Presiden FIFA Sayangkan Terjadinya Insiden Perkelahian di Final SEA Games 2023

Presiden FIFA Sayangkan Insiden Kericuhan di Final SEA Games 2023
Presiden FIFA Sayangkan Insiden Kericuhan di Final SEA Games 2023 (Foto : fifa.com)

Antv – Presiden FIFA, Gianni Infantino angkat bicara terkait terjadinya insiden perkelahian saat final SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 melawan Thailand.

Menurut Gianni Infantino, kejadian tersebut telah membuat citra jelek sepak bola di Asia Tenggara.

“Gambar dari final SEA Games mengirim pesan dan citra  yang sangat negatif di sepak bola,” kata Gianni dikutip dari TheThao247.vn.

Infantino juga menyayangkan terjadinya kericuhan yang melibatkan staf pelatih dan ofisial tim itu.

"Insiden pada malam 16 Mei 2023 di Stadion Olimpiade Phnom Penh sangat disayangkan. Jika itu adalah keributan antar pemain, seharusnya asisten dan pelatih tim akan turun tangan untuk menghentikannya," ucapnya.

Infantino juga menyebut sepak bola Asia Tenggara memiliki potensi yang sangat besar untuk berkembang menjadi kekuatan baru.

Namun, dengan adanya insiden ini, hal itu bisa menganggu perkembangan sepak bola yang ada di kawasan Asia Tenggara.

"Sepak bola Asia Tenggara memiliki potensi untuk berkembang secara baik dan luas. Tetapi pada akhirnya terganggu masalah kekerasan, hal yang berhubungan dengan sepak bola, dan masalah sosial lainnya," tambahnya.

Atas kejadian ini, Infantino berharap seluruh pihak bisa mencari solusi terbaik untuk mencegah kejadian serupa terulang di masa depan.

Infantino menegaskan seluruh jajaran pengurus sepak bola yang terlibat harus melakukan aksi untuk memastikan insiden itu tidak terulang lagi.

"Saya berharap serangkaian insiden di sepak bola SEA Games, pengurus AFC, AFF, bahkan federasi sepak bola nasional dapat melihat ke belakang. Mereka harus menemukan metode yang efektif untuk mencegah hal tersebut agar tidak terjadi di masa depan," tandasnya.