Lewat Gol Bunuh Diri Pemain Al Hilal, Urawa Red Diamonds Rebut Gelar Juara AFC Champions League

Urawa Red Diamonds merebut gelar juara AFC Champions League
Urawa Red Diamonds merebut gelar juara AFC Champions League (Foto : Istimewa)

AntvUrawa Red Diamonds merebut gelar juara AFC Champions League untuk ketiga kalinya setelah gol bunuh diri Andre Carrillo yang membawa tim asal Jepang ini meraih kemenangan 1-0 atas juara bertahan Al-Hilal dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Saitama 2002, Jepang, pada Sabtu, 06 Mei 2023 Malam WIB dengan skor agregat 2-1 di Stadion Saitama 2002.

Menurut laporan peliput ANTVklik, Sutardi Usdi dan Bibin yang berada di Viewbox Stadion Saitama, Kesalahan Carrillo tiga menit memasuki babak kedua membuat pertandingan berubah menjadi milik Urawa walau Al-Hilal mendominasi sepanjang pertandingan.

Kemenangan Urawa ini berhasil menambahkan catatan perolehan gelar ketiga mereka. Mereka sebelumnya menangkan Liga Champions Asia pada tahun 2007 dan 2017.

Urawa berada di atas angin memasuki leg kedua di Stadion Saitama setelah gol penyeimbang dari Shinzo Koroki pada hari Minggu, 30 April 2023 lalu sehingga timnya unggul satu gol tandang dalam hasil imbang 1-1 di Riyadh, Saudi Arabia.

Al Hilal, yang kehilangan Salem Al Dawsari yang terkena skorsing dan Salman Al Faraj yang cedera, mendominasi 45 menit awal leg kedua, sementara pemain belakang Alexander Scholz dari Urawa bekerja keras untuk menepis tendangan Odion Igahlo di awal pertandingan.

Penjaga gawang Shusaku Nishikawa berhasil melakukan banyak penyelamatan untuk menggagalkan peluang pemain sayap Brasil, Michael dan Carrillo, di awal babak pertama menegangkan bagi tuan rumah.

Namun Urawa mampu memecah kebuntuan ketika tendangan voli Koroki membentur mistar gawang saat sang penyerang muncul tanpa kawalan di dalam kotak penalti untuk menyambut umpan silang dari Hiroki Sakai dari sisi kanan.