Erick Thohir Sebut Pemain Naturalisasi Rafael dan Ivan Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia

Rafael dan Ivan Bisa Masuk Skuad Timnas Indonesia saat Piala Asia
Rafael dan Ivan Bisa Masuk Skuad Timnas Indonesia saat Piala Asia (Foto : Kolase Istimewa)

AntvIvar Jenner dan Rafael Struick kini akan segera berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI) setelah proses naturalisasinya ditandatangani Presiden Jokowi, dan siap diambil sumpah dan penerbitan paspor.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyebut, kedua pemain keturunan Indonesia itu akan disumpah menjadi WNI pada pertengahan Mei mendatang.

Ivar dan Struick pun kini berpeluang memperkuat timnas Indonesia saat tampil di ajang Piala Asia yang rencananya akan digelar tahun depan.

Erick mengatakan, kedua pemain itu akan dijajal kemampuannya saat Indonesia menggelar FIFA matchday pada Juni mendatang saat melawan Palestina dan disebut-sebut juga akan melawan sang juara dunia Argentina..

"Semua terbuka, karena memang sesuai dengan diskusi saya dengan coach Sin Tae-yong waktu itu bahwa ini kan kita nanti ada FIFA matchday di bulan Juni," kata Erick, Jumat (5/5/2023).

"Di bulan September, Oktober, November itu kan banyak event besar. Oktober dan November ada kualifikasi Piala Dunia 2026. Lalu kita juga ada Piala Asia [U-20] di September. Lalu ada Asian Games," tambah Ercik Thohir.
 
Erick lantas menyampaikan rencananya bersama Shin Tae-yong untuk membuat tim jangka panjang yang berisikan pemain-pemain muda bertalenta.

Pihak PSSI sendiri menurut Erick Thohir, saat ini mereka terbuka terhadap para pemain muda berbakat yang mau memperkuat timnas.

"Nah, kalender ini yang kita tentu siapa pun yang terbaik sesuai dengan klasifikasi ya kita coba dorong sebaik-baik mungkin agar kita punya tim nasional yang konsisten," tandasnya.