Pacuan Kuda Tradisonal Meriahkan MXGP Samota Sumbawa 2023

Rapat persiapan gelar pacuan kuda Road to MXGP Samota Sumbawa
Rapat persiapan gelar pacuan kuda Road to MXGP Samota Sumbawa (Foto : Antvklik | Irwansnyah/ Sumbawa)

Antv –Dinas Pariwisata NTB menggelar rapat koordinasi dengan Pemda Sumbawa dan Pengurus Pacuan Kuda Seluruh Indonesia Kabupaten Sumbawa, Rabu (12/04/2023).

Kegiatan ini untuk mempersiapkan event pacuan kuda tradisional yang akan dilakukan di Kabupaten Sumbawa.

"Event ini dilaksanakan, untuk meramaikan pagelaran MXGP Samota 2023 mendatang. Event tersebut akan digelar sebanyak dua kali, dengan total hadiah Rp 1 miliar. Masing-masing event berhadiah Rp 500 juta," ujar Kepala Dinas Pariwisata NTB, Jamaluddin Malady kepada Antvklik.com, Kamis (13/04/2023).

Dikatakan, event pertama akan digelar pada bulan Mei 2023, sebagai event Road to MXGP. Pesertanya bukan hanya berasal dari Provinsi NTB saja, melainkan juga dari NTT.

"Event kedua, rencana akan digelar pada bulan Oktober atau Desember 2023 mendatang. Kedua event ini memperebutkan piala Gubernur NTB," kata Jamaludin Malady.

Jamal mengungkapkan, kelas yang dipertandingkan adalah kelas tradisional biasa dengan joki kecil. Dengan ketentuan joki berusia delapan hingga 15 tahun. Para joki ini juga akan mengenakan baju pengaman untuk berlomba.

"Jadi tidak seperti dulu. Sekarang ini jokinya akan menggunakan pakaian pengaman. Seperti helm, pelindung siku dan lutut. Ini sudah aturannya," ungkapnya.