Ketum PSSI Erick Thohir: Kompetisi Disepakati Mulai 1 Juli, Akan Uji Coba VAR di Pertengan Musim

Erick Thohir: Kompetisi Disepakti Mulai 1 Juli 2023, Akan Uji Coba VAR
Erick Thohir: Kompetisi Disepakti Mulai 1 Juli 2023, Akan Uji Coba VAR (Foto : Istimewa)

Antv – Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan informasi perkembangan terbaru terkait kesepakatanya dengan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) terkait kompetisi Liga 1 2023 akan digelar mulai 1 Juli mendatang.

Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir meminta agar PT LIB bisa memaparkan jadwal Liga, pada pertemuan yang akan digelar Senin, 8 Mei 2023.

"Senin (8/5/2023) rencana Liga akan mengirim surat tertulis kepada kami. Kita akan rapat Exco, dimana salah satunya kan sudah pasti mulai 1 Juli, berakhirnya mungkin bulan Mei (tahun depan). Tetapi di jadwal tim nasional ASEAN Games dan juga di Januari (2024) berhenti dan sudah punya komitmen," ujar Ercik, Jumat (5/5/2023).

Lebih lanjut Erick mengatakan, mudah-mudah sistem VAR (video assistant referee atau video asisten wasit) akan diberlakukan pada pertenganan musim.

"Ini yang saya kesepakatan juga dengan Liga, bahwa sistem VAR saya mau dilakukan, tetapi kan perlu ada training (pelatihan), tidak mungkin di awal musim langsung VAR," tegas Erick Thohir.

Terkait jumlah stadion yang akan menerapkan sistem VAR, Erick mengatakan bahwa hal itu akan dibicarakan dengan Liga.

"Paling tidak kita uji coba dulu. Kan kita ngga bisa melakukan sesuatu dengan sempurna ya... Anggap aja tahun ini percobaan dulu. Nanti baru tahun depan akan lebih maksimal," tandas Erick Thohir.