIFA matchday di bulan Juni," kata Erick, Jumat (5/5/2023).

"Di bulan September, Oktober, November itu kan banyak event besar. Oktober dan November ada kualifikasi Piala Dunia 2026. Lalu kita juga ada Piala Asia [U-20] di September. Lalu ada Asian Games," tambah Ercik Thohir.
 
Erick lantas menyampaikan rencananya bersama Shin Tae-yong untuk membuat tim jangka panjang yang berisikan pemain-pemain muda bertalenta.

Pihak PSSI sendiri menurut Erick Thohir, saat ini mereka terbuka terhadap para pemain muda berbakat yang mau memperkuat timnas.

"Nah, kalender ini yang kita tentu siapa pun yang terbaik sesuai dengan klasifikasi ya kita coba dorong sebaik-baik mungkin agar kita punya tim nasional yang konsisten," tandasnya.

Profil Ivar Jenner dan Rafel Struick

1. Rafael William Struick

Pria kelahiran 27 Maret 2003 tersebut lahir dan besar di Belanda dan diketahui memiliki darah Indonesia yang mengalir di dalam tubuhnya yang berasal dari sang ayah.  

Meski demikian, Struick yang berposisi sebagai winger kiri itu ternyata sama sekali belum pernah dipanggil untuk membela Timnas Belanda kelompok umur.

img_title
Rafel Struick Siap Bela Timnas Indonesia. (Foto: Instagram)


Struick  menimba ilmu sepakbola di Akademi Forum Sport dan pindah ke RKAVV Leidschendam pada 2020 yang lalu. Namun, ia tak lama di akademi tersebut karena dirinya masuk Akademi ADO Den Haag.

Perjalanan Struick di klub yang bermain di kompetisi kasta kedua Liga Belanda itu pun cukup mulus. Sebab sekarang ini Struick sudah terdaftar ke dalam skuad senior dari ADO Den Haag.