Resmi, Timnas Indonesia Kembali Hadapi Thailand di Final SEA Games 2023

Timnas Indonesia Kembali Hadapi Thailand di Final SEA Games 2023
Timnas Indonesia Kembali Hadapi Thailand di Final SEA Games 2023 (Foto : Dok. PSSI)

Antv – Timnas Thailand U-22 berhasil lolos ke final sepak bola SEA Games 2023 setelah mengalahkan Myanmar 3-0 di semifinal dan akan menghadapi Timnas Indonesia di laga final.

Pertandingan semifinal antara Thaland vs Myanmar berlangsung di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Sabtu (13/5/2023) malam WIB.

 Unggul kekuatan tim, Thailand langsung memegang kendali pertandingan sejak menit pertama.

Thailand yang berkali-kali menggedor pertahanan Myanmar kemudian mencetak gol pada menit ke-39.

Bermula dari sepakan bola mati, Terasak menyundul bola ke gawang yang membuat skor berubah menjadi 1-0.

Setelah melancarkan serangan demi serangan, akhirnya Thailand sukses menggandakan keunggulan atas Myanmar.

Mereka mencetak gol kedua lewat sontekan Leon James di menit ke-84.

Pada menit akhir injury time, sepakan jarak jauh Anan Yodsangwal menghasilkan gol ketiga bagi Thailand. Skor 3-0 tak berubah hingga laga bubar.

Kemenangan 3-0 ini mengantarkan Thailand ke final SEA Games 2023 cabang sepakbola pria, untuk menantang Timnas Indonesia U-22.

Indonesia melaju setelah beberapa jam lalu mengalahkan Vietnam 3-2. Gol penentu kemenangan Skuad Garuda dicetak oleh Muhammad Taufany di injury time dan dalam posisi kalah jumlah pemain.

Indonesia vs Thailand berlangsung di Olympic Stadium, Selasa (16/5/2023) malam WIB. Ini bisa menjadi kesempatan Tim Merah-Putih mengakhiri puasa medali emas sejak 1991.

Sementara Myanmar akan bertemu Vietnam dalam pertandingan perebutan medali perunggu. Pertandingan ini dilaksanakan pada hari yang sama sebelum laga final.

Laga Final sepak bola SEA Games 2023 yang mempertemukan Indonesia dan Thailand ini, merupakan pertemuan keempat di ajang ini.

Indonesia dan Thailand pertama kali bertemu di final SEA Games 1991 dan dalam laga yang berlangsung di Manila itu, Timnas Indonesia menang lewat adu penalti, 0-0 (4-3)

Sejak itu, Timnas Indonesia belum pernah lagi meraih medali emas di ajang SEA Games dari cabang sepak bola.

Indonesia sempat beberapa kali lolos ke final, tetapi selalu kandas di babak akhir pertandingan.

Berikutnya final SEA Games antara Indonesia Vs Thailand berlangsung pada 1997 di Jakarta. Hasilnya Indonesia menyerah dari Thailand melalui adu penalti, 1-1 (2-4).

Selanjutnya final ketiga yang mempertemukan Indonesia vs Thailand terjadi pada SEA Games 2013 di Yangon. Ketika itu Indonesia kalah 0-1 dari Thailand.

Pertemuan keempat Timnas Indonesia vs Thailand bakal terjadi di babak final di SEA Games 2023 Kamboja, yang akan berlangsung, Selasa (16/5/2023), kick-off pukul 19.30 WIB.