SEA Games 2023, Takluk Dari Filipina, Timnas Basket Fokus Medali Perunggu Lawan Thailand

Tim Basket Indonesia kalah dari Filipina di semifinal SEA Games 2023
Tim Basket Indonesia kalah dari Filipina di semifinal SEA Games 2023 (Foto : Perbasi)

Antv Timnas Putra gagal mempertahankan medali emas SEA Games. Pada babak semifinal SEA Games 2023 Kamboja, Timnas Basket Indonesia harus mengakui keunggulan Filipina dengan skor 76-84 di Morodok Techno National Stadium, Kamboja, Senin malam, 15 Mei 2023. 

 

Di semifinal lainnya, tuan rumah Kamboja menang atas Thailand. Dengan demikian Timnas Basket Indonesia akan melawan Thailand dalam perebutan medali perunggu. 

Andakara Prastawa dkk memimpin perolehan poin hingga penghujung kuarter keempat. Sayang, Filipina mampu mengambil momentum di lima menit terakhir untuk mengejar defisit poin hingga akhirnya menyalip dan mengambil laga ini dengan skor 76-84.

“Kita bermain bagus sekitar 35 menit. Lima menit terakhir kita kecolongan. Bermain tidak konsisten. Defense agak kacau. Saya gak bisa bicara apa-apa lagi dan coaching staff mengarahkan untuk fokus pada game besok (perebutan medali perunggu),” jelas kapten Timnas Putra Andakara Prastawa usai laga.

Kegagalan ke final membuat Timnas Putra harus kembali ketemu Thailand dalam perebutan medali perunggu. Sebelumnya kedua tim sua di penyisihan Pool B. Saat itu, Thailand dipermak dengan skor 87-69.

Headcoach Milos Pejic mengatakan, anak asuhnya sudah bermain dengan baik sejak awal. Memang karena lawan yang dihadapi kali ini memiliki kualitas lebih baik. Filipina yang turun di pertandingan semifinal ini beda dengan kekuatan yang dikalahkan saat final SEA Games Hanoi.