Erick Thohir: Kita Harus Siap Tempur di FIBA World Cup 2023

Erick Thohir: Kita Harus Siap Tempur di FIBA World Cup 2023
Erick Thohir: Kita Harus Siap Tempur di FIBA World Cup 2023 (Foto : Istimewa)

Antv – Erick Thohir yang menjabat sebagai FIBA Central Board Member tak sabar menantikan Piala Dunia Basket atau FIBA World Cup 2023, yang bakal diselenggarakan salah satunya di Jakarta. 

"Saya rasa begini, kita mencapai emas beberapa tahun lalu, dan ini mungkin pukulan berta buat Filipina. Karena Filipina mempersiapkan tim yang untuk Warld Cup sebagian. Dan saya lihat data-datanya, Thailand, Kamboja, juga banyak membuat naturalisasi. Kembali, kita harus siap tempur. Dan tentu targetnya yang seperti yang sudah disampaikan Perbasi, tetap kalau bisa nomor dua atau emas lagi. Ini yang saya dorong kenapa malam ini juga, saya coba menyapa Timnas Basket untuk mental," tegas Erick Thohir, Jumat (5/5/2023).

Diketahui, penyelenggaraan FIBA World Cup 2023 dijadwalkan berlangsung di Indoor Multifunction Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 25 Agustus-10 September 2023.

Selain di Indonesia, rangkaian FIBA World Cup 2023 juga bakal digelar di dua negara Asia lainnya yaitu Filipina dan Jepang.

 Tim-tim unggulan seperti Perancis dan juara bertahan FIBA World Cup yaitu Spanyol dipastikan bakal bertanding di Jakarta.

Erick Thohir yang turut menyaksikan drawing FIBA World Cup di Manila, Filipina, mengatakan bahwa kehadiran Spanyol dan Perancis bakal disambut antusias oleh para pencinta bola basket di Indonesia.  

"Ini kebanggaan sekaligus rasa syukur karena hasil drawing menempatkan dua unggulan, Spanyol dan Perancis main di arena kita yang baru. Ini benar-benar sejarah," ucap Erick Thohir, Minggu (30/4/2023).  

"Indonesia menggelar kejuaraan dunia bola basket pertama, dan langsung dihadiri juara bertahan, peringkat satu dunia, serta para bintang basket lainnya. Tak sabar melihat aksi-aksi mereka dan saya mengajak para pencinta olahraga antusias dan meriahkan event ini," tambah Erick Thohir.

Erick Thohir menilai bahwa FIBA World Cup 2023 menjadi momen eksistensi Indonesia di pentas olahraga internasional.

Dengan status sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi yang stabil, fasilitas baru berkelas internasional dengan kapasitas 16.000 penonton, dan meningkatnya penggemar bola basket di tanah air, Erick mengajak seluruh masyarakat Indonesia ikut menyukseskan FIBA World Cup 2023.  

"Sebagai bangsa yang selalu melihat ke masa depan, menjadi tuan rumah kejuaraan dunia bola basket ini harus benar-benar kita manfaatkan untuk kian mempromosikan Indonesia bahwa kita bangsa yang mampu dan berani sukses, baik sebagai penyelenggara dan juga tuan rumah yang baik," ujarnya.

"Ajang ini pasti akan punya dampak ekonomi karena pencinta bola basket dunia akan datang ke sini," tandas Erick yang juga Ketua LOC Indonesia FIBA World Cup 2023.

Selama di Manila, Erick menyempatkan bersua dengan Hamane Niang (Presiden FIBA), Manual V. Pangilinan (Chairman LOC Philipine), dan Andreas Zagklis (Secretary-General FIBA).